Pages

Sunday, March 25, 2018

Udara yang tersakiti




Udara yang tersakiti

Nama Penulisan            : Rizki Sukmana Pratama
Reviewer             : Aisyah Nurfitriana, Samik, S. Si.,M.Si.

A.                Abstrak
Alasan dari bacaan ini adalah untuk “mengenal lebih luas dampak pencemaran udara”  agar dapat menambah wawasan serta dampak untuk kesehatan, tentunya dalam keseharian kita sering menjumpai efek rumah kaca di sekitar kita.
Tujuan yang saya buat dalam bacaan ini :
1.    Menjelaskan dampak pencemaran udara terhadap gas ozon
2.    Memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai polusi udara
Hasil dari bacaan ini adalah banyak dari kalangan masyarakat yang mulai untuk menjaga lingkungan terutama pada kesehatan udara.
Kesimpulan dari bacaan sederhana ini penyebab utama  utama pencemaran udara antara lain adalah efek rumah kaca yang juga mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan, seperti karbondioksida, zat belerang, nitrogen dll.

B.                Isi
Lapisan udara yang melapisi bumi (atmosfer) ini  mempunyai 4 lapisan utama yaitu  troposfer, stratosfer, mesosfer dan termosfer. Udara yang bersih bergerak di atas permukaan  bumi, udara tersebut akan membawa sejumlah bahan kimia yang dihasilkan oleh proses alamiah dan aktivitas manusia. Apabila bahan pencemar masuk ke dalam lapisan troposfer, bahan pencemar tersebut akan tercampur dengan udara lalu bereaksi secara kimia dengan bahan lainnya dalam atmosfer. Dalam lapisan kedua dari atmosfer (stratosfer) yang dalam lapisan  ini ditemukan sejumlah kecil zat ozon (O³) yang dapat menyaring 99% sinar berbahaya dari matahari yaitu radiasi ultraviolet. Lapisan ini juga berfungsi intensitas sinar matahari merusak bumi dan isinya, antara lain mencegah kerusakan tanaman dan hewan air serta  mencegah kanker kulit, kanker mata dan katarak. Perlu diketahui ozon (O³) sangat diperlukan dalam jumlah besar di stratosfer dan lebih sedikit dalam lapisan troposfer.
Berikut adalah bahan pencemar sebagai akibat aktivitas manusia yang banyak terdapat dalam lapisan troposfer :
1.    Karbonmonoksida (CO) dan Karbondioksida (CO²)
  Sumber pencemaran gas (CO dan C0²) terutama berasal dari bahan bakar  fosil pada mesin-mesin penggerak transportasi atau hasil pembakaran tidak sempurna.

2.    Nitrogen Oksida atau (NOx)
Pencemaran gas di udara terutama berasal dari gas buangan hasil pembakaran yang keluar dari mesin industri, generator pembangkit listrik atau bahan bakar gas alam.



3.    Blerang oksida atau (SOx)
Gas belerang terdiri  atas gas SO² dan gas SO³ yang keduanya mempunyai sifat berbeda. Gas SO² berabu tajam dan tidak mudah terbakar, sedangkan SO³ bersifat sangat reaktif, mudah bereaksi dengan benda-benda lain yang mengakibatkan kerusakan, seperti proses pengkaratan (korosi)
4.    Partikel
Partikel adalah bahan polutan udara berbentuk padatan yang meliputi berbagai macam bentuk seperti kabut,asap,debu dan aerosol. Pencemaran partikel ini sering terjadi di daerah industry.








5.    Efek rumah kaca
Efek rumah kaca terjadi karena adanya gas CO² dalam atmosfer yang menyerap sinar panas, yaitu sinar inframera, yang dipancarkan oleh bumi. Dengan penyerapan itu sinar panas terperangkap sehingga naiklah suhu permukaan bumi yang berujuk pada mencairnya es di kutub lalu berakibatnya banyak pantai yang tenggelam.


PENYAKIT YANG DITIMBULKAN AKIBAT PENCEMARAN UDARA
·         Bronkitis
Bronchitis adalah suatu penyakit yang menyerang sistem pernafasan manusia yang ditandai gejala-gejala seperti, batuk yang berkepanjangan serta dahak yang keluar terus menerus.
 
·         Asma
Asma adalah penyakit yang jika sedang kambuh akan membuat batang tenggorokan menyempit yang pada akhirnya terjadi sesak nafas.

·         Polip
Polip merupakan penyakit yang merusak sel paru-paru yang mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan oksigen.







·         Kanker paru-paru
kanker paru-paru juga merupakan penyakit alat pernafasan. Hal yang umum diketahui bahwa asbes merupakan penyebab utama kanker paru-paru.

C.   Kesimpulan
Kesimpulan dari bacaan sederhana ini penyebab utama  utama pencemaran udara antara lain adalah efek rumah kaca yang juga mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan, seperti karbondioksida, zat belerang, nitrogen dll.

D.   Daftar pustaka
Tim FMIPA UNESA. 2012. Sains Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Fuad Amsyari. 1981. Prinsip-prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan. Surabaya: Ghalia Indonesia
Zen, M.T. 1985. Menuju Kelestarian Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Gramedia
Hamdan, Ali. 2012. Pencemaran Udara. https://alihamdan.id/pencemaran-udara/. 18 Maret 2018

0 comments:

Post a Comment