Pages

Wednesday, March 13, 2019

PENINGKATAN PRODUKSI DOMBA MELALUI KLONING TEKNIK ROSLIN

PENINGKATAN PRODUKSI DOMBA MELALUI KLONING TEKNIK ROSLIN
Mochammad Iqbal Hidayatullah, Efanda Herlina, Samik, S.Si., M. Si

ABSTRAK
Terbatasnya produksi hewan, terutama domba untuk kebutuhan industri tekstil, tidak dibarengi dengan tingginya permintaan pasar yang selalu meningkat tiap tahun. Teknik kloning adalah sekelompok organisme hewan maupun tumbuh-tumbuhan yang dihasilkan melalui reproduksi aseksual dan berasal dari satu induk yang sama. Sehingga mampu meningkatkan jumlah produksi domba untuk kebutuhan industri dan pasar tekstil. 

ISI
Di era industri saat ini, kebutuhan bahan dasar tekstil, yakni bulu domba sangat tinggi. Hal ini tidak dibarengi dengan kualitas produksi domba yang baik, sehingga seringkali industri pemasok bahan mentah untuk tekstil merasa kesulitan mencari bulu domba sebagai bahan dasar industri. Melihat fakta dilapangan menjadi permasalahan tersendiri dalam dunia Biologi, sehingga para ilmuwan melakukan serangkaian riset dan eksperimen, yang hingga akhirnya menemukan solusi untuk mendapatkan kualitas bulu domba yang bermutu dengan cara Kloning.
Kloning atau klon adalah sekelompok organisme hewan maupun tumbuh-tumbuhan yang dihasilkan melalui reproduksi aseksual dan berasal dari satu induk yang sama. Setiap anggota klon tersebut mempunyai susunan dan jumlah gen yang sama dan kemungkinan besar fenotipnya juga sama. Kloning merupakan salah satu bioteknologi mutakhir yang sangat bermanfaat untuk multiplikasi genotip hewan yang memiliki keunggulan tertentu dan preservasi hewan yang hampir punah. Walaupun keberhasilan produksi hewan kloning lewat transfer inti sel somatik telah dicapai pada berbagai spesies, seperti domba, sapi, kambing, babi, kucing, dan kelinci, efisiensinya sampai sekarang masih sangat rendah.
Teknik Klon Roslin dalam percobaan nya menggunakan domba dolly merupakan hasil kloning yang dilakukan pada hewan dewasa yang mensinkronisasikan siklus sel dari kedua sel donor dan sel telur.



Gambar 1. The young lamb named Dolly (left), with her surrogate mother, was created by cloning at the Roslin institute.

Pertama, suatu sel (sel donor) diseleksi dari sel kelenjar mammae domba betina berbulu putih (Finn Dorest) untuk menyelamatkan informasi genetis bagi pengkolan. Suatu sel donor diambil dari jaringan dan dimasukkan ke dalam campuran, yang hanya memiliki nutrisi yang cukup untuk mempertahankan kehidupan sel. Setelah sel mampu bertahan, maka sel embrio dimaskukan ke uterus betina penerima (surrogate mother). Induk betina tersebut selanjutnya akan mengandung hasil kloning tadi hingga siap untuk dilahirkan.


Gambar 2. Tahapan dari Proses Kloning teknik Roslin.





Manfaat Kloning dalam bidang kehidupan
A. Ilmu Pengetahuan
Kloning terutama dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya reproduksi-embriologi dan diferensiasi.
B. Mengembangkan dan memperbanyak bibit unggul
Seperti yang telah dilakukan pada sapi dengan cara embrio transfer. Hal yang serupa juga dapat dilakukan pada hewan yang lain, seperti domba, kambing, dan lain-lain. Dalam hal ini jika nukleus sel donornya diambil dari bibit unggul, maka anggota klonnya pun akan mempunyai sifat-sifat unggul tersebut.
C. Tujuan diagnostik dan terapi
D. Mengatasi infertilitas pada hewan
E. Bidang Ekonomi
Keberhasilan suatu kloning yang dilakukan, akan menyumbangkan devisa dalam meningkatkan perekonomian negara. Negara-negara yang gagal dalam penelitian kloning akan menderita kerugian secara ekonomi yang bahkan dapat menyebabkan negara tersebut jatuh miskin.

Suatu teknik kloning memberikan begitu banyak dampak positif bagi kehidupan, adapun dampak positif kloning, yaitu:
  • Teknik kloning merupakan alternatif untuk melestarikan hewan langka sehingga keberadaan hewan langka dapat terus dipertahankan
  • Teknik kloning membantu dalam meningkatkan ketersediaan bahan pangan yang lebih banyak dengan melakukan kloning pada hewan ternak.
  • Teknik kloning berperan dalam menghasilkan sel, jaringan, atau organ yang sesuai untuk pengobatan akibat kelainan atau gangguan suatu fungsi organ.
  • Teknik kloning membantu menumbuhkan spesies baru yang bebas penyakit keturunan.
  • Kloning sangant berperan terhadap kemajuan bidang sains.
Selain memiliki dampak positif seperti di atas, teknik kloning juga memiliki kerugian, antara lain:
  • Penyalahgunaan teknik kloning seperti menciptakan spesies baru yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan.
  • Individu yang dihasilkan dari teknik kloning sangat rentan terhadap suatu penyakit dikarenakan teknik kloning menghasilkan individu yang tidak memiliki sistem imunitas.
  • Teknik kloning akan menyebabkan spesies yang dihasilkan bersifat monoton, karena DNA maupun sifat dan fisik hasil kloning persis sama dengan induknya.
  • Individu yang dihasilkan dari teknik kloning cenderung memiliki masa hidup yang sama dengan induknya, karena sel-selnya diperoleh dari induknya.
  • Teknik kloning belum sempurna masih terdapat banyak kekurangan, sehingga tak jarang hewan ternak yang dikloning harus di euntanasia.
  • Teknik kloning mengacaukan hubungan antara individu baru dengan sel induknya.


KESIMPULAN
Dengan adanya teknik kloning roslin dalam perkembangan rekayasa genetika di dunia dapat menghasilkan spesies yang memiliki kualitas bulu domba yang lebih baik dari spesies yang lainnya, serta unggul dalam produksi secara massal. Peran pemerintah dalam hal ini perlu mendukung serta memfasilitasi produksi peternakan yang lebih berkualitas dan mampu bersaing dengan hewan dari luar negeri. Serta membantu memberdayakan pengembangan rekayasa genetika yang dilakukan pada hewan domba, sehingga mampu menghasilkan produksi yang massal dan dapat menyumbang pendapatan eknomi bagi masyarakat maupun pada negara.

DAFTAR PUSTAKA

Rusda, Muhammad. 2004. Kloning. Majalah USU Digital Library. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Roslin Cloning Technique, http://home.hawaii.rr.com/johns/art.htm
Samil RS. 2002. Masalah Bioetik dalam rekayasa genetika Kedokteran, Pertemuan Nasional II Bioetika dan Humaniora. Bandung.
Tim IAD FMIPA. 2012. Sains Dasar. Jilid Dua. Surabaya: Unesa

2 comments:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete