Pages

Sunday, March 25, 2018

Menurunya populasi hewan endemik asli indonesia


Menurunya populasi hewan endemik asli indonesia

Penulis : Angga Firdaus A
Reviewer : - Eka Putri
                   - Samik

Abstrak
Satwa endemik asli Indonesia semakin lama semakin punah mungkin disebabkan karena sikap kita yang selalu egois, ingin mendapatkan untung sendiri tanpa memikirkan apapun yang ada disekitar kita. Untuk itu kita harus memikirkan bagaimana tentang satwa kita yang telah punah, bagaimana kita menjaganya. Kita harus memelihara satwa-satwa yang masih ada dengan baik dan memperlakukan satwa-satwa yang ada disekitar kita dengan baik serta dengan penuh kasih sayang. Semakin hari semakin banyak daftar satwa yang terancam punah. Akibat global warming dan perusakan habitat satwa yang disebabkan oleh manusia adalah penyebab semakin banyaknya satwa yang sulit bertahan hidup. Lemahnya penegakan hukum dalam perlindungan satwa juga menyebabkan perburuan dan perdagangan satwa yang bersifat illegal, terutama satwa dilindungi juga semakin marak di Indonesia. Satwa yang merupakan suatu komponen penting dalam keseimbangan ekosistem bumi pun semakin sedikit keberadaannya karena digunakan sebagai peliharaan  hanya sekedar sebagai kepuasan dan hobi saja. Setiap makhluk hidup pasti akan mati, hewan dan tumbuhan. Kematian suatu jenis makhluk hidup secara terus menerus yang tidak diimbangi dengan regenarasi generasi penerus adalah merupakan kepunahan. Punah berarti tidak akan ada lagi makhluk hidup itu selama-lamanya di muka bumi ini. Sebelum satwa-satwa punah, kita harus antusias menyelamatkannya, menjaganya dan memberi kasih sayang (perhatian).
Kata Kunci : Global Warming, Kepunahan, Lemahnya Hukum.

B. ISI

Indonesia merupakan salah satu Negara yang telah di anugerahi oleh Tuhan Yang Maha Esa atas kekayaan yang berupa Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah baik di darat, di perairan maupun di udara yang merupakan modal dasar pembangunan di Indonesia khususnya dalam segala hal bidang. Modal dasar Sumber Daya Alam  tersebut harus di lindungi, di pelihara, di lestarikan dan di manfaatkan secara optimal. Agar selalu terjaga dengan baik dan tidak akan punah satwaSatwa merupakan salah satu kekayaan kita yang perlu di jaga dan di pelihara dengan baik agar tidak punah dari bumi ini. Upaya kita dalam menyelamatkan satwa sebenarnya merupakan suatu tanggung jawab pemerintah atas kepeduliannya untuk melakukan suatu tindakan yang positif dalam menyelamatkan satwa. Setidaknya membuat program penyelamatan dan perlindungan satwa. Pemerintah juga berkewajiban untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang arti pentingnya penyelamatan kepada satwa-satwa.
Perusakan Habitat
Adanya manusia terkadang menjadi malapetaka bagi keseimbangan makhluk hidup di suatu tempat. Manusia kadang untuk mendapatkan sesuatu yang berharga rela membunuh tanpa memikirkan regenerasi hewan atau tumbuhan tersebut. Seperti halnya Beo Nias, elang jawa, Jalak Bali diambil dan diperjual belikan untuk dijadikan binatang peliharaan Banyak hewan yang butuh waktu lama untuk masuk ke tahap berkembang biak, biasa memiliki satu anak perkelahiran, butuh waktu lama untuk merawat anak, sulit untuk kawin, anaknya sulit untuk bertahan hidup hingga dewasa, dan sebagainya. Hal tersebut menyulitkan spesies yang memiliki daya regenerasi / memiliki keturunan rendah untuk memperbanyak dirinya secara signifikan.
  
Konservasi Satwa Langka
Ada banyak hewan endemik indonesia yang keberadaannya hampir punah. Hal ini diakibatkan oleh pemburu liar yang hanya mengejar uang dan tidak memikirkan ekosistem setempatnya.Konservasi itu sendiri merupakanevolusi kultural dimana pada saat dulu, upaya konservasi lebih buruk daripada saat sekarang. Kawasan suaka margasatwa adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dan atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.

Beberapa Contoh Hewan Yang Terancam Punah
Kepunahan, selalu menjadi ancaman serius bagi eksistensi fauna yang ada di bumi. Selain faktor seleksi alam, beberapa juga merupakan faktor ulah manusia. Seperti perburuan dan eksploitasi hutan, yang secara langsung menjadi penyebab punahnya beberapa spesies fauna.
Image result for beruk mentawai                 Image result for bekantan
Beruk Mentawai                                 Bekantan                                       
           Image result for cendrawasih        Image result for anoa
Cendrawasih                                     Anoa


Kesimpulan
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Satwa merupakan salah satu kekayaan kita yang perlu di jaga dan di pelihara dengan baik agar tidak punah dari bumi ini. Upaya kita dalam menyelamatkan satwa sebenarnya merupakan suatu tanggung jawab pemerintah atas kepeduliannya untuk melakukan suatu tindakan yang positif dalam menyelamatkan satwa. Setidaknya membuat program penyelamatan dan perlindungan satwa. Pemerintah juga berkewajiban untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang arti pentingnya penyelamatan kepada satwa-satwa yang ada. Satwa yang merupakan suatu komponen penting dalam keseimbangan ekosistem. Di Indonesia pun semakin sedikit keberadaannya karena digunakan sebagai peliharaan  hanya sekedar sebagai kepuasan dan hobi saja. Pemburuan liar yang dilakukan untuk menangkap hewan harus di hindari dan didukung dengan cara tidak membeli hewan langka dan bagian-bagian hewan tersebut. Dengan demikian usaha penjualan hewan langka menjadi terhenti dan hewan kita akan tidak punah dan terus bisa berkembangbiak dengan baik. Satwa merupakan salah satu kekayaan kita yang perlu di jaga dan di pelihara dengan baik agar tidak punah dari bumi ini.

Daftar Pustaka
Tim FMIPA UNESA Sains dasar buku IAD
Mepow.2010.selamatkan satwa. Diunduh di http://mepow.wordpress.com/selamat-satwa-kita tanggal 21 oktober 2013

Godam64. 2009. Penyebab Punah/Kepunahan Spesies Hewan/Binatang dan Tumbuhan Dari Muka Bumi. Diunduh di http://organisasi.org/penyebab-punah-kepunahan-spesies-hewan-binatang-dan-tumbuhan-dari-muka-bumi tanggal 13 oktober 2013

P’man. 2012. Dampak kepunahan flora dan fauna. Diunduh di http://lingkungangeografi.blogspot.com/2012/09/dampak-kepunahan-flora-fauna.html/dampak fauna flor punah tanggal 13 oktober 2013


0 comments:

Post a Comment