Pages

Thursday, March 14, 2019

KENDALIKAN JUMLAH PENDUDUK DENGAN PROGRAM


Penulis                 : Anaberylla Kalila N (18041184079)
Review                 : Hazira Jasmine R (18041184080)
Dosen Pengampu : Samik, S.Si., M.Si.

KENDALIKAN JUMLAH PENDUDUK DENGAN PROGRAM KB

1.       Pengertian KB
KB merupakan singkatan dari Keluarga Berencana yaitu  sebuah program atau gerakan untuk membentuk keluarga yang sejahtera dengan  membatasi kelahiran. Perencanaan keluarga dengan jumlah anak yang cukup dapat dilakukan dengan penggunaan alat alat kontrasepsi untuk penanggulangan kelahiran. Program KB dibuat oleh pemerintah untuk menghimbau masyarak atau keluarga keluarga di Indonesia untuk membatasi jumlah keluarga dengan moto ‘2 anak lebih baik’ yang dimaksudkan agar masing masing keluarga lebih baik memiliki 2 anak saja agar keluarga lebih sejahtera dan jumlah kependudukan di Indonesia tidak melonjak terlalu tinggi.
 Gambar himbauan program KB
 untuk masyarakat.
                                                                                                           
2.       Manfaat KB

a.      Manfaat KB pada keluarga
Pengaplikasian KB dalam keluarga sangat besar manfaatnya untuk keluarga. KB di yang berarti Keluarga Berencana ini bermaksud untuk membantu keluarga untuk merencanakan jumlah keluarga agar ideal. Di masa lalu, banyak orang mengatakan ‘banyak anak banyak rejeki’ yang sudah sangat tidak sesuai jika diterapkan di era modern sekarang. Dengan jumlah anak yang ideal yaitu 2, keluarga akan lebih sejahtera. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan yaitu Anggaran dan penggeluaran keluarga tidak akan terlalu besar. Setiap anak juga akan mendapat pilihan hidup yang terbaik. Maka dari itu manfaat KB tentu sangat besar untuk keluarga.

b.      Manfaat KB pada Negara
Manfaat KB pada Negara juga sangat besar. Jumlah penduduk yang semakin bertambah tinggi setiap tahunnya membuat program KB sebagai salah satu solusi dari masalah Negara tesebut. Populasi yang semakin tinggi ini nwenbuat KB beermanfaat sebagai penanggulangan dari tingginya jumlah penduduk di Indonesia.dengan hanya 2 anak pada setiap keluaga akan sangat berpengaruh pada negara untuk meminimalisir melonjaknya jumlah penduduk di Indonesia.

3.      Kesimpulan
Peran Program KB pada negara dan keluarga sangat besar. Dampak dari program KB juga bermanfaat bagi negara dan keluarga di Indonesia. Selain dapat mengatasi tingginya jumlah kependudukan di Indonesia, KB juga membantu membentuk keluarga yang sejahtera dengan jumlah anak yang ideal yaitu 2 anak untuk setiap keluarga. Dengan di aplikasikannya Program KB ini, Indonesia tentu akan menjadi lebih baik. Jumlah kelahiran tidak akan melonjak terlalu tinggi. Maka dari itu sangat perlu diadakannya himbauan Program KB untuk keluarga keluarga di Indonesia untuk mengatasi masalah kependudukan agar Indonesia menjadi semakin sejahtera.




DAFTAR PUSTAKA



http://m.rri.co.id/post/berita/357276/nasional/cegah_ledakan_penduduk_program_kb_digencarkan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/keluarga_berencana

 (DIPOSTING OLEH KELOMPOK 3)

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete