Pages

Monday, March 26, 2018

EKOSISTEM LAUT DAN PERMASLAHANNYA


EKOSISTEM LAUT DAN PERMASLAHANNYA
Oleh: Dienda Nur Sahnyoto, Farida Yuliana, Samik
Abstrak
Pentingnya laut bagi sistem pendukung kelangsungan hidup memerlukan pemahaman ekologi yang baik. Lautan memainkan peranan penting dalam pemeliharaan biosfer. Namun akhir-akhir ini ekosistem laut terancam dengan adanya kerusakan-kerusakan yang terjadi di laut. Ini dikarenakan ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya yang dilakukan seperti pembuangan limbah dari pabrik secara langsung tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu, memancing menggunakan pukat harimau atau peledak yang mengakibatkan kerusakan di dalam laut. Apabila ekosistem laut tidak stabil atau rusak maka akan berdampak juga terhadap lingkungan dan ekosistem lain yang berada di sekitar ekosistem laut tersebut.
Kata kunci: Ekosistem laut, Ekologi, Perlindungan Lingkungan Laut
Isi
Kita perlu memiliki pemahaman yang baik tentang ekosistem laut, karena pemeliharaan struktur dan fungsi sistem kelautan merupakan bagian integral dari manajemen penangkapan ikan dan konsekuensinya bagi produk dari laut. Di atas segalanya, pentingnya laut bagi sistem pendukung kelangsungan hidup memerlukan pemahaman ekologi yang baik.
Namun akhir-akhir ini ekosistem laut sedang tidak stabil karena ulah tangan manusia. Ini menyebabkan ekosistem laut yang terdiri dari komponen abiotik dan komponen biotik tidak seimbang. Komponen abiotik yang menunjukkan benda mati yang berada di ekosistem laut pastinya yaitu air, udara, suhu, matahari dan sebagainya. Sedangkan komponen biotik yang menunjukkan benda hidup yang berada di ekosistem laut yaitu, ikan, terumbu karang, manusia. Apabila salah satu komponen dari ekosistem laut bermasalah maka komponen-komponen yang lain akan ikut terganggu.
Sumber Pencemaran
Banyak sekali ulah tangan manusia yang merusak ekosistem laut seperti :
1.       Membuang limbah langsung ke laut tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu
Ini sering dilakukan oleh pabrik-pabrik yang tidak bertanggung jawab, mereka tidak memikirkan efek atau akibat yang mereka lakukan dengan cara membuang limbah secara langsung ke laut. Secara tidak langsung air laut akan tercemar, dan air laut yang tercemar tersebut yang notabennya  sebagai komponen abiotik pada ekosistem laut akan mengakibatkan rusaknya ekosistem laut. Air laut yang tercemar akan berimbas buruk pada makhluk hidup yang ada di laut yaitu seperti ikan, terumbu karang yang menjadi komponen biotik pada ekosistem laut. Habitat ikan akan berkurang secara perlahan lahan karena keracunan air laut yang sudah tercemar tersebut. Dan terumbu-terumbu karang pun ikut mati karena hal yang sama yaitu tempat tinggalnya telah tercemar oleh limbah-limbah pabrik. Dan apabila komponen biotik dan abiotik sudah tidak berjalan seperti biasanya, maka ekosistem laut pun terganggu.















Gambar 1.1 Pembuangan limbah ke laut                              
















Gambar 1.2 Akibat air laut tercemar
2.       
2.        2.  Penangkapan ikan menggunakan pukat harimau atau peledak

Bayak sekali nelayan yang ingin memperoleh ikan banyak secara mudah atau instan tanpa harus memancing satu persatu. Mereka menggunakan cara yang cukup berbahaya bagi ekosistem laut, yaitu menggunakan pukat harimau atau bahan peledak . Memang ikan yang mereka dapat akan cukup banyak dengan menggunakan cara itu namun tanpa mereka sadari perbuatan mereka tersebut juga merusak kehidupan lain yang berada di dalam laut, seperti rusaknya terumbu karang, ikan ikan-ikan kecil mati dan lain sebagainya. Ini yang menyebabkan ekosistem laut terganggu cukup parah, komponen-komponen biotik dan abiotik di dalam laut akan mati dan tercemar sehingga ekosistem laut tidak berjalan dengan  baik.


 















Gambar 1.3 penggunaan peledak di laut  
       








             






Gambar 1.4 akibat penggunaan peledak dilaut

Ancaman lain misalnya, perubahan masuknya air tawar lewat pengembangan lembah sungai mengubah pola salinitas dan kondisi lingkungan lainnya di banyak wilayah pantai terkadang dengan konsekuensi ekologi yang besar. Di samping perubahan konvensional wilayah pantai yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, pembangunan diarahkan ke wilayah laut yang sekarang dianggap jauh dan tidak terjangkau sampai beberapa tahun yang lalu, pembangunan minyak dan gas di Laut Utara dianggap merupakan contoh yang paling menonjol proyek rekayasa lautan di bawah kondisi lingkungan yang ekstrim . 
Perlindungan Ekosistem Laut
Untuk menjaga ekosistem laut tetap terjaga dengan baik kita perlu memiliki pemahaman tentang ekologi dengan baik, pemahaman tentang ekosistem yang baik dan kita juga harus tahu cara melestarikan lingkungan laut dengan baik dan aman tanpa merubah ekosistem laut. Dan yang paling terpenting adalah tentang kesadaran manusia itu sendiri untuk menjaga lingkungan laut agar tetap terjaga dengan baik. Karena apabila manusia sendiri tidak menjaganya dengan baik maka alam atau lingkungan laut akan memberikan dampak buruk bagi manusia itu sendiri, seperti manusia akan kehilangan mata pencahariannya dari laut, laut menjadi tidak terkondisikan, laut tidak dapat bermanfaat seperti biasanya dan yang tentunya terjadi yaitu terganggunya ekosistem laut dalam jangka waktu yang cukup panjang dan berakibat buruk pula pada ekosistem  lain.
Kesimpulan
Kondisi komponen abiotik sangat bergantung pada komponen biotik, terutama kegiatan manusia. Oleh karena itu sebaiknya manusia mulai menyadari bahaya tidak melestarikan lingkungan hidup sehingga kondisi homeostasis dalam ekosistem ini tidak terganggu. Dan yang harus kita ingat yaitu bahwa makhluk hidup selalu berkaitan atau berhubungan dengan lingkungan atau alam.
Daftar isi:
Zoer aini Djamal Irwan.3007.Prinsip-prinsip Ekologi,Ekosistem,Lingkungan, dan Pelestariaanya.Jakarta:Bumi Aksara
Otto Soemarwoto.2004.Ekologi,Lingkungan Hidup dan Pembangunan.Jakarta:Imagraph
Nasrudin,Harun,dkk.2012.Sains Dasar.Surabaya:UNESA UNIVERSITY PRESS.


Revision
1.      Jelasin lebih detail lagi apa itu ekologi biar pembacanya paham.
2.      Kesimpulannya lebih terang lagi / lebih banyak lagi dan kalau bisa lebih nyakup bacaan mu diatas. Contoh “ banyak cara cara diatas adalah cara yang tidak baik yang dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan karena cara tersebut dapat…….”
REVIEWER       : Farida Yuliana
DOSEN             : Samik

0 comments:

Post a Comment