Pages

Wednesday, March 13, 2019

MENGKLASIFIKASIKAN MAKHLUK HIDUP DENGAN KUNCI DIKOTOMI


Mengklasifikasikan Makhluk Hidup Dengan Kunci Dikotomi

Penulis             : Aqilla Farina Zahro (18041184073)
Reviewer         : Ichsanuddin Akmal  (18041184074)

Dosen              : Samik,S.Si,M.Si.

1.1  Abstrak
Didalam kehidupan kita akan lepas dari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup, bab yang akan dibahas disini adalah kunci dikotomi. Kita dapat mengetahui nama suatu makhluk hidup dikarenakan kita mengetahui ciri-ciri makhluk hidup tersebut, itulah mengapa kunci dikotomi sangat penting dan perlu untuk dipelajari.ketika kita melihat seekor kucing kita langsung mengetahui nama hewan tersebut dikarenakan kita memiliki memori tentang ciri-ciri kucing di otak kita. Sedangkan untuk makhluk hidup yang baru kita temui, kita perlu perlu pembanding berupa gambar, specimen/awetan makhluk hidup yang sudah diketahui namanya atau kunci identifikasi. Kunci identifikasi disebut juga dengan kunci determinasi/kunci dikotomi.

1.2  Isi
Pengertian kunci dikotomi/determinasi adalah cara atau langkah yang dilakukan untuk mengenali suatu organisme atau untuk mengetahui jenis serta namanya dan mengelompokan pada takson makhluk hidup.
Kunci dikotomi terdiri dari sederetan pertanyaan-pertanyaan yang terdiri dari dua baris untuk mengelompokan atau menggolongkan makhluk hidup, dan berisi deskripsi dari ciri-ciri organisme yang disajikan dengan ciri yang berlawanan.

Jadi, suatu organisme baru yang baru ditemukan akan digolongkan kedalam klasifikasi makhluk hidup dengan cara menggunakan kunci dikotomi.
Bagaimana cara kita melakukan pengindentifikasian suatu organisme baru, yang pertama dilakukan adalah dengan mengenali terlebih dahulu. Untuk mengenali makhluk hidup tersebut kita membutuhkan alat pembanding.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah contoh dari kunci dikotomi :

Data pada diagram kunci dikotom diatas , jika ditulis akan menjadi kunci determinasi sebagai berikut :

1.         a. tumbuhan yang berspora ………………………………...2a
            b. tumbuhan yang tidak berspora…………………………...3a

2.         a. tumbuhan yang berbatang jelas………………………......Suplir
            b. tumbuhan yang tidak berbatang jelas………………........ Lumut

3.         a. berbiji tertutup……………………………………………4a
            b. berbiji terbuka……………………………………………Belinjo

4.         a. biji berkeping dua………………………………………...5a
            b. biji berkeping satu………………………………………..Jagung

5.         a. berbunga kupu-kupu……………………………………...kedelai
            b. berbunga terompet………………………………………..terung

Bagaimana cara membuat membuat determinasi ?, lakukanlah langkah-langkah beriut ini.

1. bacalah kunci dikotom mulai dari awal
2. cocokkan cirri-ciri tumbuhan yang kamu amati dengan cirri-ciri yang terdapat pada kunci  dikotom
3. jika cirri-ciri yang terdapat pada kunci dikotom sudah sesuai dengan cirri-ciri tumbuhan yang kamu amati, catatlah nomornya dan lanjudkan pembacaan kunci pada nomor berikutnya yang ditunjukkan di akhir pernyataan.
4. buat daftar kunci determinasi berdasarkan kunci dikotom dan bandingkan dengan kelompok yang lain.
5. jika kamu masih mendapatkan kesulitan, cobalah untuk bertanya kepada guru.

1.3  Simpulan
Akan selalu ada hal-hal baru termasuk organisme baru yang akan kita temui, metode kunci dikotomi ini adalah sebuah cara untuk mengklasifikasikan organisme baru dengan cara menggunakan sederetan pertanyaan-pertanyaan yang terdiri dari dua baris untuk mengelompokan atau menggolongkan makhluk hidup, dan berisi deskripsi dari ciri-ciri organisme yang disajikan dengan ciri yang berlawanan.

Daftar Pustaka
Marvey. 2016. Apa Yang Dimaksud Dengan Kunci Dikotomi. http://gurupintar.com/threads/apa-yang-dimaksud-dengan-kunci-dikotom-dan-kunci-determinasi.7008/.
Anonim. 2016. Klasifikasi Dikotom Dan Kunci Determinasi. www.pembelajaranmu.com/2017/08/klasifikasi-dikotom-dan-kunci-html?m=1.
Ariq. 2015.Kunci Determinasi Dan Kunci Dikotomi. http://ariqscorpi.wordpress.com/kunci-determinasi-kunci-dikotom/.
Talago. 2013.Identifikasi Makhluk Hidup(Kunci Dikotomi Dan Kunci Determinasi).  http://www.cpuik.id/identifikasi-makhluk-hidup-kunci-dikotomi-dan-kunci-determinasi.html.


0 comments:

Post a Comment