Pages

Monday, March 26, 2018

Energi Disekitar Kita


Energi Disekitar Kita
Penulis : Muhammad Rizaldi Susanto, Fendik Dwi Irawan, Samik, S.Si., M.Si


Abstraksi
Setiap makhluk hidup membutuhkan energi dalam kehidupannya, energi dibutuhkan terutama sebagai tenaga dalam melakukan kegiatan.
Alasan dari bacaan ini adalah untuk mengenal lebih luas tentang Energi yang ada disekitar kita agar dapat menambah wawasan kita tentang macam macam energy lebih merinci. Dengan tujuan menjelaskan tentang macam macam energy dan member pengetahuan kepada masyarakat mengenai energy disekitar kita.


Energi
Energi merupakan suatu ukuran dari kemampuan atau aktivitas benda untuk melakukan suatu usaha. Energi berasal dari bahasa Yunani “Energia” yang memiliki arti kemampuan untuk melakukan usaha. Energy juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang digunakan oleh makhluk hidup atau organism untuk menggerakan dan merubah materi dari suatu bentuk ke bentuk yang lain dan energy tidak dapat di ciptakan dan dimusnahkan. Energi bisa diartikan juga sebagai property fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental.
Partikel partikel penyusun suatu materi merupakan kesatuan ruang dan cikal bakal keberadaan energy. Jumlah dan susunan partikel yang membentuk suatu materi akan berpengaruh pada jumlah energy yang dikandung. Partikel partikel ini lah yang dapat diubah bentuknya menjadi formula lain dalam susunan yang berbeda dari semula sehingga energy yang dikandung akan berubah.
Manusia membutuhkan energy untuk bergerak dan melakukan aktivitas. Sehingga tidak heran bila beberapa iklan suplemen penambah energi sangat marak diberbagai media massa karena energi merupakan kebutuhan utama manusia. Dengan memilki energi manusia bisa melakukan berbagai aktivitas.




Jenis Jenis Bentuk Energi
1.   Energi Potensial : merupakan energi yang dimiliki suatu benda akibat adanya pengaruh tempat atau kedudukan dari benda tersebut. Energi potensial disebut juga dengan energi diam karena benda yang dalam keadaan diam dapat memiliki energi. Energi potensial dapat memiliki beberapa bentuk diantaranya energi potensial gravitasi dan energi potensial pegas.


2.   Energi Listrik : merupakan energy yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik, muatan listrik yang diam (statis) menimbulkan energi potensial listrik, sedangkan muatan listrik yang bergerak (dinamis) menimbulkan arus listik dan energi magnet.


3.   Energi Mekanik : merupakan  penjumlahan dari energi potensial dan kinetik dari tubuh, yang dipengaruhi oleh kekuatan eksternal. Jika tubuh tidak terpengaruh oleh kekuatan eksternal, maka energi mekanik ‘EM’ tetap konstan, yaitu, benda terisolasi dari setiapgaya eksternal.


4.   Energi Elektromagnetik : merupakan bentuk gelombang elektromagnetik yang bervariasi dalam frekuensi dan amplitudo. Kedua komponen listrik dan magnetik tegak lurus satu sama lain, dan juga untuk arah energi.


5.   Energi Elektrokimia : merupakan Generator listrik dengan bantuan reaksi kimia melibatkan energi elektrokimia. Contoh menakjubkan adalah bahwa dari sel bahan bakar, dimana listrik dapat dihasilkan karena reaksi dipicu dalam perangkat yang berisi campuran komponen yang berbeda.

6.   Energi Cahaya : merupakan energi yang disebarkan oleh gelombang elektromagnetik melalui ruang; misalnya, cahaya yang diterima dari Matahari adalah contoh dari energi radiasi. Spektrum radiasi elektromagnetik sangat luas-dari gelombang radio sampai sinar gamma dengan frekuensi tinggi. Energi yang berasal dari sumber ini berbanding lurus dengan frekuensi gelombang.


7.   Energi Gravitasi : merupakan kekuatan tarik yang ada antara dua benda yang memiliki nilai massa yang besar yang disebut gaya gravitasi, d
an fenomena ini dikendalikan oleh entitas yang disebut energi gravitasi. Menurut hukum gravitasi Newton, dua benda yang memiliki massa akan mengerahkan kekuatan satu sama lain yang akan cenderung menarik keduanya. Gaya ini berbanding lurus dengan hasil kali dari massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara mereka.


8.   Energi Nuklir : merupakan  jenis energi potensial, dan hal ini terutama berasal dari proses yang melibatkan fisi nuklir dan fusi nuklir. Atom unsur radioaktif dibagi atau dipisahkan, lebih lanjut menimbulkan unsurbaru, dan melepaskan sejumlah besar energi. Prinsip ini digunakan dalam kasus reaktor nuklir dan aplikasi yang terkait teknologi lainnya. Pada tipe kedua, dua atom unsur menggabungkan dengan satu sama lain dan menyatu.

Daftar Pustaka :
·         TIM FMIPA – UNESA. 2012. Saints Dasar. Surabsya. UNESA
·         Rahayu, Srikandi. 2017. Pengertian Energi Serta Jenisnya. http://seputarpengertian.blogspot.co.id
·         Wikipedia. 2011. Energi. https://id.wikipedia.org/wiki/Energi
·         Sudjoko. 2008. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta. Universitas Terbuka






0 comments:

Post a Comment