Pages

Tuesday, March 20, 2018

Pengaruh Perang Dunia II terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia


(Nofa Ariyanti, Ulthufna Kausarul Fitriya, Samik)
Abstrak
Perang merupakan masalah abadi yang sudah ada semenjak adanya manusia dan pada abad nuklir ini perang menjadi semakin canggih. Perang dengan berbagai latar belakangnya selalu bermuatan politik, serta cenderung tidak terkendali dan tidak manusiawi, meskipun pada akhirnya perang mengakibatkan penderitaan bagi semua pihak namun diperlukan adanya perlidungan kepada penduduk sipil dan orang sipil (civilian) khususnya perlindungan kepada anak. Perang dunia II adalah perang terbesar yang pernah terjadi karena perselisihan yang tidak dapat terjembatani diantara beberapa negara besar. Perang ini adalah konflik terbesar sepanjang sejarah yang terjadi pada tanggal 1 September 1939. Perselisihan itu disebabkan karena ketidakpuasan atas tatanan yang tersusun setelah perang dunia I pada tahun 1914-1918 dan karena adanya konflik lama sebelum perang besar terjadi. Perang dunia II merupakan perang yang melibatkan  beberapa negara dengan korban jiwa yang tidak sedikit. Perang dunia II ini tidak hanya di Eropa melainkan juga di Asia, Afrika, dan Pasifik.  Pada perang dunia II penggunaan teknologi untuk kepentingan perang sangat menonjol. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada dasarnya digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan juga untuk kepentingan militer. Menurut Mao Zedong “Perang adalah kelanjutan dari politik. Dalam hal ini, perang adalah politik dan perang itu sendiri merupakan salah satu kegiatan politis; sejak jaman kuno tidak pernah ada perang yang tidak memiliki karakter politis.”

Isi
Menurut Larry May dari Washington University, Amerika Serikat mengatakan ada beberapa argumen moral yang biasa dijadikan pegangan sehingga perang atau konflik bersenjata menjadi diterima sebagai “sesuatu” yang benar. Secara teoritis ini juga yang sering digunakan oleh kalangan militer di Indonesia dalam membenarkan perlunya mengangkat senjata dalam melawan “musuh”, siapapun mereka.
Latar belakang Perang Dunia II pada dasarnya berkaitan erat dengan perang dunia sebelumnya yaitu perang dunia I dimana kedaan politik internasional menjelang peraang dunia II menyerupai perang dunia I. ada yang mengatakan bahwa perang dunia II merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I. Perang Dunia I dan II mengakibatkna  dampak yang besar bagi dunia sepert krisis perekonamian serta kematian jutaan jiwa.
Politik mencari teman (politik aliansi) untuk melempar industri senjata dan kepentingan ekonomi menjadi sangat tajam. Perdamaian sulit diwujudkan sehingga pada tahun 1939 meletus perang dunia II (PD II). (Tim FMIPA Unesa, 2012)


Perang Dunia II merupakan perang yang didominasi  oleh penggunaan taktik perang modern menyangkut strategi, senjata dan peralatan tempur lainnya. Selain itu, pada Perang Dunia II kekuatan politik suatu negara dalam sistem internasional berperan penting  dalam memenangkan perang.  Perang Dunia I dan Perang Dunia II menjadi bukti bahwa kemenangan perang tidak semata-mata diperoleh dari angkat senjata, tetapi juga dari kekuatan  diplomasi  suatu negara. Pada Perang Dunia I (1914-1918) kekalahan Jerman terhadap  Perancis tidak hanya karena masalah militer yang lemah, tetapi juga karena ketidakmampuan Jerman dalam memainkan kekuatan diplomatiknya. (Jakarta: Kompas, 2005).
Dalam perang dunia II penggunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat diperlukan sebagai penunjang alat untuk perang seperti tank, pesawat terbang, dan alat militer lainnya.
Pasca  Perang Dunia  II, Amerika Serikat menutup diri dari dunia luar, mencoba memperbaiki kembali kondisi politik, ekonomi, serta sosial yang carut marut di dalam negeri. Berbagai kecaman serta tuntutan dari rakyat mengharuskan Pemimpin Amerika Serikat pada saat itu yaitu Presiden Truman bekerja keras untuk mengembalikan kepercayaan rakyat. Banyak dari para prajurit perang yang sebelumnya direkrut tidak jelas nasibnya dan jumlah prajurit yang ada memang harus dikurangi karena negara tidak membutuhkan lagi prajurit sebanyak pada saat  Perang Dunia  II, para korban perang yang masih hidup juga menuntut perhatian dari pemerintah Amerika Serikat.( Novita Mujiyati, 2016)

Sebab-sebab umum perang dunia II sbg berikut :
a.    Pertentangan paham demokrasi & fasisme
Paham demokrasi yg berkembang di Inggris, Perancis, & pula Amerika Serikat amat sangat menjunjung tinggi hak & kebebasan penduduk negaranya. Fasisme yg dianut oleh Jerman, Italia, Jepang tak mengakui sama sekali hak-hak masyarakat Negeri, lantaran segala sesuatu diatur oleh Negeri. Fasisme ialah satu buah paham yg lakukan prinsip bahwa seluruh diutus oleh Negeri.
b.    Persekutuan mencari sahabat
Prancis yg khawatir dapat ancaman Jerman berikhtiar mencari sahabat an pilihannya ialah Inggris. Meskipun sama-sama totaliterlisme namun Uni Soviet dimusuhi oleh Hitler maka pertalian Uni Soviet dgn Inggris & Perancis lebih dekat. Lawan penting Perancis adalah Jerman, tak ada pilihan lain terkecuali bersekutu dgn Italia & Jepang (sama-sama totaliterisme).
c.    Semangat buat membalas dendam (Revanche lde)
Bila menjelang perang dunia I yg dihinggapi Revanche lde yakni Perancis sehingga menjelas perang dunia II pihak Jerman dihinggapinya. Perjanjian Versailles tak adil & menyukai merugikan Jerman.
d.   Perlombaan persenjataan
Business Negara-negara agung utk membatasi persenjataan (dalam konferensi Washington) gagal. Tiap-tiap Negeri mengupayakan memproduksi senjata melebihi Negeri lain dgn argumen buat mempertahankakn diri.
e.    Pertentangan antar Negeri imperialisme
Negeri imperialisme baru berikhtiar buat menambah area Lebenstraum. Jerman mau menambah area wilayah di Eropa tengah, Italia berharap wilayah laut tengah & Jepang mau mencetak persemakmuran Asia Timur Raya. Langkah ini dapat memunculkan permusuhan bersama grup Perancis DKK.
f.     Kegagalan liga bangsa-bangsa dalam wujudkan perdamaian dunia.
Kegagalan dinas ini karena adanya kelemahan-kelemahan seperti yg disebutkan di atas, diantaranya tak adanya aturan yg mengikat & ketidakberdayaan liga bangsa-bangsa dalam menghadapi Negara-negara agung.
Dengan Cara kusus, perang dunia II meletus lantaran warisan Perang Dunia I yg tak mampu diselesaikan bersama baik terutama mengenai masalah Jerman Negeri yg tak puas bersama perjanjian Versailles tersebut berikhtiar utk bangkit melawan Negara-negara yg lalu mengalahkannya.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada perang dunia II yaitu :
1.    Teknologi nuklir untuk perkembangan militer :
Teknologi nuklir adalah teknologi yang sangat diperlukan untuk kepentingan militer. sejak perang dunia kedua telah dikembangkan senjata pemusnah massal yang berbasis pada teknologi nuklir.
2.    Senjata Nuklir
Senjata nuklir adalah alat yang mempunyai daya ledak dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat, pada perang dunia II Amerika Serikat membiayai proyek rahasia dengan tujuan membuat senjata nuklir pada setiap jenis unsur belah (fissile material). Pada tanggal 16 Juli 1945 Amerika Serikat meledakan senjata nuklir pertama sebagai percobaan yang dilakukan di Almogordo, New Mexico.
3.    Kapal Selam Nuklir
Kapal selam nuklir adalah kapal selam yang menggunakan tenaga nuklir dalam pengoperasionalnya. Kapal selam nuklir pertama kali dibuat oleh seorang perwira angkatan laut Kapt. Hyman G. Rickoven

Perkembangan Teknologi Persenjataan
Teknologi persenjataan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Teknologi persenjataan yang dikembangkan oleh Negara-negara maju antara lain: senjata darat, udara, senjata nuklir, senjata laser, dan senjata biologi.

Pengaruh perang dunia II terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Selesainya perang dunia II membawa pengaruh atau dampak yang baik pada kemajuan IPTEK umat manusia, teknologi perang diaplikasikan untuk kepentingan sipil dan kemajuan IPTEK dari perang dunia II dapat mensejahterakan manusia. Teknologi-teknologi diantaranya yaitu sebagai berikut :
►Dibuatnya pesawatyang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dan dapat menempuhjarak yang jauh. 


► Kapal-kapal modern yang dapat mengarungi lautandengan daya jelajah tinggi dan mampu mengangkut beban yang berat,merupakan salah satu manfaat yang dapat diperoleh setelah perang.
►Alatangkutan darat dengan kemampuan besar juga diproduksi untuk mengangkutbarang dan manusia, sehingga transportasi bisa diselenggarakan denganaman, murah dan nyaman.      
►Teknologi roket yang pada awalnya sebagai alat untuk meluncurkan peluru kendalilintas negara atau lintas benua merupakan cikal bakal proyek luarangkasa.


Gambar 1.4 http://oghibhambara.blogspot.co.id/2013/06/senjata-jerman-pada-masa-perang-dunia-i.html

►Ilmu kedokteran yang digunakan untuk perang juga mengalami perkembangan sangat cepat. Penemuan obat dan prosedur medis modern telah diterapkandalam perang dunia II, karena banyaknya korban yang berjatuhan dikedua belah pihak yang bertikai.
►Ilmu tentang kejiwaan manusia digunakan untuk membuat seorang prajurit tidak mengenal takut dan lelah demi bangsa dan negara. Teknik rekayasa genetika digunakan untuk membuat seorang prajurit lebih hebat dan kuat di medan perang.
Master piece perkembangan teknologi pada PD II yaitu ditemukannya cara pembuatan bom atom. Teknologi nuklir mengalami perkembangan yang sangat cepat.
Kesimpulan
Perang diartikan sebagai kondisi permusuhan dengan menggunakan kekerasan yang merupakan sebuah aksi fisik dan non fisik antara dua kelompok atau lebih untuk melakukan dominasi di wilayah yang dipertentangkan. Perkembangan IPTEK pada masa perang dunia II sangat berpengaruh sebab terdapat kebutuhan militer yang mendesak, seperti digunakannya bom atom, senjata nuklir, dan alat-alat perang lainnya dalam mempertahankan suatu wilayah negara. Teknologi berperan penting dalam menentukan hasil dari Perang Dunia II. Sebagian besar dikembangkan selama bertahun-tahun dari tahun 1940 – 1945, beberapa teknologi dikembangkan sebagai tanggapan untuk pembelajaran berharga selama perang dan beberapa mulai dikembangkan sebagai tanda berakhirnya peperangan.

Referensi
Tim FMIPA. 2012. Sains Dasar. Edisi ke 2. Surabaya. Unesa University Press.

Kusumawardhani, Tiara Dyah. 2015. Perkembangan IPTEK pada masa Perang Dunia II. http://tiara15148.web.unej.ac.id/2015/08/18/perkembangan-iptek-pada-masa-perang-dunia-ii/. 13 Maret 2018.

Mujiyati, Novita. 2016. United States During The Cold War 1945-1990. Jurnal Historia. Volume 4 : hal 39-54.

Sukri, Widya Sujarwati. 2013. Makalah Perang Dunia II. http://widyasujarwati.blogspot.co.id/2013/06/makalah-perang-dunia-ii.html. 13 Maret 2018

 

Reviewer
Oleh                            : Ulthufna Kausarul Fitriya
Diserahkan                  : Rabu, 14 Maret 2018
Dikembalikan              : Senin, 19 Maret 2018
Komentar         
·         Penulisan judul dan isi sudah sesuai materi dengan tema "Perang Dunia II".
·         Kata-kata yang digunakan cukup efektif tidak berbelit-belit sehingga cukup mudah dipahami oleh orang yang membacanya.
·         Penulisan Abstrak sebaiknya dijadikan satu paragraf, sebab pada umumnya Abstrak hanya terdiri dari satu paragraf.
·         Penulisan keterangan gambar, terdapat dua keterangan gambar bernomor 1.2, sebaiknya diurutkan sesuai urutan gambar dari atas ke bawah

0 comments:

Post a Comment