Penulis
: Amirotu Dinia, Ika Septya Arum, Samik, S. Si. M. Si
ABSTRAK
Sarana transportasi merupakan salah satu
sarana perhubungan yang sangat penting dalam segala hal aktivitas manusia.
Semakin berkembang sarana transportasi semakin mudah terjalin hubungan antar
manusia. Sejak jaman-jaman purba mobilitas masyarakat telah terjadi, oleh
karena itu sarana transportasi sejak masa lampau telah dibutuhkan oleh manusia.
Pada masa sekarang dimana mobilitas manusia dan barang sangat tinggi, dan
terjadi bukan hanya didalam satu wilayah tetapi juga antar pulau dan bahkan
antar Negara, maka sarana transportasi sangat memegang peranan yang penting.Perkembangan
ini akan terus berlanjut sehingga dapat lebih mempermudah manusia di masa yang
akan datang. Terdapat tiga revolusi transportasi
besar, masing-masing terdiri dari suatu perubahan besar dalam tenaga penggerak
yang diikuti oleh suatu periode penyempurnaan jangka panjang. Pada
tahun-tahun sebelum industrialisasi, kemajuan proses transportasi dimulai pada
saat ditentukannya penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern.
Perkembangan selanjutnya adalah dipergunakannya kuda oleh manusia untuk
transportasi. Dan dibuatlah sepeda pada zaman sebelum industrialisasi maka
banyaklah yang mempergunakan sepeda sampai dimulainya zaman setelah
industrialisasi.
PEMBAHASAN
Transportasi merupakan
sarana yang sangat
berperan dalam kehidupan manusia, baik untuk keberlangsungan
interaksi antara manusia, maupun sebagai
alat untuk memudahkan manusia dalam memindahkan barang dari satu tempat ke
tempat yang lain (Hermawan :2016 )
Keberhasilan
pembangunan sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai
urat nadi
kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan
(Munawar:2007). Revolusi trasnportasi terjadi secara bertahap, yaitu (1) yang
pertama adalah keberhasilan manusia menjinakkan binatang (kuda) yang digunakan
sebagai penarik kendaraan dan digunakannya layar untuk mendorong perahu, (2)
yang kedua adalah penemuan roda yang mampu menggerakkan kendaraan berkapasitas
angkut lebih besar dan lebih cepat, dan (3) yang ketiga adlah penemuan Revolusi
Industri, dengan diketemukannya mesin uap yang mendorong perubahan berbagai
sektor (transportasi, industri, dan sebagainya)
Perkembangan
transportasi dalam sejarah bergerak dengan sangat perlahan, berevolusi dengan
terjadi perubahan sedikit-demi sedikit, yang sebenarnya diawali dengan
perjalanan jarak jauh berjalan kaki pada zaman paleolithic. Sejarah manusia
menunjukkan bahwa selain berjalan kaki juga dibantu dengan pemanfaatan hewan
yang menyeret suatu muatan yang tidak bisa diangkat oleh manusiadan penggunaan
rakit di sungai.
Sarana transportasi dalam kehidupan manusia sangatlah penting sejalan
dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Pengenalan roda telah diperkenalkan oleh
bangsa Hyksos. Penggunaan roda dalam
kegiatan transportasi semakin dipermudah. Penemuan mesin uap oleh James Watt,
lokomotif oleh Richard Trevithick, merupakan sarana transportasi awal
menggunakan tenaga mesin. Penemuan mobil menggunakan bahan bakar bensin dan
solar merupakan tindak lanjut dari perkembangan transportasi darat.
(Tjandrakirana,2012:68)
Industri Pesawat terbang seperti
Fokker di Belanda, IPTN di
Indonesia, Boing di Amerika Serikat,
Airbus di Prancis dan Jerman yang
memproduksi pesawat kecil sampai besar mempunyai arti yang sangat strategi bagi
transportasi udara yang sangat cepat di dunia. Tak kalah pentingnya adalah sarana
transportasi laut dan sungai yang menggunakan kapal motor dengan kecepatan
tinggi seperti Jetfoil. (Tjandrakirana,2012:68-69)
A.
Perkembangan Transportasi Sebelum Industrialisasi
Transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum
masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. Pada
tabelberikut ditunjukkan perkembangan didalam transportasi dari zaman ke zaman.
TAHUN
|
TEMUAN
|
3500 SM
|
Penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi
modern
|
3500 SM
|
Kapal pertama kali dikembangkan
|
2000 SM
|
Kuda digunakan oleh manusia untuk transportasi
|
770
|
Sepatu kuda digunakan untuk pertama kali
|
1492
|
Leonardo Da Vinci membuat lebih dari 100 gambar
rancangan pesawat terbang
|
1620
|
Cornelis Drebbel membuat kapal selam pertama
|
1662
|
Blaise Pascal menciptakan bus angkutan umum pertama
yang ditarik kuda melayanai trayek tetap, berjadwal dan penerapan sistem
tarif
|
1769
|
Mobil pertama yang digerakkan dengan mesin uap
|
1783
|
Kapal uap praktis pertama dikembangkan oleh Marquis
Claude Francois de Jouffroy d'Abbans - yang menggunakan roda kayuh
|
1790
|
Sepeda pertama sekali ditemukan dan digunakan
|
B. Perkembangan
Transportasi Setelah Zaman Industrialisasi
Kendaraan
produksi pertama pada tahun 1885
Perkembangan transportasi setelah zaman
industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi berkembang sangat cepat
demikian juga penggunaan transportasi berjalan dengan sangat cepat, dimulai
dengan penerapan mesin uap untuk
angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin
dengan pembakaran dalam. Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi sistem
transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang kemudian
menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Pada Tabel berikut
ditunjukkan perkembangan sistem transportasi setelah zaman
industrialisasi.
TAHUN
|
TEMUAN
|
1801
|
Lokomotif uap pertama yang ditemukan oleh Richard
Trevithick yang kemudian disempurnakan oleh George Stephensen
|
1858
|
Jean Lenoir mengembangkan mobil pertama yang
digerakkan dengan mesin dengan pembakaran dalam
|
1867
|
Sepedamotor pertama yang digerakkan dengan bahan
bakar
|
1879
|
Werner von Siemens merancang dan mengembangkan
kereta api listrik yang pertama
|
1885
|
Bens membuat kendaraan produksi pertama
|
1899
|
Ferdinan von Zeppelin menerbangkan pesawat balon
udara pertama
|
1903
|
Orville and Wilbur Wright. pada tanggal 17 Desember
1903, Wright bersaudara membuat penerbangan pertama
|
1908
|
Henry Ford menerapkan sistem produksi ban berjalan
untuk pembuatan mobil secara missal
|
1926
|
Roket berbahan bakar cair pertama diluncurkan
|
1932
|
Pemerintah Jerman membangun Autobahn/Jalan Bebas
Hambatan pertama
|
1939
|
Pesawat terbang jet pertama Jerman diterbangkan atas
dasar desain turbin yang dibuat Hans von Ohain ditahun 1936
|
1942
|
Helicopter yang didisain dan di produksi oleh Igor
Sikorsky
|
1947
|
Pesawat supersonik pertama dterbangkan
|
1953
|
Kapal yang digerakkan dengan nuklir pertama
diluncurkan
|
Permasalahan yang kemudian timbul dengan perkembangan
transportasi diera industrialisasi adalah jumlah penggunaan energy yang luar
biasa dimana hampir seluruh moda angkutan menggunakan energi fosil. Pembakaran
energi fosil pada transportasi modern pada gilirannya akan mengeluarkan emisi
gas buang dimana sebagian besar dari emisi gas buang tersebut berupa gas rumah
kaca yang pada gilirannya mengakibatkan pemanasan global. Oleh karena itu
belakangan ini diupayakan untuk mencari enerji alternatif yang tidak mencemari
lingkungan, mengalihkan transportasi kepada transportasi yang ramah lingkungan.
C. Perkembangan Transportasi di Dunia
Mulai Dari yang Tertua Sampai Yang Moderen
1.
Berjalan
kaki, merupakan
model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu
transportasi.
Jalan Kaki
2.
Menggunakan
Binatang, beberapa
jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara
lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai. Merupakan mode transportasi darat yang sudah
berusia sangat tua.
3. Sepeda
Sepedamerupakan alat
transportasi darat sederhana yang sangat populer di zamannya. Seperti
ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari
Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18
mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun,
velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang kendaraan
dua roda. Alat transportasi sepeda masuk kedalam alat transportasi darat.
Perkembangan
Sepeda
4.
Kereta Api
Kereta api merupakan alat
transportasi massal yang saat awal ditemukan menjadi alat trasportasi darat
yang sangat populer di zamannya. Sejarah
perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali
dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu
kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu
rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan
dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat
lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.
Setelah
James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga
berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi.
Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan
kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George
Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif
dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang
digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan
untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu
menarik kereta lebih banyak
Kereta Api Kuno Menggunakan Mesin Uap
|
Kereta Api Super Cepat
5. Mobil
Kendaraan
tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan
sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan
pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang
paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan
juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada
tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Mobil merupakan
alat transportasi darat yang sangat populer saat ini.
|
6.
Kapal Laut, alat
transportasi yang termasuk kategori
transportasi air (laut). Pada awalnya
kapal laut digerakkan oleh manusia yang menggunakan dayung, lalu menggunakan
angin dengan bantuan layar. Setelah Revolusi Industri, kapal laut mulai
menggunakan mesin uap, mesin diesel, serta bahkan mesin nuklir.
Kapal Bermotor
|
7.
Kapal Terbang atau Pesawat Terbang
Merupakan mode
transportasi tercepat yang bisa menghubungan antara kota,negara, dan pulau yang
sangat berjauhandengan waktu yang singkat dan saat ini menjadi andalan
transportasi udara antar negara.
Kapal Terbang Komersil
|
8. Pesawat Luar Angkasa, Transportasi khusus untuk
menjelajah antariksa atau luar angkasa yang baru bisa dikendarai oleh orang
tertentu (astronout) dan saat ini sedang dikembangkan pesawat luar angkasa
untuk komersial, yang dinaiki orang-orang umum asalkan mampu membayar biaya
transportnya yang sangat mahal.
|
Pesawat Luar Angkasa
|
C.
DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI
Perkembangan
alat transportasi memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia
dan lingkungan alam. Transportasi memiliki pengaruh besar terhadap perorangan,
masyarakat pembangunan ekonomi, dan sosial politik suatu negara (Kadir:2006).Teknologi
transportasi memerlukan bahan bakar sebagai penggerak mesin, yakni minyak bumi.
Asap-asap kendaraan mengakibatkan polusi udara di perkotaan, namun alat
transportasi juga memiliki dampak positif akan kenyamanan dalam
bertransportasi.
Dampak
Positif Teknologi Transportasi:
- Bagi masyarakat di pedesaan, transportasi sangat diperlukan dalam menyalurkan hasil pertanian, perkebunan, dan peternakan ke perkotaan. Sehingga mempermudah hubungan perekonomian masyarakat desa dengan masyarakat diperkotaan.
- Mempersingkat waktu perjalanan/ tidak memerlukan waktu banyak dalam menempuh perjalanan.
- Gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor bila bereaksi dengan oksigen di udara akan menghasilkan gas karbondioksida yang bisa dimanfaatkan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan.
Dampak
Negatif Teknologi Transportasi
- Minyak bumi semakin langka seiring perkembangan dan pemakaian alat transportasi terus-menerus.
- Alam menjadi tidak indah, seperti asap kendaraan bermotor yang bercampur dengan debu akan membentuk oksidasi nitrogen yang menyebabkan awan menjadi kecoklatan. Adanya minyak dari kapal yang tumpah dapat menyebabkan kerusakan keindahan laut dan biota didalamnya.
- Pencemaran udara dan pencemaran suara mempengaruhi psikologi manusia. Bunyi keras yang dihasilkan kendaraan menimbulkan pencemaran udara yang dapat menyebabkan ketulian.
- Berkurangnya area pertanian dikarenakan peningkatan pembangunan fasilitas transportasi, misalnya: terminal, bandara, bahkan jalan raya.
- Tingginya kadar polusi udara, menyebabkan kesehatan masyarakat menurun diakibatkan penyakit saluran pernafasan.
D.
CARA
MENGATASI DAMPAK PERKEMBANGAN TRANSPORTASI
Berbagai
aktivitas manusia membutuhkan energi, seperti batu bara, minyak bumi, air,
sinar matahari, angin dll. Permasalahan saat ini adalah semakin berkurangnya
cadangan minyak bumi dunia sementara kebutuhan bahan bakar harus tersedia.
Penerapan Prinsip ekoefisiensi dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar antara
lain:
- Penggunaan sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui, seperti tenaga angin, air, biomassa, dan bahan bakar organik.
- Dengan menggunakan akalnya manusia dapat menciptakan mobil yang ramah lingkungan. Seperti Mobil listrik bernama ELITS yang merupakan hasil eksperimen yang dilakukan oleh tim Laboratorium Konversi Energi Teknik Elektron ITS, yang tujuannya untuk mengantisipasi cadangan minyak bumi yang semakin menipis.
E. KESIMPULAN
Perkembangan teknologi di bidang
transportasi adalah suatu pencapaian manusia dalam mempermudah menjalani
kegiatan sehari-harinya. Perkembangan ini akan terus berlanjut sehingga dapat
lebih mempermudah manusia di masa yang akan datang. Meskipun begitu,
perkembangan tranportasi dapat memberikan dampak negatif seperti pencemaran
lingkungan dan lainnya jika tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas
lingkungan, dan upaya meminimalisir dampak dari perkembangan transportasi.
Pada tahun-tahun sebelum
industrialisasi, kemajuan proses transportasi dimulai pada saat ditentukannya
penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern. Perkembangan
selanjutnya adalah dipergunakannya kuda oleh manusia untuk transportasi. Dan
dibuatlah sepeda pada zaman sebelum industrialisasi maka banyaklah yang
mempergunakan sepeda sampai dimulainya zaman setelah industrialisasi.
REFERENSI:
Bazfizone.2014.RevolusiTransportasi.https://id.wikibooks.org/wiki/Moda_Transportasi/Sejarah_transportasi.10
Maret 2018.
Herwana,Sutiawan. 2016. PERKEMBANGAN
TRANSPORTASI DARAT DI SUKABUMI Pengaruhnya terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi
dan Perkembangan Kota Tahun 1881-1942.Skripsi.Bandung:
Universitas padjadjaran
Kadir,
Abdul. 2006. TRANSPORTASI : PERAN DAN DAMPAKNYA DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI
NASIONAL. Jurnal Perencanaan dan
Pembangunan Wilayah WAHANA HIJAU. Vol1: hal 8
Munawar,Ahmad.2007.PENGEMBANGAN
TRANSPORTASI YANG BERKELANJUTAN.Pidato
Pengukuhan Jabatan Guru Besar.Yogyakarta: 7 Februari 2007
TIM FMIPA UNESA. 2012. SAINS
DASAR. Surabaya : Unesa University Press
0 comments:
Post a Comment