Pages

Wednesday, March 21, 2018

REVOLUSI TRANSPORTASI



Penulis : Amirotu Dinia, Ika Septya Arum, Samik, S. Si. M. Si




ABSTRAK
Sarana transportasi merupakan salah satu sarana perhubungan yang sangat penting dalam segala hal aktivitas manusia. Semakin berkembang sarana transportasi semakin mudah terjalin hubungan antar manusia. Sejak jaman-jaman purba mobilitas masyarakat telah terjadi, oleh karena itu sarana transportasi sejak masa lampau telah dibutuhkan oleh manusia. Pada masa sekarang dimana mobilitas manusia dan barang sangat tinggi, dan terjadi bukan hanya didalam satu wilayah tetapi juga antar pulau dan bahkan antar Negara, maka sarana transportasi sangat memegang peranan yang penting.Perkembangan ini akan terus berlanjut sehingga dapat lebih mempermudah manusia di masa yang akan datang. Terdapat tiga revolusi transportasi besar, masing-masing terdiri dari suatu perubahan besar dalam tenaga penggerak yang diikuti oleh suatu periode penyempurnaan jangka panjang. Pada tahun-tahun sebelum industrialisasi, kemajuan proses transportasi dimulai pada saat ditentukannya penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern. Perkembangan selanjutnya adalah dipergunakannya kuda oleh manusia untuk transportasi. Dan dibuatlah sepeda pada zaman sebelum industrialisasi maka banyaklah yang mempergunakan sepeda sampai dimulainya zaman setelah industrialisasi.

PEMBAHASAN
Transportasi  merupakan  sarana  yang  sangat  berperan  dalam  kehidupan manusia, baik untuk keberlangsungan interaksi antara  manusia, maupun sebagai alat untuk memudahkan manusia dalam memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang  lain (Hermawan :2016 )
Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peran transportasi sebagai
urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan (Munawar:2007). Revolusi trasnportasi terjadi secara bertahap, yaitu (1) yang pertama adalah keberhasilan manusia menjinakkan binatang (kuda) yang digunakan sebagai penarik kendaraan dan digunakannya layar untuk mendorong perahu, (2) yang kedua adalah penemuan roda yang mampu menggerakkan kendaraan berkapasitas angkut lebih besar dan lebih cepat, dan (3) yang ketiga adlah penemuan Revolusi Industri, dengan diketemukannya mesin uap yang mendorong perubahan berbagai sektor (transportasi, industri, dan sebagainya)
Perkembangan transportasi dalam sejarah bergerak dengan sangat perlahan, berevolusi dengan terjadi perubahan sedikit-demi sedikit, yang sebenarnya diawali dengan perjalanan jarak jauh berjalan kaki pada zaman paleolithic. Sejarah manusia menunjukkan bahwa selain berjalan kaki juga dibantu dengan pemanfaatan hewan yang menyeret suatu muatan yang tidak bisa diangkat oleh manusiadan penggunaan rakit di sungai.
Sarana transportasi dalam kehidupan manusia sangatlah penting sejalan dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Pengenalan roda telah diperkenalkan oleh bangsa Hyksos. Penggunaan roda dalam kegiatan transportasi semakin dipermudah. Penemuan mesin uap oleh James Watt, lokomotif oleh Richard Trevithick, merupakan sarana transportasi awal menggunakan tenaga mesin. Penemuan mobil menggunakan bahan bakar bensin dan solar merupakan tindak lanjut dari perkembangan transportasi darat. (Tjandrakirana,2012:68)
Industri Pesawat terbang seperti Fokker di Belanda, IPTN di Indonesia, Boing di Amerika Serikat, Airbus di Prancis dan Jerman yang memproduksi pesawat kecil sampai besar mempunyai arti yang sangat strategi bagi transportasi udara yang sangat cepat di dunia. Tak kalah pentingnya adalah sarana transportasi laut dan sungai yang menggunakan kapal motor dengan kecepatan tinggi seperti Jetfoil. (Tjandrakirana,2012:68-69)


A.   Perkembangan Transportasi Sebelum Industrialisasi
Transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. Pada tabelberikut ditunjukkan perkembangan didalam transportasi dari zaman ke zaman.
 


TAHUN
TEMUAN
3500 SM
Penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern
3500 SM
Kapal pertama kali dikembangkan
2000 SM
Kuda digunakan oleh manusia untuk transportasi
770
Sepatu kuda digunakan untuk pertama kali
1492
Leonardo Da Vinci membuat lebih dari 100 gambar rancangan pesawat terbang
1620
Cornelis Drebbel membuat kapal selam pertama
1662
Blaise Pascal menciptakan bus angkutan umum pertama yang ditarik kuda melayanai trayek tetap, berjadwal dan penerapan sistem tarif
1769
Mobil pertama yang digerakkan dengan mesin uap
1783
Kapal uap praktis pertama dikembangkan oleh Marquis Claude Francois de Jouffroy d'Abbans - yang menggunakan roda kayuh
1790
Sepeda pertama sekali ditemukan dan digunakan
  



B.   Perkembangan Transportasi Setelah Zaman Industrialisasi

Kendaraan produksi pertama pada tahun 1885
Perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi berkembang sangat cepat demikian juga penggunaan transportasi berjalan dengan sangat cepat, dimulai dengan penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin dengan pembakaran dalam. Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi sistem transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang kemudian menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Pada Tabel berikut ditunjukkan perkembangan sistem transportasi setelah zaman industrialisasi.
TAHUN
TEMUAN
1801
Lokomotif uap pertama yang ditemukan oleh Richard Trevithick yang kemudian disempurnakan oleh George Stephensen
1858
Jean Lenoir mengembangkan mobil pertama yang digerakkan dengan mesin dengan pembakaran dalam
1867
Sepedamotor pertama yang digerakkan dengan bahan bakar
1879
Werner von Siemens merancang dan mengembangkan kereta api listrik yang pertama
1885
Bens membuat kendaraan produksi pertama
1899
Ferdinan von Zeppelin menerbangkan pesawat balon udara pertama
1903
Orville and Wilbur Wright. pada tanggal 17 Desember 1903, Wright bersaudara membuat penerbangan pertama
1908
Henry Ford menerapkan sistem produksi ban berjalan untuk pembuatan mobil secara missal
1926
Roket berbahan bakar cair pertama diluncurkan
1932
Pemerintah Jerman membangun Autobahn/Jalan Bebas Hambatan pertama
1939
Pesawat terbang jet pertama Jerman diterbangkan atas dasar desain turbin yang dibuat Hans von Ohain ditahun 1936
1942
Helicopter yang didisain dan di produksi oleh Igor Sikorsky
1947
Pesawat supersonik pertama dterbangkan
1953
Kapal yang digerakkan dengan nuklir pertama diluncurkan

Permasalahan yang kemudian timbul dengan perkembangan transportasi diera industrialisasi adalah jumlah penggunaan energy yang luar biasa dimana hampir seluruh moda angkutan menggunakan energi fosil. Pembakaran energi fosil pada transportasi modern pada gilirannya akan mengeluarkan emisi gas buang dimana sebagian besar dari emisi gas buang tersebut berupa gas rumah kaca yang pada gilirannya mengakibatkan pemanasan global. Oleh karena itu belakangan ini diupayakan untuk mencari enerji alternatif yang tidak mencemari lingkungan, mengalihkan transportasi kepada transportasi yang ramah lingkungan.

C.   Perkembangan Transportasi  di Dunia Mulai Dari yang Tertua Sampai Yang Moderen

1.      Berjalan kaki, merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi.

Jalan Kaki

2.      Menggunakan Binatang, beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai. Merupakan mode transportasi darat yang sudah berusia sangat tua.

Kuda - Andong -  Dokar

3.      Sepeda
Sepedamerupakan alat transportasi darat sederhana yang sangat populer di zamannya. Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang kendaraan dua roda. Alat transportasi sepeda masuk kedalam alat transportasi darat.
Perkembangan Sepeda

4.      Kereta Api
Kereta api merupakan alat transportasi massal yang saat awal ditemukan menjadi alat trasportasi darat yang sangat populer di zamannya. Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.
Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak

Kereta Api Kuno Menggunakan Mesin Uap
Kereta Api Modern

Kereta Api Super Cepat

5.      Mobil
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Mobil merupakan alat transportasi darat yang sangat populer saat ini.

6.      Kapal Laut, alat transportasi  yang termasuk kategori transportasi air (laut). Pada awalnya kapal laut digerakkan oleh manusia yang menggunakan dayung, lalu menggunakan angin dengan bantuan layar. Setelah Revolusi Industri, kapal laut mulai menggunakan mesin uap, mesin diesel, serta bahkan mesin nuklir.




7.      Kapal Terbang atau Pesawat Terbang
Merupakan mode transportasi tercepat yang bisa menghubungan antara kota,negara, dan pulau yang sangat berjauhandengan waktu yang singkat dan saat ini menjadi andalan transportasi udara antar negara.

Kapal Terbang Kuno



8.      Pesawat Luar Angkasa, Transportasi khusus untuk menjelajah antariksa atau luar angkasa yang baru bisa dikendarai oleh orang tertentu (astronout) dan saat ini sedang dikembangkan pesawat luar angkasa untuk komersial, yang dinaiki orang-orang umum asalkan mampu membayar biaya transportnya yang sangat mahal.






C.    DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI
Perkembangan alat transportasi memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia dan lingkungan alam. Transportasi memiliki pengaruh besar terhadap perorangan, masyarakat pembangunan ekonomi, dan sosial politik suatu negara (Kadir:2006).Teknologi transportasi memerlukan bahan bakar sebagai penggerak mesin, yakni minyak bumi. Asap-asap kendaraan mengakibatkan polusi udara di perkotaan, namun alat transportasi juga memiliki dampak positif akan kenyamanan dalam bertransportasi.

Dampak Positif Teknologi Transportasi:
  1. Bagi masyarakat di pedesaan, transportasi sangat diperlukan dalam menyalurkan hasil pertanian, perkebunan, dan peternakan ke perkotaan. Sehingga mempermudah hubungan perekonomian masyarakat desa dengan masyarakat diperkotaan.
  2. Mempersingkat waktu perjalanan/ tidak memerlukan waktu banyak dalam menempuh perjalanan.
  3. Gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor bila bereaksi dengan oksigen di udara akan menghasilkan gas karbondioksida yang bisa dimanfaatkan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan.
Dampak Negatif Teknologi Transportasi
  1. Minyak bumi semakin langka seiring perkembangan dan pemakaian alat transportasi terus-menerus.
  2. Alam menjadi tidak indah, seperti asap kendaraan bermotor yang bercampur dengan debu akan membentuk oksidasi nitrogen yang menyebabkan awan menjadi kecoklatan. Adanya minyak dari kapal yang tumpah dapat menyebabkan kerusakan keindahan laut dan biota didalamnya.
  3. Pencemaran udara dan pencemaran suara mempengaruhi psikologi manusia. Bunyi keras yang dihasilkan kendaraan menimbulkan pencemaran udara yang dapat menyebabkan ketulian.
  4. Berkurangnya area pertanian dikarenakan peningkatan pembangunan fasilitas transportasi, misalnya: terminal, bandara, bahkan jalan raya.
  5. Tingginya kadar polusi udara, menyebabkan kesehatan masyarakat menurun diakibatkan penyakit saluran pernafasan.
D.    CARA MENGATASI DAMPAK PERKEMBANGAN TRANSPORTASI
Berbagai aktivitas manusia membutuhkan energi, seperti batu bara, minyak bumi, air, sinar matahari, angin dll. Permasalahan saat ini adalah semakin berkurangnya cadangan minyak bumi dunia sementara kebutuhan bahan bakar harus tersedia. Penerapan Prinsip ekoefisiensi dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar antara lain:
  1. Penggunaan sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui, seperti tenaga angin, air, biomassa, dan bahan bakar organik.
  2. Dengan menggunakan akalnya manusia dapat menciptakan mobil yang ramah lingkungan. Seperti Mobil listrik bernama ELITS yang merupakan hasil eksperimen yang dilakukan oleh tim Laboratorium Konversi Energi Teknik Elektron ITS, yang tujuannya untuk mengantisipasi cadangan minyak bumi yang semakin menipis.

E.     KESIMPULAN
Perkembangan teknologi di bidang transportasi adalah suatu pencapaian manusia dalam mempermudah menjalani kegiatan sehari-harinya. Perkembangan ini akan terus berlanjut sehingga dapat lebih mempermudah manusia di masa yang akan datang. Meskipun begitu, perkembangan tranportasi dapat memberikan dampak negatif seperti pencemaran lingkungan dan lainnya jika tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas lingkungan, dan upaya meminimalisir dampak dari perkembangan transportasi.
Pada tahun-tahun sebelum industrialisasi, kemajuan proses transportasi dimulai pada saat ditentukannya penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern. Perkembangan selanjutnya adalah dipergunakannya kuda oleh manusia untuk transportasi. Dan dibuatlah sepeda pada zaman sebelum industrialisasi maka banyaklah yang mempergunakan sepeda sampai dimulainya zaman setelah industrialisasi.


REFERENSI:
Bazfizone.2014.RevolusiTransportasi.https://id.wikibooks.org/wiki/Moda_Transportasi/Sejarah_transportasi.10 Maret 2018.

Herwana,Sutiawan. 2016. PERKEMBANGAN TRANSPORTASI DARAT DI SUKABUMI Pengaruhnya terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi dan Perkembangan  Kota Tahun 1881-1942.Skripsi.Bandung: Universitas padjadjaran

Kadir, Abdul. 2006. TRANSPORTASI : PERAN DAN DAMPAKNYA DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL. Jurnal Perencanaan dan Pembangunan Wilayah WAHANA HIJAU. Vol1: hal 8

Munawar,Ahmad.2007.PENGEMBANGAN TRANSPORTASI YANG BERKELANJUTAN.Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar.Yogyakarta: 7 Februari 2007

TIM FMIPA UNESA. 2012. SAINS DASAR. Surabaya : Unesa University Press



0 comments:

Post a Comment