Pages

Tuesday, March 20, 2018

Globalisasi Perkembangan dan Sifat Pemikiran Manusia dalam Regenerasi


GLOBALIZATION THE DEVELOPMENT NATURE AND THINKING HUMAN IN THE REGENERATION

( globalisasi perkembangan sifat dan pemikiran manusia dalam regenerasi)

(Rosita, Devinta ,Samik )

Abstrak
perkembangan sifat dan pemikiran manusia saat ini sangat di pengaruhi oleh globalisasi di mana suatu proses antar individu antar kelompok , dan antar negara saling berinteraksi , begantun , terkait , mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara yang mana globalisasi memengaruhi hampir semua spek yang ada di masyarakat , termasuk diantaranya aspek budaya di setiap regenerasi di mana kebudayaan dapat diartikan sebagi nilai – nilai ( value ) dalam perkembangan sifat dan pemikiran manusia semakin berkembang pesat biak nilai –nilai maupun presepsi berkaintan dengan aspek – aspke kejiwaan atau psikologi yang dapat mempengaruhi sifat dan perkembangan peradaban manusia . namun , perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi awal ke -20 dengan perkembangan teknologi komunikasi , pekembangan iptek dalam sebuah generasi terkait degan karakter dan sifat manusia , hal tersebut menjadi cepatnya perkembangan globalisasi yang mengakibatkan mudahnya memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan, mudahnya berkomunikasi , mobilitas tinggi , menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran, bersaing atau mengacu meningkatkan kualitas diri dan sangat mudah memenuhi kebutuhan , era globalisasi tersebut menyebabkan perkembangan sifat manusia dan pemikiran menjadi tantagan yang tidak dapat diabaikan sebab sulit untuk di prediksi, di mana akan mucul – muncul dampak negatif yang dapat menyebabkan turunnya moral, dan dampak – dampak bagi kehidupan . akibat perkembangan zaman yang semakin pesat dalam era globalisasi khususnya dalam bidang teknologi dalam generasi X,Y,Z dan Alpa sebagai generasi terbaru secara umum , perkembangan sebagai perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembaliyang mencakup tiga aspek yaitu fisik,kognitif dan perkembangan kepribadian sosialyang pada dasarya manusia merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang paling sempurna dalan persaingan hidup di muka bumi . setelah keluarnya teori generasi ( Generation Theory ) generasi boomer merupakan generasi kakek- kakek yang belum mengenal teknologi , generasi X yang sering di sebut “ The Baby Bust’’, generasi Y ialah generasi yang multitasking , generasi Z generasi iGeneration dan Generasi Alpha yang merasakn kecanggihan teknologi, maka dalam era globalisasi di dalam perkembangan sifat dan pemikiran manusia akan berdampak pada stiap regenerasi.

Kata kunci : Globalisasi, pekembangan sifat , pemikiran manusia , regenerasi.


Isi
-          Pekembangan sifat dan pemikiran manusia
-          Perkembangan sifat dan pemikiran manusia pada era globalisasi
-          perkembangan sifat dan pemikiran manusia dalam setiap regenerasi
-          globalisasi  dalam perkembangan sifat dan pemikiran manusia  setiap regenerasi

1.      PERKEMBANGAN SIFAT DAN PEMIKIRAN MANUSIA

Manusia salah satu makhluk hidup yang memiliki akal – budi dan kemampuan sanggat kuat sehingga dengan akal-budi dan kemampuan itu manusia mendapatkan seuah pengetahuan , manusia memiliki pancaindra yang mana pancaindra alah kontrak antara jiwa dalam bentuk spiritual kesadaran diri dengan materi lingkugan , karena itu sejak lahir mausia dapat berinteraksi dengan alam, dapat membuat manusia unutk berfikikr dan bernalar yang mana manusia menangkap objek dengan pancaindra dengan didorong rasa ingin tahu. Jadi pancaindra adalah alat komunikasi antara manusia degan alalm yang dapat menciptakan pengetahuan yang membuahkan pengalaman .  yang mana mencari pengetahuan sangat di pengaruhi dengan penegetahuan sebelumnya pada masa anak- anak. Bila pada masa perkembanganya kecerdasannya kurang mendapatkan bimbingan yang baik mak kemampuannya akan terus terbawa sampai tingkat dewasa yanng dapat dikelompokkan perkembangan kecerdasan manusia berdasarkan usia dari bayi hingga dewasa pada masa bayi (0-2 tahun) Dalam psikologi disebut juga sebagi periode sensorimoroik , pada masa ini perkembangan kecerdasaran bayi sangat cepat. Ia mulai belajar makan , berjalan , berbicara dan meningkatkkan diri pada orang lain. Dengan gerakan – gerakan anggota tubuhnya , ia belajar memadukan keterangan – keteranagan melalui semua alat inderanya, massa kanak – kanak (3-5 tahun) disebut sebagai periode praoperesional , dengan kisaran usia 2 – 7 tahun . pada periode ini dorongan keingintahuannya sangat besar. Sehingga banyak yang menyebutkan masa ini sebagai masa bertanya , apabila pada masa ini si anak sudah memiliki keterampilan berbahasa lisan.Namun, pada massa ini pengungkapannya sring menggunakan lambang – lambang , sesperti bermain mobil dengan garasinya mengunakan kota kosong, masa usia sekolah ( 6 – 12 tahun ) yang mana gsebagai masa operasional nyata , engan kisaran usia 7 – 11 tahun . pada periode ini anak sangat aktif ditandai dengan perkembangan fisik motorik yang terbaik . para ahli psikologi menyeutkan juga perkembangan emosonal anak telah mendaptakan kepuasan maksimal sesuai dengan kemampuan induvidu. Lalu masa remaja dan massa dewasa  ( 13 – 20 ) dan 20 tahun keatas , yang mana masa remaja juga di sebut sebagai masa “ periode formal , masa pertengtangan ( koonflik) dan masa dewasa ditandai dengan kemampuan individu untuk berdiri sendiri mereka telah mampu mengendalikan diri merekadengan baik , menempatkan dengan baik yang memiliki rasa tanggungjawab .

2 Perkembangan sifat dan pemikiran manusia pada era globalisasi

Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan.

Globalisasi mendorong kita untuk melakukan identifikasi dan mencari titik-titik simetris sehingga bisa mempertemukan dua hal yang tampaknya paradoksial, yaitu pendidikan Indonesia yang berimplikasi nasional dan global. Dampak globalisasi memaksa banyak negara meninjau kembali wawasan dan pemahaman mereka terhadap konsep bangsa, tidak saja karena faktor .Di era globalisasi ini membawa dampak perubahan perkembanagan sifat dan pemikiran yang besa bagi setia individu , karena kemajuan individu teknnologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Bidang ini mempengaruhi bidang – bidang kehidupan . pada zaman regenerasi globalisasi yang dapat mengubah pola pikir mansia semakin canggih dan serba praktis . era globalisasi sat ini telah diandai dengan berkembangnya teknlogi dan komunikasi .saat manusia merasakan perubahan yang terjadi akibat semakin berkembangnya teknolgi dan komuniasi dari regenerasi X, Y, Z maupun Alpha jadi penikmat teknologi lebih dinikmati generasi Y, Z maupun Alpha yang perubahan itu ada sisi positif dan juga negatif . dampak posif dari globalisasi dalam kehidupan yaitu  Perubahan Tata Nilai dan Sikap , Adanya globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. tingkat Kehidupan yang lebih Baik dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Namun juga terdapat dampak negatif pengaruh globalisasi dalam kehidupan dalam regenerasi yaitu  Pola Hidup Konsumtif ,Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. lalu Sikap Individualistik Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkanorang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. Gaya Hidup Kebarat-baratan Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan , Kesenjangan Sosia apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus globalisasimaka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial. Jadi era globalisasi dengan pola – pola sifat dan pemikira manusia sangatlah mempengarui bagi kehidupan alam semesta yang memunculkan setiap regenerasi.
3.      perkembangan sifat dan pemikiran manusia dalam setiap regenerasi




alam literatur tentang perbedaan generasi digunakan kriteria yang umum dan bisa diterima secara luas diberbagai wilayah, tahun kelahiran dan peristiwa peristiwa yang terjadi secara global (Twenge, 2006) perbedaan generasi, dengan sampel mulai dari tahun 1950an sampai dengan awal tahun 2000 ,menunjukkan perbedaan karakteristik dari 3 kelompok generasi, yaitu generasi baby boomers, generasi X dan generasi  Y (Millennial), salah satunya adalah penelitian dari Lancaster & Stillman (2002), yang memberikan hasil Veteran generation atau sering juga disebut sebagai silent generation adalah generasi yang konservatif dan disiplin (Howe & Strauss, 1991) , Baby boom generation adalah generasi yang materialistis dan berorientasi waktu (Howe & Strauss, 1991) . Generasi X adalah generasi yang lahir pada tahun – tahun awal dari perkembangan teknologi dan informasi seperti penggunaan PC (personalcomputer), video games, tv kabel, dan internet. Ciri–ciri dari generasi ini adalah:mampu beradaptasi, mampu menerimaperubahan dengan baik dan disebutsebagai generasi yang tangguh, memiliki karakter mandiri dan loyal, sangatmengutamakan citra, ketenaran, dan uang, tipe pekerja keras, menghitungkontribusi yang telah diberikan perusahaan terhadap hasil kerjanya(Jurkiewicz,2000).Generasi Y dikenal dengan sebutan generasi millenial atau milenium.Ungkapan generasi Y mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikatpada Agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasiinstan seperti email, SMS,instant messagingdan media sosial seperti facebook dan twitter, dengan kata lain generasi Y adalah generasi yang tumbuh pada era internet booming (Lyons, 2004) . Lebih lanjut (Lyons, 2004) mengungkapkan ciri – ciri dari generasi Y adalah: karakteristik masing - masing individu berbeda, tergantung dimana ia dibesarkan, strata ekonomi, dan sosial keluarganya, pola komunikasinya sangat terbuka dibanding generasi - generasi sebelumnya, pemakai media sosial yang fanatik dan kehidupannya sangat terpengaruh dengan perkembangan teknologi, lebih terbuka dengan pandangan politik dan ekonomi, sehingga mereka terlihat sangat reaktif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi di sekelilingnya, memiliki perhatian yang lebih terhadap kekayaan. Bangkitnya Generasi Z Kemajuan jaman juga menyebabkan komposisi penduduk tiap generasi akan berubah, komposisi kelompok baby boomers mulai menurun, jika terkait dengan usia produktif dan komposisi angkatan kerja maka jumla h kelompok generasi X dan Y yang terbanyak.jadi pengelompokan generasi adalah bentukan pola pikir manusia yang semakin cepat dalam mengikuti arus – arus globlisasi.

4.      globalisasi  dalam perkembangan sifat dan pemikiran manusia  setiap regenerasi
perkembangan sifat dan pemikiran manusia dari zaman - kezaman . semakin dapat berkemang dengan adanya manusia yang memiliki kelebihan dan juga semakinberfikir dengan nalarannya . ia selalu belajar tentang fenomena – fenomena yang terjadi yang mana ia mendapatkan pengetahuan , sejak perkemanbangan zaman modern , saat ini kehidupan manusia di dalam perkembangan pemikiran dan sifat – sifat manusia tak lepas dari pengarus globalisasi yang mana arus globalisasi ini dapar mempengaruhi kehidupan dan pola –pola manusia yang dapat mengolongkan manusia dalam pengolongan generasitentu hal ini memiliki dampak bagi manusia . yang mana dampak itu akan baik ketika manusia dapat memanfaatkan dengan baik dan mengerti , tetapi justru malah sebaliknya ketka manusia tersebut tidak dapat berkembang atau ia tidak dapat mengendalikan ia akan terjrumus dalam pekembangan peradaan manusia saat ini.






Daftar Pustaka
Kasto, M.A. 2007. Sumber Daya Manusia Tantangan Masa Depan. Pustaka Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada.
 Putra Yanuar Surya. 2016. Teori Perbedaan Generasi. Teori Perbedaan Generas. Vol 9. Hal : 124 – 134.
Insya Musa Nurhaidah, M. 2015. Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Data. Vol. 3 : hal 1- 14.

Komentar :
Menurut saya isi dari yang dijelaskan penulis sudah jelas dan runtut akan tetapi penulis sering salah menggunakan huruf kapital atau tidak sesuai, dan terdapat beberapa kata yang salah (typo)
Tgl diberikan 16Maret 2018
Tgl dikembalikan  19 Maret 2018



1 comment: