Pages

Thursday, March 22, 2018

Hutan Hujan Tropis si jantung kehidupan dunia




Hutan Hujan Tropis si jantung kehidupan dunia
Salsabila Ghassani, Novan Maldini, Samik, S. Si. M. Si.

Abstrak :
Hutan adalah suatu kawasan yang ditumbuhi pepohonan lebat, tumbuh-tumbuhan, semak-semak, dan tanaman-tanaman lainnya, lantas kenapa hutan hujan tropis bisa disebut sebagai jantung bagi dunia? Apakah karena  hutan hujan tropis dapat memompa darah bagi dunia layaknya jantung pada makhluk hidup? Dan apakah itu hutan hujan tropis? , semua itu akan dijelaskan di bawah ini mengenai hutan hujan tropis si jantung kehidupan.

Penjelasan
Hutan hujan tropis adalah tipe hutan di kawasan tropis yang selalu diguyur hujan sepanjang tahun. Tingkat curah hujan kawasan ini cukup tinggi, lebih dari 1200 mm per tahun. Hutan ini memiliki musim kering yang pendek, bahkan di beberapa tempat hampir tidak pernah mengalami musim kering. Mungkin karena hal tersebut, tipe hutan ini sering disebut hutan everwet (selalu basah) atau evergreen (selalu hijau).


                                                                             
                                                                               Gambar 1.2. Hutan hujan tropis

Menurut wikipedia hutan hujan tropis adalah : "Hutan hujan tropika atau sering juga ditulis sebagai hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa."

Hutan hujan tropis juga dikenal sebagai jantung atau  paru paru dunia karena menghasilkan hampir 40% oksigen yang ada di bumi. Hutan ini juga merupakan penyimpan cadangan karbon dunia. Satu pohon besar bisa menghasilkan oksigen bagi seseorang selama satu tahun

Hutan hujan tropis  ini dapat di jumpai hampir di sepanjang garis khatulistiwa yaitu Asia, Australia, Afrika, Amerika selatan, Amerika tengah, Meksiko, dan Kepulauan Pasifik. Selain itu, Hutan hujan tropis mempunyai keanekaragaman tumbuhan yang tinggi serta iklim yang lembab.

Hutan hujan tropis disebut sebagai jantung dunia dikarenakan banyaknya manfaat yang diberikan oleh hutan hujan tropis antara lain adalah sebagai berikut :
  • ·         Hutan hujan tropis merupakan rumah bagi sebagian flora dan fauna di dunia. Selain mempunyai keanekaragaman tumbuhan yang tinggi hutan hujan tropis juga memiliki fauna yang beragam. Binatang binatang yang menghuni hutan ini seperti mamalia, reptil, burung, amfibi, dan serangga.
  •         Banyak spesies di dalam hutan hujan tropis yang belum diteliti. Para peneliti banyak melakukan bioprospecting di hutan hujan tropis, yaitu upaya pencarian tanaman yang dapat digunakan dalam makanan, kosmetik, maupun obat-obatan untuk dikomersialisasikan.(fitriana,2015).  National Cancer Institute (NCI) Amerika memperkirakan sekitar 70 persen obat kanker herbal berasal dari tanaman hutan hujan tropis. Sebuah senyawa Calanolide A yang berasal dari tanaman Calophyllum lanigerum ditemukan di hutan hujan tropis Borneo. Pada awalnya senyawa ini diperkirakan dapat menjadi obat kanker, ternyata justru dapat dikembangkan menjadi obat HIV/AIDS. Karena tanaman ini jumlahnya terbatas, maka senyawa ini mulai dikembangkan produksinya secara sintetis.

                                                                               
                                      Gambar 1.2. salah satu jenis fauna hutan hujan tropis

  • ·         Hutan hujan tropis yang selalu lembab juga berperan dalam pengaturan tata air. Pohon-pohon di dalam hutan melepaskan air ke atmosfer melalui proses yang disebut transpirasi. Di daerah tropis, setiap pohon kanopi kira-kira dapat melepaskan 760 liter air setiap tahunnya. Kelembaban membantu pembentukan awan di atas hutan hujan tropis. Serasah di permukaan tanah juga mampu mengurangi penguapan air dari dalam tanah sehingga tanah tidak mengalami kekeringan.
  • ·         Hutan hujan membantu menstabilkan iklim dunia dengan cara menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Pembuangan karbon dioksida ke atmosfer dipercaya memberikan pengaruh bagi perubahan iklim melalui pemanasan global. Karenanya hutan hujan mempunyai peran yang penting dalam mengatasi pemanasan global.
  • ·         Hutan hujan membantu menjaga peredaran air. Menurut U.S. Geological Survey, “peredaran air, juga dikenal dengan peredaran hidrologi, menggambarkan pergerakan berkelanjutan dari air di, di atas, dan di bawah permukaan bumi.”
  • ·         Hutan hujan tropis membantu mengurangi erosi, Akar-akar dari pepohonan dan vegetasi hutan hujan membantu menahan tanah. Saat pepohonan ditebangi, tak akan ada lagi penahan apapun yang melindungi permukaan tanah dan tanah pun akan cepat terbawa hanyut oleh air hujan. Proses terbawa hanyutnya tanah ini dikenal dengan erosi.

Itulah yang menyebabkan hutan hujan tropis dijuluki sebagai jantung dunia karena banyaknya  fungsi dan peran vital yang dimiliki hutan hujan tropis  bagi kehidupan di dunia.

Hutan hujan yang sangat khas dan selalu hijau sepanjang musim ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·         Tipe pohon
Hutan hujan tropis ditumbuhi beragam jenis pohon yang membentuk lapisan tajuk. Secara umum terdapat pohon bertajuk tinggi yang membentuk kanopi menaungi tanaman lainnya, kemudian pohon menengah seperti tanaman merambat dan perdu, dan terakhir tanaman permukaan tanah seperti rumput dan lumut. Pohon-pohon di hutan ini kebanyakan berdaun lebar, bercabang banyak, dan rimbun. Dengan bentuk daun seperti itu, tingkat penguapan cukup tinggi, sehingga kawasan hutan selalu lembab. 
·         Curah hujan
Di sebut hutan hujan karena selalu hujan sepanjang tahun. Bahkan pada tingkat yang paling ekstrem bisa mencapai 10.000 mm per tahun! Kondisi ini ditemukan di Nugini dan bagian Barat Kolombia. Secara rata-rata, hutan hujan tropis di kawasan Asia Tenggara menerima curah hujan sekitar 3000 mm per tahun. 
·         Temperatur
Hutan hujan tropis memiliki suhu yang stabil, suhunya berada pada kisaran 20-34°C. Di semenanjung Malaysia suhu rata-rata tahunan berkisar 25-26°C dengan fluktuasi hari terpanas dan terdingin tak lebih 8-9°C. Sedangkan fluktuasi suhu rata-rata bulanan hanya berkisar 2°C. 
  • Sinar matahari
    Hutan hujan tropis terletak di lintang 5-10° ke Utara dan Selatan garis Khatulistiwa. Oleh karena itu, wilayah ini mendapatkan penyinaran matahari secara penuh sepanjang tahun. Penyinaran matahari hanya terganggu bila cuaca sedang mendung dan berawan.


Kesimpulan
Hutan hujan tropis adalah tipe hutan di kawasan tropis yang selalu diguyur hujan sepanjang tahun. Tingkat curah hujan kawasan ini cukup tinggi, lebih dari 1200 mm per tahun. Hutan hujan tropis begitu banyak menyumbangkan manfaat bagi kehidupan manusia seperti halnya organ jantung yang sangat penting bagi manusia.


Daftar pustaka :
TIM FMIPA. 2013. Sains Dasar. Surabaya: Unipres Unesa
Arief, Arifin. 2001. Hutan dan kehutanan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Astuty, tri. 2015. Buku Pedoman Umum Pelajar Geografi. Jakarta : Vicosta Publishing
     Endarto ,Danang. Sarwono, dan Prihadi,Singgih. 2009. Geografi 1 untuk             
          SMA/MA Kelas X.jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional


0 comments:

Post a Comment