Pages

Thursday, March 14, 2019

Pengertian Bioma beserta Macam-macam Bioma


Pengertian Bioma beserta Macam-macam Bioma
Nama                           : Ichsanuddin Akmal
Reviewers                   : Bilqis Amalia Shabrina
Dosen Pengampu        :Samik, S.Si., M.Si

1.1  Abstrak
      Dalam materi ini kia dapat pelajari tentang beberapa hal yang menganai wilayah, iklim, dan ekosistem. Kita semua dapat mengetahui semua wilayah, iklim dan ekosistem tersebut karena kita dapat ketahui dengan mengetahui ciri-ciri tersebut. Semua itu dapat di ketahui di apa itu bioma dan apa itu macam-macam bioma. Materi bioma ini sangat penting sekali untuk di pelajari karena kita dapat mengetahui seperti apa itu padang rumput, padang pasir, hutan hujan tropis, hutan gugur, tundra, dan taiga.

1.2  Isi
      Bioma secara iklim dan geografis berarti wilayah yang memiliki sifat geografis dan/atau iklim yang sama, seperti komunitas tumbuhan, hewan, organisme tanah, bakteri, dan virus. Bioma adalah ekosistem besar yang meliputi suatu daerah yang luas  dan memiliki flora dan fauna yang khas. Bioma juga dapat didefinisikan sebagai daerah besar di permukaan bumi dengan kondisi iklim dan geografis yang serupa di mana hewan dan tumbuhan beradaptasi dengan lingkungan mereka. Bioma merupakan ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Pada dasarnya, bioma terdiri dari produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) yang di dalamnya terjadi siklus yang diawali dari tumbuhan.
            Meskipun bioma memiliki banyak macam, tetapi bioma memiliki karakteristik umum yang berlaku untuk semua jenis/macam bioma diantaranya:
1.      Mudah dikenali hanya dengan melihat vegetasi utamanya.
2.      Bioma merupakan komunitas klimaks, yang artinya terdapat vegetasi utama yang mendominasi kawasan tersebut.
3.      Terbentuk dari hasil interaksi antara unsur-unsur lingkungan, yang hidup di lingkungan tersebut.
4.      Bioma merupakan komunitas yang bertahan dalam jangfka waktu yang lama
5.      Menempati wilayah atau daerah yang cukup luas.

            Macam-macam bioma di bumi dibagi menjadi enam jenis bioma utama yaitu padang rumput, gurun, tundra, hutan hujan tropis basah, hutan musim dan taiga. Macam-macam bioma adalah sebagai berikut :

1.      Bioma Stepa/Padang Rumput
           

            padang rumput merupakan lapangan yang dipenuhi oleh rumput dan tanaman tak berkayu. Dipotong untuk jerami atau dimakan oleh ternak, domba atau kambing. Persebaran  bioma pada rumput umumnya terdapat di daerah  tropika dan subtropika  dengan curah hujan antara 250-500 mm/tahun. Biasanya padang rumput terbagi dalam dua kategori yakni stepa dan sabana (savana). Stepa adalah padang rumput yang luas tanpa diselengi pepohonan. Sabana (savana) adalah padang rumput yangdiselingi pepohonan.

Ciri-Ciri Padang Rumput:
·         Curah hujan yang sangat rendah +/-25 mm/tahun
·         Memiliki kelembaban udara yang sangat rendah
·         Evaporasi (penguapan) tinggi yang lebih cepat dari prepitiasi (hujan) 
·         Tingkat deflasi yang tinggi 
·         Tanah pasir tandus karena tidak mengandung air 
·         Suhu udara di siang 45 derajat celcius dan di malam hari sekitar 0 derajat celcius


2.      Bioma Gurun/Padang Pasir
           



             padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sangat sedikit - kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika diamati secara saksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun. Gurun terkadang memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering atau terpapar oleh erosi.

Ciri-Ciri Gurun/Padang pasir:
·         Memiliki curah hujan yang sangat rendah +/- 25 mm/tahun
·         Evaporasi (penguapan) tinggi dan lebih cepat daripada presipitasi (hujan) 
·         Tingkat deflasi yang tinggi
·         Memiliki perbedaan suhu udara siang dan malam yang sangat tinggi yaitu disiang hari 45 derajat celcius, malam 0 derajat celcius. 
·         Tanah pasir sangat tandus karena tidak dapat menampung air
·         Mempunyai kelembaban udara yang sangat rendah 

3.      Bioma Tundra
           



            Tundra adalah suatu bioma tempat terhambatnya pertumbuhan pohon dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar. Oleh karena itu, daerah ini disebut daerah tanpa pohon. Tundra terdapat di wilayah bumi sebelah utara dan terdapat di puncak gunung yang tinggi. Iklim kutub dengan musim dingin yang panjang serta gelap dan musim panas yang panjang dan terang terus-menerus serta memiliki curah hujan yang rendah menjadi corak khas bioma ini. Pada daerah ini, kebanyakan tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut atau tanaman perintis, rerumputan, tumbuhan biji semusim, dan tumbuhan kayu yang pendek. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya sekitar 4 bulan.
            Penyebaran bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan sebagian kecil di selatan. Di kutub utara, bioma ini terdapat di sekitar arktika, termasuk Greenland. Sementara di kutub selatan, bioma ini terdapat di Antarktika dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tundra di arktika sangat luas, mencapai 20% permukaan tanah Bumi.

 Ciri-ciri bioma Tundra:
·         Hampir di setiap wilayahnya tertutup oleh salju/es 
·         Mempunyai musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. 
·         Usia tumbuh tanaman sangat pendek, berkisar dari 30-120 hari (1-4 bulan)
·         Curah hujannya rendah, sekitar 100—250 mm/tahun.
·         Kecepatan angin yang tinggi dan suhu yang sangat rendah dengan rata-rata suhu tertinggi 10 derajat Celsius dan terendah -35 derajat Celsius.
4.      Bioma Hutan Hujan Tropis
           


            hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa. Hutan hujan tropis bisa juga diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi.Maka dari itu, disebut Hutan Hujan Tropis.Hutan-hutan ini didapati di Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulaua Pasifik. Dalam peristilahan bahasa Inggris, formasi hutan ini dikenal sebagai lowland equatorial evergreen rainforest, tropical lowland evergreen rainforest, atau secara ringkas disebut tropical rainforest.
            Penyebaran hutan hujan dataran rendah tropika ini ditemukan baik di kawasan Malesia maupun di Amerika tropis; namun kemungkinan tidak terbentuk di Afrika. Di luar wilayah Malesia, hutan-hutan ini di Asia didapati sedikit-sedikit di sekitar Assam dan Burma, sepanjang jalur sempit di Ghats Barat (India), Kepulauan Andaman, di perbatasan Thailand dengan Kamboja di Cina selatan, Hainan dan Taiwan, serta di Pasifik di Kepulauan Melanesia dan mungkin pula Mikronesia

Ciri-ciri Bioma Hutan Hujan Tropis:
·         Curah hujan sangat tinggi, lebih dari 2.000 mm/tahun 
·         Pohon-pohon utama memiliki ketinggian antara 20-40 m. 
·         Mendapat sinar matahari yang cukup, tetapi sinar matahari tidak dapat menembus dasar hutan 
·         Cabang pohon berdaun lebat dan lebar dengan hijau sepanjang tahun
·         Memiliki iklim mikro di lingkungan sekitar permukaan tanah/dibawah kanopi (daun pada pohon-pohon besar dengan membentuk tudung). 






5.      Bioma Hutan Gugur
           



            Bioma hutan gugur adalah bioma yang terletak pada kisaran 30-40 derajat lintang LU/LS denga beriklim sedang. Bioma hutan gugur terdapat di wilayah Amerika Serikat di bagian timur, ujung selatan benua Amerika, Kepulauan Inggris dan Australia. 

Ciri-Ciri bioma Hutan Gugur
·         Curah hujan merata antara 75 - 1.000 mm pertahun 
·         Pohon yang bercirikan lebar, hijau pada musim dingin, rontok pada musim panas dan memiliki tajuk yang rapat
·         Memiliki jumlah/jenis tumbuhan yang relatif sedikit
·         Musim panas yang hangat dan musim dingin tidak terlalu dingin. 
·         Terdiri 4 musim ialah musim panas, gugur, dingin, semi

6.      Bioma Taiga
            Bioma Taiga adalah hutan yang tersusun dari satu spesies misalnya pinus, konifer, dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain moose, beruang, ajag, rubah, beruang hitam, serigala, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan di musim gugur. Taiga banyak ditemukan belahan bumi utara, seperti wilayah negara Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma yang terluas

Ciri-ciri Bioma Taiga
·         Memiliki musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas sangat singkat yakni hanya berlansung 1-3 bulan. 
·         Selama musim dingin, air tanah akan berubah menjadi es yang mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah. 
·         Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit, umumnya hanya terdiri atas dua atau tiga jenis tumbuhan

1.3  Simpulan
      Ada berbagai macam bioma yang memiliki pengertian, penyebaran dan organisme-organisme yang berbeda-beda. Materi bioma ini adalah salah satu cara untuk mengetahui macam-macam bioma beserta ciri-ciri bioma yang berbeda-beda tersebut.

Daftar Pustaka


Dwi. 2016. Pengertian bioma dan definisi bioma beserta ciri-cirinya

Embun bening Diniari. 2018. Mengenal macam-macam bioma

IPA. 2014. Pengertian bioma dan macam-macam bioma

0 comments:

Post a Comment