Pages

Wednesday, March 21, 2018

MOST BEAUTIFULL BIOMA TUNDRA



MOST BEAUTIFULL BIOMA TUNDRA



PENULIS
ACH.ZULFIKAR WIDIYANTO, ALIN KUSUMAWATI, SAMIK
ABSTRAK   
Ekosistem merupakan salah satu ciptaan dari tuhan, dalam ekosistem terdapat berbagai macam makhluk hidup dan bukan makhluk hidup yang saling berinteraksi satu sama lain. Dalam melangsungkan hidupnya organisme selalu melakukan interaks bukan hanya dengan organisme lain dalam komunikasiya, tetapi juga dengan factor-faktor geologis, kimia dan fisika lingkungannya. Interaksi ini terutama dalam aliran energy dan daur materi sehinga membentuk suatu sistemyang disebut ekosistem. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, ekosistem dapat dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Dalam ekosistem bukan hanya terdapat keindahanya namun, juga penting sekali kegunaanya bagi manusia dan makhluk hidup yang lainnya. Oleh karena itu sebagai manusia baik kita harus menjaga keutuhan ekosistem baik yang ada di darat,laut,maupun udara misalnya.
 Maka dari itu sebelum kita menjaga keutuhan ekosistem sebaiknya kita tahu komponen komponen ekosistem itu sendiri. Salah satu komponen yang ada dalam ekosistem yaitu bioma tundra. Bioma Tundra adalah suatu area bioma di mana pertumbuhan pohon terhambat dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar karena itu disebut daerah tanpa pohon. Terdapat di wilayah bumi sebelah utara dan terdapat dipuncak gunung yang tinggi. Iklim kutub dengan musim dingin yang panjang serta gelap dan musim panas yang panjang dan terang terus menerus serta memiliki curah hujan yang rendah. Pada area ini, mayoritas tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut atau vegetasi perintis, rerumputan, tumbuhan biji semusim, dan tumbuhan kayu yang pendek. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya sekitar 4 bulan.
1.      Bagaimana terbentuknya bioma tundra ?
2.      Bagaimana Ciri-ciri bioma tundra ?
3.      Apa saja Jenis flora dan fauna dalam bioma tundra ?


ISI
1.     Proses Terbentuknya Bioma Tundra
Terbentuknya Bioma tundra adalah karena lingkungan alam yang gelap dalam jangka waktu yang lama yang disebabkan oleh tidak terjangkaunya sinar matahari untuk menyinari daerah ini. Sehingga pada daerah ini hanya terdapat beberapa pohon kerdil, bahkan kebanyakan hanya terdapat lumut, terutama sphagnum dan lumut kerak (lichens).

2.                 Ciri Bioma Tundra
Ciri-ciri yang terdapat pada Bioma Tundra antara lain :
1.      Hampir semua wilayahnya tertutup oleh salju/es mudahnya gurun es.
2.      Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS.
3.      Permafrost, yaitu dimana tanah dibawah permukaan beku secara permanen.
4.      Kecepatan angin yang tinggi dan suhu yang dingin menciptakan komunitas tumbuhan yang sama, yang disebut tundra alpine.
5.      Sangat sedikit curah hujan tahunan, air tidak dapat menembus permafrost di bawahnya dan akan menumpuk di dalam kolam di atas bunga tanah yang dangkal selama musim panas yang pendek.
6.      Bioma Tundra menutupi luas yang sangat besar di Arktik, yang mencapai 20% permukaan tanah di bumi.
7.      Keanekaragaman biotik rendah, struktur vegetasi yang sederhana, dan Usia tumbuh tanaman yang sangat pendek, hanya berkisar 30-120 hari (1-4 bulan).
8.      Musim tanam berkisar 50 sampai 60 hari, dengan suhu rata – rata 3º – 120C yang memungkinkan vegetasi pada bioma tundra dapat bertahan hidup.
9.      Curah hujan tahunan, termasuk saat salju mencair adalah 15 – 25 cm.
10.  Energi dan nutrisi dalam bentuk bahan organic yang telah mati.
11.  Nitrogen diciptakan oleh fiksasi biologis dan fosfor yang dibuat oleh curah hujan.
12.  Tanaman dapat melakukan fotosintesis pada temperatur dan intensitas cahaya yang rendah.

3.                 Jenis Flora dan Fauna pada Bioma Tundra
Flora atau Vegetasi



Jenis – jenis Flora atau Vegetasi yang terdapat pada Bioma Tundra antara lain :
·         Pada daerah yang berawa jenis vegetasi yang ada misalnya rumput teki, rumput kapas dan gundukan gambut (Hillock Tundra )
·         Di cekungan yang basah seperti di Greenland terdapat semak salik dan bentula.
·         Di tempat yang agak kering ditumbuhi lumut, teki-tekian, Ericeceae, dan beberapa tumbuhan yang berdaun agak lebar.
·         Di lereng-lereng batu terdapat kerak, lumut dan alga.
Faktor yang menyebabkan pada bioma tundra tidak terdapat pohon adalah karena pada daerah ini musim panas pendek menghasilkan suatu musim tanam pendek, yang membuatnya sulit untuk pohon untuk tumbuh lebih besar, Angin yang terdapat pada daerah tundra cukup kuat sehingga membuat pohon-pohon besar susah untuk bertahan hidup karena kerusakan fungsi lingkungan hidup yang disebabkan oleh angin. Selain itu, lapisan es membuat akar  tanaman susah untuk menembus tanah. Suhu dingin dari lapisan es abadi pun membuat proses dekomposisi terjadi sangat lambat sehingga membatasi jumlah nutrisi yang diperlukan oleh tanaman/ tumbuhan. Meskipun hanya terdapat beberapa pohon pada daerah tundra tetapi terdapat berbagai vegetasi kecil yang tumbuh di lingkungan ini.
Jenis Fauna








Hewan-hewan yang hidup di bioma tundra, antara lain rusa, kelinci salju, hewan – hewan pengerat, caribou, muskox, rubah, burung elang, beruang kutub, burung hantu, penguin, paus beluga dan paus narwhal.
Selain hewan yang menghuni tundra sepanjang tahun, ada banyak spesies yang mengunjungi tundra selama migrasi mereka. Pada musim semi, banyak spesies burung yang melakukan perjalanan dari seluruh tundra di Amerika. Beberapa burung terbang jauh dari perairan Antartika ke tundra untuk mendapatkan makanan. Kelimpahan makanan di tundra selama musim panas membuatnya menjadi tempat yang bagus bagi burung untuk bermigrasi karena ada makanan yang cukup untuk memasok mereka dengan energi untuk membuat sarang, membesarkan anak dan pada akhir musim panas, perjalanan kembali ke lingkungan mereka lebih hangat.
KESIMPULAN
    Apabila melihat pengertian diatas dan penejelasan mengenai ekosistem yang didalamnya lebih menekankan tentang penjelasan bioma tundra yang telah dijabarkan maka dapat diambil kesimpulan ekosistem merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus tetap dijaga kita bersama sebagai makhluk hidup demi kelangsungan makhluk yang berinteraksi di dalamnya agar tidak terjadi kerusakan.



DAFTAR PUSTAKA

reviewer        : Alin Kusumawati

  1. Isi dari artikel sudak sikron dan bagus tetapi tata penulisan belum rapi
  2. Sebaiknya menggunakan rata kanan dan rata kiri agar terlihat indah dan mudah di baca
  3. Penulisan judul dan nama tidak perlu menggunakan huruf kapital semua
  4. Penulisan referensi seharusnya ditulis sesuai format penulisan yang sudah diberikan
  5. Abstrak sudah bagus, tetapi seperti kesimpulan
  6. kesimpulan belum dapat mencakup semua

0 comments:

Post a Comment