Pages

Wednesday, March 13, 2019

Nostalgia Singkat ke Zaman Batu dan Zaman Logam

Nostalgia Singkat ke Zaman Batu dan Zaman Logam

Penulis                      : Rahmalia Wulan Azizah
Review                      : Eva Ken Sayekti
Dosen Pengampu        : Samik, S.Si, M.Si

ABSTRAK :
ketika mendengar kalimat ‘zaman batu dan zaman logam’, hal yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah masa dimana manusia masih belum mengerti banyak hal. beberapa orang mungkin juga menganggap zaman itu adalah masa dimana semua hal masih berupa bebatuan. Sedangkan untuk zaman logam, kebanyakan orang  menjawab pada zaman ini manusia mulai membuat berbagai alat dengan logam. Tidak ada yang salah dengan semua pendapat itu, namun untuk lebih jelasnya, zaman batu merupakan masa ketika masih menggunakan alat alat batu dan belum mengenal logam. Zaman batu dibagi menjadi tiga, yaitu paleotikum, mesolitikom, neolitikum dan megalitikum. (soekmono, 1981 :23) sedangkan Zaman logam adalah zaman yang ditandai dengan kemampuan manusia untuk membuat alat alat dari logam. Zaman logam terbagi menjadi tiga, yaitu zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi.

ISI :
Berdasarkan pengertian singkat itu, muncul banyak pertanyaan soal periodesasi tiap zaman, yang akan dibahas satu persatu.
1. ZAMAN BATU
            Zaman batu adalah periode dimana manusia memanfaatkan batu untuk membuat sesuatu. Pada masa ini, hampir semua peralatan yang menunjang kehidupan pada saat itu terbuat dari batu. Dengan kemampuan yang lumayan terbatas, manusia pada zaman itu membuat kapak, pisau dan alat alat lainnya untuk menghadapi tantangan alam. Zaman batu pun sebenarnya dibagi menjadi 4 periode zaman, yaitu :
            1.1. ZAMAN BATU TUA (PALEOLITIKUM)
Zaman batu tua atau zaman Paleotikum berlangsung pada zaman pleistosen kira kira 600.000 tahun lamanya. Pada masa ini, kehidupan manusia masih sangat sederhana. Mereka tinggal berkelompok dengan kisaran 10-15 orang dan hidup secara berpindah-pindah (nomaden) mengikuti musim makanan. Mereka hanya mengandalkan makanan yang mereka kumpulkan dan pungut langsung dari alam. Manusia pada zaman ini telah mengenal api, meskipun hanya digunakan sebagai senjata melawan makhluk hidup lain atau menakuti hewan buruan saja.
Pada zaman ini, peralatan yang dibuat manusia saat itu hanya dibuat dari batu dan pengerjaannya pun masih sangat kasar. Salah satu contoh peralatan yang dibuat pada zaman ini adalah Kapak genggam.

                 
Kapak Genggam (sumber : Wikipedia)


                               
Benda benda peninggalan zaman Paleolitikum (sumber : idsejarah.net)

            1.2 ZAMAN BATU TENGAH (MESOLITIKUM)
Zaman batu tengah atau zaman Mesolitikum adalah zaman periode kedua setelah zaman batu tua atau zaman Paleolitiku. Pada zaman ini, kehidupan manusia masih tidak banyak berubah walaupun telah ada upaya untuk memperhalus peralatan yang dibuat. Manusia pada zaman ini pun mulai hidup menetap dengan mendirikan rumah panggung di pinggir pantai atau didalam goa. Mereka juga mulai bercocok tanam dan mengatur kehidupan masyarakatnya. mereka melakukan pembagian tugas dimana kaum lelaki mendapat tugas berburu dan kamu perempuan mengurusi anak.
Disebutkan juga bahwa manusia pada zaman ini mulai mengenal kesenian. Hal ini terbukti dengan ditemukannya tapak tangan berwarna merah dan gambar babi hutan di sebuah goa di Sulawesi Selatan yang diyakini para ahli sebagai peninggalan dari zaman Mesolitikum ini.
                      
Gambar Tapak Tangan (sumber : google )


            1.3 ZAMAN BATU MUDA (NEOLITIKUM)
Pada zaman ini, manusia telah hidup menetap dengan mendirikan rumah rumah dengan kelompok kelompok untuk mendiami suatu wilayah tertentu. Mereka juga telah berpikir untuk tidak selalu menggantungkan diri ke alam dan mulai berusaha untuk menghasilkan makanan sendiri dengan bercocok tanam dan berternak sapi dan kuda untuk dikosumsi. Peralatan yang digunakan pun menjadi lebih halus dan terlihat lebih indah. Selain itu, manusia pada zaman ini juga telah mengembangkan kebudayaannya dengan membuat gerabah dan tenunan. Pola kehidupan tetap yang mereka jalani menghasilkan kebudayaan yang lebih maju.


Peninggalan zaman batu muda (sumber : mengatasi.review)


            1.4 ZAMAN BATU BESAR (MEGALITIKUM)
Zaman batu besar atau zaman megalitikum adalah zaman dimana manusia telah mampu membuat peralatan dengan bentuk yang besar. Manusia pada zaman ini juga mulai memiliki kepercayaan, seperti percaya kepada roh nenek moyang. zaman megalitikum ada karena pesatnya kebudayaan manusia yang berkembang di zaman neolitikum. Beberapa situs megalitikum banyak ditemukan di seluruh nusantara. Beberapa diantaranya adalah Menhir, Punden Berundak, Dolmen dan Waruga.
         
Dolmen (sumber : wikipedia)

          
Menhir (sumber : wikipedia)

2. ZAMAN LOGAM
Pada zaman logam, manusia telah mengenal logam dan mampu membuatnya menjadi alat kebutuhan. Manusia mulai mengenal cara melebur logam dan membentuknya. Proses pembuatan logam ini membuktikan bahwa peradaban saat itu sudah mulai berkembang pesat. Zaman logam sendiri dibagi menjadi 3, yaitu :
2.1 ZAMAN LOGAM TEMBAGA
Seperti nama nya, pada zaman ini manusia mulai membuat berbagai alat dengan bahan baku tembaga untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Namun, ternyata Indonesia tidak mengalami zaman ini. beberapa negara yang mengalami zaman ini adalah Vietnam dan Thailand.
2.2 ZAMAN LOGAM PERUNGGU
Zaman logam perunggu ditandai dengan manusia yang menemukan campuran logam yang lebih keras dibanding tembaga, yaitu perunggu. Beberapa alat yang dibuat dizaman ini adalah kapak corong, nekara dan moko. Zaman ini membuktikan bahwa pengetahuan dan peradaban manusia semakin berkembang.

       
Kapak corong (sumber : wacana.co)

2.3 ZAMAN LOGAM BESI
Zaman ketiga dari periodesasi zaman logam adalah zaman logam besi. Pada zaman ini manusia telah mampu mengolah besi menjadi berbagai peralatan yang cukup kompleks. Kekerasan besi, titik lebur yang tinggi dan sumber bijih besi yang melimpah membuat besi lebih dipilih ketimbang tembaga dan perunggu. Pada zaman ini pula, berbagai kebudayaan manusia sangat berkembang pesat. peninggalan dari zaman ini diantaranya adalah mata panah, mata pisau dan mata pedang.
            

                                              Mata Panah (sumber: wacana.co)

KESIMPULAN :
Dari beberapa zaman yang telah dilewati manusia, dapat disimpulkan bahwa berbagai kebudayaan serta adat istiadat yang masih ada hingga sekarang menjadi bukti bahwa manusia terus berkembang dari waktu ke waktu. Dimulai dari zaman batu dimana seluruh peralatan masih sangat primitif dan hanya terbuat dari batu. Lalu, manusia pun terus berkembang dan menemukan berbagai macam logam dan menggunakannya sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari hingga sampai hari ini kita pun masih bisa merasakan berbagai penemuan itu.
           
REFERENSI :
Sudrajat. 2012. Prasejarah Indonesia. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319840/pendidikan/prasejarah-indonesia.pdf . 4 maret 2019
Fathiya, Aina. 2016. Zaman Logam Pengertian dan Pembagiannya. Dikutip dari http://sejarahindonesiadahulu.blogspot.com/2016/12/zaman-logam-pengertian-dan-pembagiannya.html 5 maret 2019
UNESA, Tim FMIPA. 2012. Sains Dasar. Surabaya : Unesa University Press




0 comments:

Post a Comment