Pages

Wednesday, March 21, 2018

MOLEKUL PROTOBION PEMBENTUK MAHLUK HIDUP

                   MOLEKUL PROTOBION PEMBENTUK MAHLUK HIDUP
PENULIS : MUHAMMAD ZAMRONI, RIVIEWER : ROSIDA HANIFA ZARA, SAMIK S.Si, M.Si

                                                                  Abstrak
Mahluk hidup merupakan mahluk ciptaan tuhan, tentunya didalam tubuh mahluk hidup tersebut tidak terlepas dari molekul-molekul yang tersusun sebagai penunjang kehidupannya. Molekul-molekul yang tersusun tersebut dinamakan PROTOBION, yaitu Agregat (kumpulan) molekul-molekul yang dihasilkan secara abiotik. Protobion sendiri mempunyai tiga tipe : Koaservat , Mikrosfir, dan Liposom , dari ketiga tipe tersebut masing-masing memiliki ciri-ciri yang berbeda. Didalam tulisan ini akan membahas tentang apa itu protobion ?  tipe-tipe protobion ? dan hal hal lain yang berkaitan dengan protobion.

                                                                        Isi
Asam amino saja tidak cukup untuk memunculkan makhluk hidup di bumi. Makrom olekul diduga terbentuk dari tetesan asam amino ke pasir, tanah liat, dan batu panas. Polimer asam amino terbentuk secara spontan. Sebuah kehidupan dapat hidup karena memiliki sifat kunci replikasi dan metabolisme. Protobion mempertahankan keturunannya dengan cara tumbuh, membelah, dan mewariskan molekul DNA. Pada awalnya protobion mereplikasi diri, RNA katalitik akan lebih efektif dalam menggunakan sumber daya alam dan akan meningkat jumlahnya melalui seleksi. Bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun lalu, bersama dengan tata surya. Suasana awal, bumi mungkin mengandung  uap air dan bahan kimia diakibatkan oleh letusan gunung berapi (nitrogen, nitrogen oksida, karbon dioksida, metana, amonia, hidrogen, hidrogen sulfida). Belum ada kehidupan.
Awal Kehidupan diawali dengan adanya protobion yang terbentuk dari molekul asam amino. Keadaan awal bumi Reproduksi dan Metabolisme Protobion Protobion unit kehidupan sederhana yang pertama kali muncul dibumi. adalah hasil agregat dari molekul abiotik yang dikelilingi oleh membran atau struktur seperti membran. menunjukkan reproduksi  dan metabolisme  yang sederhana dan mempertahankan diri dari kimia lingkungannya. Replikasi dan metabolisme adalah kunci sifat kehidupan. Protobion terbentuk secara spontan dari senyawa organik secara abiotik.
Berdasarkan hasil penelitian Oparin, Haidane dan Urey dalam teori abiogenesis modern, asal usul kehidupan berasal dari sintesis dan akumulasi monomer organik pada kondisi abiotik. Misalnya (metana), (amonea), (hydrogen) dan (air) bergabung membentuk asam amino dan nukleutida. Molekul yang dihasilkan secara abiotik tersebut disebut protobion.
Protobion dapat terbentuk dengan penggabungan semdiri.Ciri kehidupan muncul dari suatu interaksi molekul-molekul yang disusun kedalam urutan tingkat yang lebih tinggi.Sel-sel hidup mungkin didahului oleh protobion. Protobion adalah agregat (kumpulan) molekul-molekul yang dihasilkan secara abiotik.Protobion tidak dapat bereproduksi secara tepat,akan tetapi protobion dapat mempertahankan suatu lingkungan kimia internal yang berbeda dengan sekitarnya dan memperlihatkan beberapa ciri yang berasosiasi dengan kehidupan,meliputi metabolism dan eksitabilitas sifat (dapat dirangsang)   




Tipe-tipe protobion
I.    Koaservat
Merupakan tetesan stabil yang cenderung terbentuk pada suspense makromolekul (polimer). Misalnya polipeptida asam nekleat dan polisakarida yang dikocok. Setiap koaservat merupakan agragat makromolekul yang sangat hidrofobik (tidak suka air) dikelilingi dan distabilkan oleh air. Koaservat berasal dari lautan. Apabila koaservat ini ditambahkan enzim, enzim tersebut akan diserap. Selain itu koaservat juga dapat menyerap substrat dari sekelilingnya dan membebaskan produk dari hasil katalitas oleh enzim.

II.    Mikrosfir
Merupakan protobion yang terbentuk dengan sendirinya menjadi teles-teles kecil saat didinginkan. Mikrosfir tersusun dari beberapa proteniod (polimer organik) Mikrisfir akan mengalami pembengkalan atau  pencuitan osmotic saat ditempatkan dalam larutan garam dengan konsentrasi yang berbeda. Mikrosfir ini berasal dari atmosfir. Selain itu mikrosfir juga tersusun dari beberapa protenoid.

III.    Liposom
Merupakan protobion yang langsung terbentuk dengan sendirinya menjadi tetes-tetes kecil apabila kompesisi organiknya mengandung lipid tertentu.. Liposom ini berasal dari gabungan antara lautan dan atmosfir.


KESIMPULAN
Dari penjelasan yang telah dipaparkan diatas maka dapat disimpulkan bahwasannya yang mempelopori terbentuknya mahluk hidup adalah sekumpulan molekul-molekul yang tersusun terbentuk secara abiotik (PROTOBION). Molekul-molekul tersebut tersusun dari dimulai dari agregat yang kecil sampai yang terbesar, molekul teraebut tersusu secara merata.dalam tulisaan ini dijelaskan bahwasannya ada tiga jenis PROTOBION yaitu   (1) koaserfat, yang tetesannya bersifat stabil,tidak menyukai air,berasal dari lautan. (2) Mikrosfir, yang mempunyai sifat terbentuk sendiri saat didinginkan (3)Liposom                                                                                                                                                                  ,dapat terbentuk sendiri apabila  organiknya terkandung lipid tertentu.

DAFTAR PESTAKA
 Putro, Ino.2009.Evolusi Biologi. http://inopunya.blogspot.co.id/2009/12/evolusi-biologi_13.html. 12 maret 2018
Nicle,  bio.2010. Evolusi. http://biochronica.blogspot.co.id/p/evolusi.html. 12 maret 2018
Ajun,  raizel.2014.Terbentunya Protobion. https://prezi.com/ahwuoykte9vn/terbentuknya-protobion/. 12 maret 2018
TIM FMIPA UNESA.2012.SAINS DASAR.Surabaya : UNESA UNIVERSITY PRESS            
G.H Mauliana,,S.Pd.2015.TEORI NEO-ABIOGENESIS.https://www.biologimu.com/2015/01/teori-neo-abiogenesis.html.13 Maret 2018
                         

Review : Rosyida H
Tgl diberikan: 14 maret 2018
Tgl dikembalikan: 20 maret 2018
Saran: tulisan yang disajikan sudah bagus sesuai tema, tapi perlu ada sedikan perbaikan khususnya kata kata yang salah ketik.

0 comments:

Post a Comment