Pages

Tuesday, March 12, 2019

Teknologi Informasi


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA ERA GLOBALISASI DI BIDANG PENDIDIKAN
Selvi Putri Cornivia,Cendy Nova Weno Saputra, Samik,S.Si,M.Si

                                                                        Abstrak
            Artikel ini bersisi tentang perkembangan teknologi informasi pada era  globalisasi di bidang pendidikan. Teknologi informasi sangat berkembang pesat pada saat ini .Dengan perkembangannya yang sangat pesat diera globalisasi dalam pelaksaan pembelajaran sehari-hari  kita sering jumpai adanya pemanfaatan ataupun perkembangan teknologi informasi. Pada era saat ini teknologi informasi sangat mempengaruhi dalam kegiatan apapun apalagi dalam dunia pendidikan. Dalam tulisan ini membahas mengenai perkembangan teknologi informasi berserta dampak postif ataupun negatif teknologi informasi dibidang pendidikan.
Kata kunci : Teknologi informasi, Pendidikan, Era globalisasi

Pembahasan
Era globalisasi memang sangat membawa pengaruh dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan teknologi di era globalisasi memang sangat di terima di negara indonesia meskipun perkembangan teknologi juga memiliki segi positif maupun negatif namun perkembangan teknologi ini dapat mempengaruhi dalam bidang apapun misalnya saja di bidang pendidikan,industri,perkantoran ataupun yang lainya dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini dapat mempercepat para perkerja di indonesia.

Teknologi lahir karena adanya kebutuhan manusia sejak zaman purba yaitu bagaimana menyelesaikan produktivitas yang tinggi. Meskipun mereka secara sederhana membuat alat-alat yang hasilnya dapat digunkan mempermudah perkerjaan mereka atau meningkatkan hasil karya. Dapat dikatakan juga bawah teknologi dan manusia memang punya terkaitan karena adanya teknologi juga untuk memenuhi kebutuhan manusia membantu manusia ,mempermudah kegiatan manusia. Dengan adanya produk teknologi seperti listrik,telpon,radio,televisi,computer,internet,mobil dan sepedah motor. Dalam penggunaanya produk teknologi tersebut seharunya manusia telah mempersiapakan diri untuk menerima dampak-dampak terhadap produk teknologi tersebut. Karena semua hal pasti mempunyai dampak negative maupun positif. Perkembangan teknologi juga tidak berlangsung dalam waktu pendek teknologi akan terus berkembang agar dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data,
termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam
berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan,
akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan
dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.Ada berbagai macam teknologi informasi saat ini sehingga dapat mempermudah kita dalam kegiatan apapun sama dengan halnya di bidang pendidikan teknologi informasi saat ini memegang penting dalam dunia pendidikan.
            Teknologi informasi juga mempermudah akses untuk mencari informasi-informasi dengan mudah sehingga dapat juga menambah pengetahuan kita dengan cepat dan kita juga dapat menambah wawasan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang ada. Jika di bidang pendidikan saat ini sudah banyak sekolah yang memakai komputer sebagai alat bantu saat melaksanakan ujian sehingga dapat mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh siswa dan dapat belajar dengan rajin saat akan melakukan ujian karena siswa tidak dapat mencontek.
Gambar 1.1 macam-macam teknologi informasi

Kemajuan teknologi informasi memang sudah di rasakan hamper semua lapisan masyarakat. Karena pengaksesannya yang sangat mudah sehingga masyarakat dapat menggunakannya. Bahkan umumnya anak umur 5 hingga 12 tahun yang menjadi pengguna paling banyak dalam kemajuan media informasi dan teknologi saat ini. Dalam bermain pun anak-anak pada era sekarang memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga hampir semua anak-anak mempunyai handphone ataupun ipad ataupun computer di rumah sehingga anak hanya dirumah saja dapat bermain dengan sepuasnya. Kemajuan teknologi yang sangat cepat dan drastis ini membuat anak ingin mengaetahui dan ingin mempunyai hal-hal tentang teknologi yang bagus ataupun yang sedang hits saat ini. Maka dari itu kemajuan teknologi ini pun juga berdampak pada dunia pendidikan dengan kemudahan yang di berikan sehingga dalam dunia pendidikan sangat perlu teknologi informasi agar mempermudah dalam kegitan di sekolah.
Teknologi informasi yang digunakan biasanya menggunakan computer dan internet. Internet saat ini tidak dapat dijauhkan adari kehidupan kita sehingga internet sangat mempunyai hubungan yang erat dalam kehidupan kita saat ini karena semua orang saat ini mencari informasi selalu menggunakan internet. Didalam pendidikan saat ini pun internet dapat di jadikan sebagai sumber informasi siswa saat mengeerjakan tugas sehingga mempercepat ataupun mempermudah siswa dengan adanya internet ini.namun internet juga mempunyai dampak negative yang membuat kita selalu bergantung terhadap internet sehingga dalam mencari informasi membuat kita malas untuk mencari informasi dari sumber lain.
Kesimpulan
Perkembangan teknologi informasi membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan kita sehingga seakan-akan kehidupan dalam bermasyarakat selalu menggunakan teknologi informasi saat ini kita tidak dapat dipisahkan dari teknologi informasi yang ada. Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini memang mempunyai dampak negetif maupun positif namun kita tidak dapat menghindar dengan kemajuan teknologi informasi saat ini karena era globalisasi yang ada mengarahkan kita untuk hidup drngan kemajuan teknologi informasi yang saat ini sedang terjadi.Kemajuan teknologi informasi dapat dirasakan semua kalangan masyarakat karena mudahnya pengaksesan teknologi informasi tersebut. Kemajuan teknologi informasi juga mempengaruhi dunia pendidikan sehingga kegiatan di sekolah menjadi mudah dan tidak repot lagi.

Daftar pustaka
Tim Fmipa –Unesa.2012 . Sains Dasar
Ameliola syifa . Hanggara dwi yudha saputra . 2013 . perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi
Muhson ali . 2010 . pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Volume 8, No 2
Riwayadi purwo . 2013 . pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment