Pages

Thursday, March 14, 2019

Perkembangan Fisik Manusia dari Masa ke Masa

PERKEMBANGAN FISIK MANUSIA DARI MASA KE MASA


Penulis                      : Annisa F. Hilda
Review                        : M. Ludfi Anwar
Dosen Pembimbing : Samik, S.Si., M.Si

Abstrak
Yang dimaksud dengan perkembangan adalah perubahan yang terjadi pada rentang kehidupan (Papalia & Olds, 2001). Perubahan itu dapat terjadi secara kuantitatif, misalnya pertambahan tinggi atau berat tubuh; dan kualitatif, misalnya perubahan cara berpikir secara konkret menjadi abstrak (Papalia dan Olds, 2001). Dalam buku Human Development, definisi perkembangan manusia adalah proses perubahan dan kemantapan/kematangan yang dilalui sepanjang rentang kehidupan seseorang. Tujuan ilmu perkembangan ini agar manusia lebih mengerti tentang dirinya (Papalia et al,2007). Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia telah terjadi sejak bertemunya sel telur dengan sperma. Perkembangan fisik pada manusia ada beberapa tahap yakni pada masa kanak-kanak, remaja, dan dewasa. Perkembangan tercepat terjadi pada saat setelah kelahiran sampai masa remaja, setelah itu perekembangan fisik cenderung lambat.

Perkembangan Fisik Manusia
Tubuh manusia berubah mulai sejak berupa sel sederhana yang selanjutnya secara bertahap menjadi manusia yang sempurna. Dimulai sejak dari tahap pembuahan dan menjadi zigot lalu berkembang menjadi janin dalam Rahim. Perkembangan manusia mempunyai

bentuk seperti kurva dari saat bayi yang tidak bisa apa-apa, berkembang segala kemampuan tubuhnya dan kembali menjadi tidak bisa apa-apa pada saat tua dan pikun. Perkembangan seseorang sangat dipengaruhi fungsi otak dan kerjahormon. Perkembangan fisik manusia dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Bayi dan Balita
Setelah beberapa minggu dan bulan bayi dilahirkan, dia akan bergerak dengan refleks. COntohnya adalah terkejut yang disebabkan oleh suara atau perubahan posisi yang mendadak, refleks pegang, di mana bayi secara naluriah dapat memegang tangan atau kakinya. Memasuki usia 1 tahun, bayi harus bisa mengangkat kepalanya sendiri, duduk tanpa sandaran, merangkak, berjalan satu atau dua langkah, memegang dan mengambil benda kecil. Balita berumur antara 1 dan 3 tahun harus bisa berjalan tanpa bantuan, dapat melompat, dapat naik tangga, memegang cangkir, menulis, berputar, menyusun puzzle, mewarnai dan membuat lingkaran.

2. Masa Remaja
Masa remaja disebut juga sebagai masa puber. Pada masa puber, terjadi beberapa perubahan fisik karena hormone-hormon seksual pada tahap ini mulai berfungsi. Berikut adlaah perubahan fisik yang umumnya tejadi pada masa remaja:

1. Anak laki-laki :
Dada, pundak, dan bahu menjadi lebar/bidang
Suara membesar dan berat
Tumbuh jakun
Tumbuh kumis
Tumbuhnya rambut di ketiak dan sekitar kemaluan
Tumbuh/timbul jerawat

2.  Anak perempuan:
Pinggul melebar dan membesar
Payudara membesar
Suara menjadi melengking
Tumbuhnya rambut di ketiak dan sekitar kemaluanaa
Timbul jerawa

3. Masa Dewasa
a. Masa Dewasa Awal
Merupakan masa pencarian kemantapan dan masa reproduktif , masa yang penuh dengan masalah dan ketegangan emosional, perubahan nilai-nilai, dan penyesuaian diri pada pola hidup yang baru. Kisaran umur antara 21 sampai 40 tahun.
Kesehatan Badan
Merupakan puncak kemampuan dan kesehatan fisik. Kemampuan reproduktif mereka berada dalam tingkat yang paling tinggi. Namun selama periode ini juga penurunan keadaan fisik juga terjadi. Sejak usia 25 tahun, secara berangsur-angsur kekuatan fisik mengalami kemunduran, sehingga lebih mudah terserang penyakit. Bagi wanita mulai mengalami menopause atau berhentinya menstruasi dan hilangnya kesuburan, berbeda dengan laki-laki yang tetap subur. Hanya beberapa kemunduran fisik juga terjadi secara berangsur-angsur, seperti berkurangnya produksi air mani dan frekuensi orgasme yang cenderung merosot.
Perkembangan Otak
Sel-sel otak berangsur-angsur berkurang. Tetapi, perkembangbiakan koneksi neural (neural conection), khususnya bagi orang-orang yang tetap aktif, membantu mengganti sel-sel yang hilang. Orang dewasa yang tetap aktif, baik secara fisik, seksual, maupun mental, menyimpan lebih banyak kapasitas mereka untuk melakukan aktivitas demikian pada tahun-tahun selanjutnya.

b. Masa Dewasa Madya
Pada umumnya usia dewasa madya atau usia setengah baya dipandang sebagai usia antara 40-60 tahun. Masa ini ditandai oleh perubahan fisik dan mental serta daya ingat berkurang di usia 60 tahun.

Berat badan bertambah  Selama usia madya lemak mengumpul terutama di sekitar perut dan paha.
Berkurangnya rambut dan uban  Untk laki-laki, rambut mulai jarang, menipis, dan terjadi kebotakan pada  bagian atas kepala. Untuk perempuan rambut  semakin tipis dan rambut diatas bibir serta dagu bertambah banyak.
Perubahan pada kulit  Kulit pada wajah, leher, lengan, dan tangan menjadi lebih kering dan keriput. Bagian bawah mata mengembung seperti kantong dan lingkaran hitam di area ini menjadi lebih jelas dan permanen.
Tubuh Menjadi gemuk  Terjadi penggemukan seluruh tubuh yang membuat perut terlihat lebih menonjol, sehingga seseorang menjadi lebih pendek.
Perubahan otot  Menjadi sangat lembek dan mengendur di sekitar dagu, pada lengan atas, dan perut.
Masalah persendian  Memiliki permasalah dengan persendian di sekitar tungkai danlengan.
Perubahan pada gigi  Menjadi lebih kuning.
Perubahan pada mata  Mata terlihat kurang dan cenderung mengeluarkan kotoran mata yang menumpuk di sudut mata.

4. Masa Lanjut Usia
Masa ini dimulai dari umur 60 tahun sampai akhir hayat, ditandai dengan fungsi organ-organ pada tubuh manusia mulai berkurang seiring bertambahnya umur.
Sistem pernanasan  Kapasitas akan menurun pada usia 20 hingga 80 tahun sekalipun tanpa penyakit. Paru paru kehilangan elatisitasnya, dada menyusut, dan diafragma melemah.
Perubahan sistem persyarafan  Berkurangnya penglihatan, hilangnya pendengaran, lebih sensitive suhu, neuron tidak mengganti dirinya sendiri
Perubahan Cardiovaskuler  Penurunan jumlah darah yang dipompa oleh jantung.




REFERENSI

Tim FMIPA UNESA. Sains Dasar. Surabaya: Unesa University Press.
Istiqomah, Nurul. 2016. Psikologi Perkembangan Perkembangan Masa Dewasa. Makalah. (https://www.academia.edu/30038578/PSIKOLOGI_PERKEMBANGAN_PERKEMBANGAN_MASA_DEWASA, diakses 7 Maret 2019)

Permana, Gilang. 2015. Perkembangan Fisik pada Manusia. [online]. (http://www.gudangbiologi.com/2015/02/perkembangan-fisik-pada-manusia.html). Diakses 7 Maret 2019

Magdalena, Maria. 2017. Perkembangan Fisik dan Fsikomotorik pada Manusia (Laki-laki dan Perempuan). Makalah. (https://id.scribd.com/document/358543811/makalah-perkembangan-fisik-manusia-docx, diakses 7 Maret 2019)

Rhenhana. 2014. Fase-Fase Perkembangan Manusia. Makalah. (https://www.academia.edu/37736781/Perkembangan_manusia, diakses 7 Maret 2019)

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete