Pages

Wednesday, March 13, 2019

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN BESERTA DAMPAK YANG DITIMBULKAN


PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN BESERTA DAMPAK YANG DITIMBULKAN
Nurfadila Raudotun Nisa, Silvi Putri, Samik

ABSTRAK
Di era modern saat ini perkembangan teknologi berjalan begitu cepat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia  tidak bisa jauh dari teknologi. Teknologi sangat membantu manusia dalam menjalani aktifitasnya. Saat ini manusia tidak dapat jauh dari teknologi. Tidak bisa kita pungkiri bawasannya kini teknologi menjadi sebuah kebutuhan tiap manusia. Mulai dari mencuci, memasak, belajar dan melakukan segala aktifitasnya tidak bisa jauh dari teknologi. Di dalam dunia pendidikan teknologi memiliki peranan yang sangat penting. Teknologi dapat memberikan dampak positif dan negatif Teknologi akan sangat berguna apabila dimanfaatkan dengan baik. Menggunakan teknologi damalm pendidikan kini menjadi trendseter tersendiri dalam dunia pendidikan. Penggunaan teknologi di dunia pendidikan ini dinilai lebih simpel dan praktis.

ISI
Pada saat ini perkembangan teknologi mengubah cara manusia hidup, bekerja dan berinteraksi. Manusia saat ini dimanjakan dengan hal-hal yang cepat, praktis dan efisien. Penggunaan teknologi sendiri dapat menunjang berbagai kegiatan manusia. Misalnya dalam kegiatan pendidikan. Dalam dunia pendidikan saat ini teknologi sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya teknologi (telepon genggam maupun laptop ) dan koneksi internet, kita dengan mudah dapat mengakses informasi mengenai materi pembelajaran. Penggunaan teknologi di dunia pendidikan ini dinilai lebih simpel dan praktis. 



Mencari Data Pendukung
Gambar (A)

Gambar (B)


Gambar 1. Manakah yang lebih efektif dalam mengumpulkan data dengan cara (A) mencari buku sesuai materi dan membawa buku begitu banyak atau dengan cara (B) memanfaatkan teknologi.



Berdasarkan gambar diatas tampak bahwa kemajuan teknologi dapat mempermudah dan memperlancar kinerja manusia. Dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan koneksi internet seseorang dapat mencari materi tentang kegiatan pendidikannya tanpa harus mencari di buku. Bahkan teknologi berupa laptop ini dinilai sebagai teknologi yang simple dan efisien karena kita bisa menyimpan data-data dengan mudah tidak perlu membawa banyak referensi buku. Namun dengan adanya kemajuan teknologi ini diharapkan seseorang tidak menjadi ketergantungan dan mengabaikan referensi berupa buku ketika mencari sebuah materi dalam kegiatan belajar. Berikut dampak positif dan negative yang ditimbulkan dengan adanya perkembangan teknologi di dunia pendidikan :
Dampak positif dari adanya teknologi di dunia pendidikan :
1.      mudah untuk mencari informasi  mengenai tugas sekolah/tugas kuliah. 
2.      mudah untuk berbagi data dengan teman.
.      3. memunculkan inovasi untuk belajar secara online atau biasa disebut e-learning. Sehingga antara guru dan peserta didik tidak perlu bertatap muka.
4.      sebagai media diskusi online dengan teman. 
   
     Dampak Negatif adanya teknologi di dunia pendidikan : 
1.      Seseorang menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik dengan orang lain.
2.      mudah terjadi plagiasi. Karena seseorang mudah untuk mengcopy paste tulisan orang lain.
3.      Menurunkan prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang.
4.      Seseorang menjadi mudah kecanduan terhadap internet sehingga dia menjadi ketergantungan
5.      Seseorang menjadi malas dalam melakukan sesuatu karena sudah terlalu asyik dengan gadget nya
Setelah mengetahui dampak positif dan negative diatas kita dapat mengetahui bagaimana seharusnya kita menggunakan teknologi. Sebagai seorang pelajar kita harus bijak dalam menggunakan teknologi. Selalu menggunakan teknologi untuk mengakses hal-hal yang positif dan bermanfaat. Jangan sampai kita sebagai orang terpelajar salah dalam memanfaatkan teknologi.

KESIMPULAN
Perkembangan teknologi dan informasi telah memberikan manfaat dan kemudahan dalam dunia pendidikan. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi ini dunia pendidikan dapat dikembangkan dalam segi pembelajaran. Teknologi informasi juga memberikan waktu yang tak terbatas untuk memiliki pengetahuan. Disisi lain perkembangan teknologi saat ini memudahkan seseorang untuk menyimpan dokumen-dokumen beserta pengetahuan-pengetahuan yang ia dapatkan dari internet. Tak lepas dari itu manusia juga harus bijak dalam memanfaatkan teknologi.



Daftar Pustaka
UNESA- TIM FMIPA. 2012. Sains Dasar.Jilid Dua. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

DosenIT. 2015. Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. https://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi . 03 Maret 2019

Dosen pendidikan. 2019. 15 Dampak Negatif Dan Positif Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan. https://www.dosenpendidikan.com/15-dampak-negatif-dan-positif-teknologi-informasi-dalam-bidang-pendidikan. 03 Maret 2019.

Hidayatullah Syarif. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Dunia Pendidikan. Surabaya.

0 comments:

Post a Comment