Pages

Wednesday, March 13, 2019

Peradaban Lembah Sungai Shindu dan Sungai Gangga


Peradaban Lembah Sungai Shindu dan Sungai Gangga

Penulis                      : Eva Ken Sayekti
Reviewers                  : Karolina Ratnasari
Dosen Pengampu        : Samik, S.Si., M.Si.


            Sungai Shindu dan Gangga merupakan sungai yang berada di wilayah India Kuno bagian India Utara, Lembah sungai Shindu dan Gangga sendiri merupakan asimilasi budaya dari bangsa India dan juga bangsa asing, penduduk asli dari lembah sungai Shindu adalah bangsa Dravida, bangsa Dravida sendiri merupakan masyarakat yang memiliki kepercayaan Sanatana Dharma atau kebenaran abadi. Mereka diperkirakan telah mendiami lembah Shindu sejak 3000 SM. Hasil temuan peradaban di India diketahui dengan ditemukannya sisa-sisa kebudayaan di  kota Mahenjo Daro di Shindu yang sekarang lebih dikenal sebagai bagian dari wilayah Pakistan dan Harappa yang mendiami kawasan sungai Ravi di daerah hulu sungai Shindu.Sedangkan sungai Gangga terletak diantara pegunungan Himalaya dan pegunungan Windya



                                  Mahenjo Daro (kota penempatan kebudayaan Shindu)

     1.      Masyarakat Lembah Sungai Shindu
    Peradaban Sungai Shindu ditandai dengan adanya banyak hal, yaitu berkaitan dengan sistem mata pencaharian, sistem ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem    perekonomian, sistem kepercayaan, dan juga sistem pemerintahan. Sistem mata   pencaharian masyarakat lembah sungai Shindu adalah cocok tanam dan pertanian, banyak diantara masyarakatnya yang menanam dan memanen gandum, padi, kapas dan teh.Dengan adanya lahan yang subur mendorong para petani untuk melakukan           pengembangan teknologi irigasi.
     Ilmu pengetahuan telah dikenal saat masyarakat sungai Shindu mulai berbicara tentang adanya alat rumah tangga, perkakas pertanian, dan lain-lain. Dalam bidang kesehatan, mereka menggunakan teknik pembangunan rumah yang telah memperhatikan faktor kesehatan dan kebersihan lingkungan, seperti adanya kamar yang dilengkapi jendela lebar yang langsung berhubungan dengan udara bebas, lalu       saluran pembuangan limbah dari kamar mandi dan jamban langsung di hubungkan dengan saluran umum yang dibangun mengalir dibawah jalan. Lalu dari bidang     ekonomi masyarakat sungai Shindu lebih memilih berdagang dan bekerja sama dengan bangsa Sumeria di Mesopotamia dan bangsa dari negeri lainnya.
      Kepercayaan masyarakat lembah sungai Shindu adalah banyak dewa, seperti dewa bertanduk besar, dewa perempuan yang melambangkan kemakmuran serta kesuburan. Mereka juga menyembah binatang seperti buaya, gajah, dan lain lain, serta juga menyembah pohon, seperti pohon beringin.





       2.      Lembah Sungai Gangga
      Peradaban lembah sungai Gangga ditandai dengan adanya kehidupan bangsa Aria, bangsa Aria datang dari daerah Kaukasus dan menyebar ke arah rimur,. Bangsa Aria memasuki India antara tahun 1500-2000 SM. Mereka adalah bangsa peternak yang terus mengembara. Tetapi setelah berhasil mengalahkan bangsa Dravida di lembah sungai Shindu dan menguasai daerah yang subur, mereka akhirnya hidup menetap dan memilih bekerja bercocok tanam. Hingga akhirnya mereka juga menduduki lembah sungai Gangga.
      Bangsa Aira mengembangkan budaya sungai Gangga dengan cara mencampurkan budaya mereka dengan budaya bangsa Dravida, kebudayaan tersebut dinamakan kebudayaan Hindu yang akhirnya juga menjadi sebuah nama agama. Selain itu peradaban lembah sungai Gangga juga menciptakan agama Budha.
       Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa lembah sungai Shindu dan lembah sungai Gangga merupakan salah satu bentuk dari peradaban kuno wilayah India, dan masing-masing lembah ini memiliki keunikan budaya dalam peradabannya.



Daftar Referensi.                          
Adi, Pracoyo. 2010. Peradaban lembah sungai Shindu dan sungai Gangga. Pracoyo.adi.blogspot.com. 6 Maret 2019.
Chandra. 2011. Peradaban lembah sungai Shindu dan sungai Gangga. makalahku-chandras.blogspot.com. 6 Maret 2019.
Nasrudin, Haarun. dkk. 2012. Sains Dasar. Surabaya: Unesa University Press.
Putri, Ika. 2017. Peradaban lembah sungai Shindu dan sungai Gangga. ikaputripra.blogspot.com. 6 Maret 2019.
R, Hafni. 2014. Peradaban lembah sungai Shindu dan sungai Gangga. www.matersma.com. 6 Maret 2019.

0 comments:

Post a Comment