Pages

Friday, March 23, 2018

The Red Planet




The Red Planet

Rohmawati Kodjah, Izzatul Maula Shalehah, Samik S.Si., M.Si.

Abstrak

          Planet merupakan benda langit yang berbentuk bulatan dan beredar mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya.Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri namun dapat memantulkan cahaya.Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu planetai , yang berarti pengembara.Hal ini disebabkan kadudukan planet terhadap bintang tidak tetap.Sebagian besar planet memiliki pengiring atau pengikut yang disebut satelit yang beredar mengelilingi planet. Planet dalam tata surya dibagi menjadi 2 kelompok , Kelompok pertama  merupakan kelompok planet jovian yang tidak memiliki sifat kebumian yang terdiri atas kumpulan gas-gas ukuran besar tanpa permukaan padat yang bisa di pijak.Planet dalam kategori ini adalah jupiter , saturnus , uranus , dan nepturnus. kelompok pertama merupakan kelompok planet yang memiliki sifat kebumian baik ukuran , massa , massa jenis , maupun komposisi kimianya yang memiliki permukaan padat  yang dimiliki oleh jenis planet terestrial yang terdiri atas merkurius , venus , bumi dan mars.
            Mars merupakan planet terdekat keempat dengan matahari dan merupakan dan merupakan salah satu dari lima planet yang dilihat dengan mata telanjang.Namanya diambil dari nama Dewa Perang Romawi.Mars berukuran lebih kecil dari bumi dan venus serta memiliki atmosfer tipis yang kandungan utamanya adalah karbon dioksida.Permukaan mars dipenuhi gunung api raksasa menunjukkan aktivitas geologis yang terus terjadi.Mars berwarna kemerah-merahan yang berasal dari warna karat tanahnya yang kaya besi serta memiliki dua satelit alami kecil yang diduga merupakan asteroid yang terjebak gravitasi Mars.
Kata kunci : Planet, Planet Mars

ISI

            Planet merah adalah sebutan untuk planet Mars karena memang terlihat bercahaya merah dari bumi.Warna merah tersebut disebabkan oleh karena permukaan planet Mars diselimuti debu merah karat hal ini karena tanah Mars kaya akan besi..Dibandingkan dengan bumi ukuran mars hanya separuh dari ukuran bumi.Tetapi mars memiliki dua satelit yaitu phobos dengan jari-jari orbit 9.370 km dan deimos atau satelit luar dengan jari-jari orbit 23.500 km satelit ini berukuran kecil. Kedua satelit ini dianggap sebagai asteroid yang terjebak oleh gravitasi Mars.



Gambar 1.1 Planet Mars
Sumber : pics-about-space.com

            Mars merupakan planet terdekat keempat dari matahari , namanya diambil dari dewa yunani kuno untuk perang,Dalam mitologi yunani mars identik dengan dewa perang yaitu aries putra dari Zeus dan Hera.Planet Mars memiliki garis tengah sekitar 6,780 km.Mars juga memiliki lapisan atmosfer yang tipis dan mempunyai sebuah gunung olympus yang tingginya dua kali tinggi gunung everest  (Suud 2010 : 59).
            Lingkungan mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan planet venus.Namun begitu keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia.Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah yakni pada siang hari maksimal -13 derajat celcius dan pada malam hari -80 derajat celcius  , ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida , menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan jika inggin tinggal di sana.
            Di planet mars , terdapat sebuah vitur unik di daerah Cydonia Mensae.Fitur ini merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sebagai sebuah wajah manusia.Banyak yang menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah di mars , walaupun di masa kini , telah terbukti bahwa fitur tersebut hanyalah sebuah kenampakan alam biasa.
            Semula orang mengira ada kehidupan di planet mars.Untuk membuktikan dugaan ini Amerika Serikat meluncurkan dua pesawat viking yang kemudian mendarat di mars pada tahun 1976.Pesawat ini membawa contoh tanah dari mars,tetapi sayangnya dari hasil penelitian atas contoh tanah tersebut tidak ditemukannya cukup bukti yang mendukung adanya kehidupan di mars , lama rotasi mars adalah 24,62 jam atau  25 jam (bandingkan dengan bumi yang 24) jam dan masa orbitnya adalah 687 hari (Sukma 2015 : 45).
            Mars memiliki lapisan inti yang jari-jarinya diperkirakan sebesar 1.480 km. Mars memiliki unsur penyusun yang terdiri dari besidan sulfur. Lapisan diatas inti mars adalah lapisan mantel atau selimut Mars. Biasanya disebut dengan mantel silikat yang membentuk objek tektonik dan vulkanik pada planet Mars. Namun saat ini lapisan mantel ini sudah dalam kondisi tidak aktif lagi.  Kemudian lapisan diatas lapisan selimut adalah lapisan kerak Mars. Lapisan ini memiliki ketebalan rata-rata sekitar 50 km dan ketebalan maksimumnya 125 km.
            Tanah di Mars terdiri dari beberapa unsur penyusun. Unsur penyusun tanah di Mars seperti magnesium, sodium, potasium, dan klorida. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tanah mars memiliki pH yang berbeda dengan pH tanah di Bumi. pH tanah di Mars adalah 8,3 dan mengandung garam perklorat.
            Jika dilihat kondisi hidrologinya maka permukaan tidaklah dapat mempertahan air. Air tersebut tidak dapat bertahan lama di permukaan Mars karena tekanan atmosfernya yang rendah. Mars memiliki magnetosfer, akan tetapi Mars telah kehilangan Magnetosfernya sekitar empat miliar tahun yang lalu. Hal ini menyebabkan angina surya langsung mengenai lapisan ionosfer. Sebagai akibatnya terjadilan penurunan kepadatan atmosfer yang ditandai dengan mengelupasnya atom-atom dari lapisan luar. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya tekanan di Mars.
            Mars mengorbit matahari dengan periode 687 hari dengan jarak rata-rata 227.000.000 km. Orbit planet Mars ini berbantuk agak lonjong. Eksentrisnya 0,093. Dalam mengorbit Matahari, planet Mars berotasi pada sumbunya dengan periode 24 jam 36 menit 23 detik. Sumbu rotasinya tegak lurus terhadap bidang orbitnya, namun membentuk sudut 25  terhadap gari yang tegak lurus bidang ini. Sumbu kemiringan rotasi mengakibatkan terjadinya perubahan musim seperti yang terjadi dibumi.

            Mars merupakan planet superior yang memiliki periode Sideris 687 hari dan periode sinodis 780 hari. Hal ini lah yang menyebabkan Mars mengalami oposisi dan sangat mudah diamati setiap 26 bulan sekali. Saat Mars berada pada posisi paling dekat bumi, resolusi terbaik yang bisa diperoleh 25 detik bujur atau setara dengan 100 km jarak linier. Jika Mars berada dalam posisi ini, maka dapat diamati adanya tudung kutub yang cukup terang dan adanya perubahan dipermukaan yang menunjukkan adanya atmosfer yang cukup dinamis. Saat seperti ini berlangsung dua kali setiap 32 tahun, bergantian setiap 15 dan 17 tahun, dan selalu antara akhir Juli dan akhir September.

            Untuk dapat melihat perbandingan hubungan antara jarak rata-rata planet mars dengan planet yang lainnya ke matahari dan periode revolusinya dapat dilihat pada tabel 1.2 di bawah ini :


TABEL 1.2
Jarak rata-rata planet ke matahari dan periode revolusinya.


Planet
Jarak Planet-Matahari (SA)
Periode Revolusi Planet
Merkurius
0,39
88,0 hari
Venus
0,72
225,0 hari
Bumi
1,00
365,3 hari
Mars
1,52
687,0 hari
Jupiter
5,20
11,9 tahun
Saturnus
9,54
29,5 tahun
Uranus
19,19
84,0 tahun
Nepturnus
30,07
164,0 tahun
Pluto
39,52
248,0 tahun
  
Kesimpulan 
            Planet mars merupakan planet terdekat ke empat dari matahari yang sering di juluki sebagai “planet merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-merahan yang di sebabkan oleh keberadaan besi (III) oksida (FE3O2) di permukaan planet mars.Mars juga merupakan planet bebatuan dengan atsmotsfer yang tipis di mana di permukaan mars terdapat kawah , gunung berapi , lembah , gurun dan tudung es.Periode rotasi dan siklus musim mars mirip dengan bumi.Dalam planet mars juga terdapat valles marineris yang merupakan lembah terbesar di tata surya  dan di belahan utara terdapat cekungan borealis yang meliputi 40% permukaan mars.
            Dengan begitu dapat kita ketahui serta pelajari baik itu karakteristik , gambaran bentuk , cara beredar , berotasi , berevolusi , luas , diameter , satelit-satelit di kelilingnya dan perbedaan jarak rata-rata planet mars dengan planet yang lain dalam berevolusi yang merupakan bagian dari sistem tata surya.Hal ini menunjukkan sungguh luar biasa ciptakan tuhan menciptakan semesta ini dengan penuh keberagaman dan keindahan.


Referensi 
Melati Sagita,Sri.2014.Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknlogi Augmented Reality.Jurnal Pendidikan.hal 224-235.
Ihzandy, Edo.2015.Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Tata Surya Berbasis Flash.Jurnal Teknologi Pendidikan.vol 12.
Tjasyono, Bayong.2009.Ilmu Kebumian Dan Antariksa.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya Offset.
Indarwati.2012.Ilmu Kealaman Dasar.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Perdana,Sukma.2015.Kosmografi  (Dinamika Jagad Raya Dan Planet Bumi).Surabaya : Unesa University Press.
Consolmagno,Guy.1989.Turn Left At Orion A Hundred Night Sky Objects To See In A Small Telescope And How To Find Them.America : Cambridge University Press,New York.
Walker,Ormiston.1995.Astronomical 44 activities, experiments , and projects.America : J.weston walch.


Reviewer : Izzatul Maula Shalehah
Tanggal diberikan : 14 Maret 2018
Tanggal dikembalikan : 14 Maret 2018
Saran : Abstrak terlalu umum tidak menggambarkan isi materi , seharusnya pada paragraf akhir abstrak membahas planet mars secara umum yang terdapat pada bagian isi.

0 comments:

Post a Comment