Pages

Thursday, March 14, 2019

TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MANUSIA PERKEMBANGAN DAN DAMPAK TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN


TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MANUSIA
PERKEMBANGAN DAN DAMPAK TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN

Prihandini Dwi Windasari, Fitri Astutik, Samik,S.Si,M.Si

ABSTRAK: Dijaman sekarang (era digital) manusia sangat bergantung pada teknologi karena, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum,teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Tetapi dengan semakin berkembannya teknologi juga akan ada terjadinya dampak-dampak bagi kehidupan manusia.

I.     Teknologi dan Kehidupan Manusia
Teknologi adalah suatu penerapan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Teknologi ada 2 yaitu ;
·         Teknologi dari sudut pandang IPA
·         Teknologi secara UMUM
Ø Teknologi dari sudut pandang IPA digolongkan menjadi 3 yaitu :
1.      Teknologi Maju ;
Teknologi maju adalah teknologi yang memiliki tingkat kerumitan dan kecanggihan lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi biasa. Contohnya bisa kita ambil dari mesin-mesin hasil dari perkembangan teknologi, yaitu ;
-          Nuklir 
      Bahan ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga, kesehatan/pengobatan, peningkatan daya guna petani, untuk pengawet bahan makanan, pengawet kayu, peningkatan mutu tekstil, penelitian radiografi, hidrologi, peneliti pencemaran lingkungan dan masih banyak lagi pemanfaatan dari mesin teknologi nuklir bagi kehidupan manusia
-          Roket
Mesin teknologi roket ini biasanya digunakan sebagai bahan bakar paday yang mengandung Oksigen, jadi mesin teknologi roket ini tidan perlu dacampur dengan udara
-          Jet
Prinsipnya bahan bakar dicampur udara, dibakar dalam tabung pembakaran. Gas panas yang dihasilkan digunakan untuk menggerakan mesin dan seluruh tubuh pesawat. Mesin jet dapat menggunakan atau tidak menggunakan turbin.
-          Mesin Bakar
Prinsipnya bahan bakar dicampur udara dimampatkan dalam silinder, diledakan dengan bunga api dari busi. Gerakan ini diteruskan oleh roda penerus yang sekaligus memutar mesin dan membuang bahan bakar yang telah terpakai kemudian menempatkan bahan bakar dan udara yang baru, kemudian di ledakan dan seterusnya.
-          Mesin Disel
Prinsip teknologi Mesin Disel ini hampir sama dengan Mesin Bakar hanya saja tanpa menggunakan percikan bunga api dari bahan bakar yang di gunakan yaitu solar.
2.      Teknologi adaptif/madya
Teknologi adaptif atau madya adalah perkembangan dari suatu teknologi suatu negara maju yang penggunaannya masih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan negara yang memerlukan.
Jadi pengertian umum dari teknologi adaptif yaitu teknologi yang menyesuaikan dimana ia tinggal semisal dalam lingkup masyarakat, negara, dan dari kebutuhan masyarakat.
3.      Teknologi protektif
Teknologi protektif adalah Teknologi yang digunakan untuk melindungi, memeliharamdan mengamankan ekologi serta lingkungan hidup bagi manusia atau makhluk hidup di alam.
Contohnya seperti senapan mesin untuk pertahanan diri.
Ø Teknologi Secara Umum
Teknologi secara umum adalah teknologi yang digunakan sehari-hari dalam kehidupan manusia. Tidak jarang lagi di era digital ini manusia dari kalangan anak-anak hingga dewasa memanfaatkan adanya informasi dan komunikasi menggunakan teknologi yang canggih.
Teknologi Secara umum digolongkan menjadi 2 yaitu ;
1.    Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah suatu manajemen sistem informasi berbasis komputer khususnya perangkat keras hardwere dan perangkar lunak softwere. Berbagai fasilitas yang terdiri dari hardwere dan softwere untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat dengan cepat dan berkualitas.
Teknologi Informasi dibagi menjadi 2 yaitu ;
·         Komputer
Komputer dapat digunakan sebagai mesin hirung, mesin tulis, perpustakaan, arsip suatu kantor dan bisa membuat program baik untuk keperluan industri, maupun pertambangan sampai urusan berpendidikan.
Komputer adalah satu alat teknologi untuk menerima berbagai informasi melalui media massa contohnya google, email, menerima atau menyampaikan file dan document.
·         Internet
Internet adalah media komunikasi canggih yang dapat diterima ke seluruh penjuru dunia dengan cepat melalui media massa seperti contohnya ; instagram, facebook, twitter dll. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ketujuan dan dengan biaya yang relatif murah. Imternet dapat digunakan untuk semua tujuan.
2.    Teknologi Komunikasi
Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah stuktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling bertukar informasi dengan individu ke individu lainnya.
Teknologi Komunikasi memiliki beberapa alat untuk menghubungkan pertukaran informasi satu ke informasi lain, yaitu
·         Radio
Radio dapat berkomunikasi dengan jarak jauh tetapi tidak menimbulkan pesan feedback
·         Telepon genggam
Telepon untuk jarak dekat maupun jauh dengan bahasa lisan
·         Televisi
Televisi dapat mengkomunikasikan kesan dan pesan secara utuh, tetapi untuk jarak jauh
·         Satelit Komunikasi
Satelit Komunikasi dapat mempertinggi daya guna semua media yang telah disebut atas dengan meningkatkan daya pancar keseluruh dunia

·         Cinema
Cinema dapat mengkomunikasikan kesan dan pesan secara utuh, baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan


·         Telegravi
Telegravi untuk berita jarak jauh dengan bahasa kode, kemudian diterjemahkan

II.  Perkembangan dan Dampak Teknologi Bagi Kehidupan
Semakin canggihnya teknologi semakin banyak pula dampak teknologi yang diterima di kehidupan manusia, yaitu ;
v  Dampak Teknologi dari sudut pandang IPA
Negatif ; Dampak teknologi IPA terhadap kelangsungan hidup manusia meliputi hampir semua aspek kehidupan, contohnya sandang, papan dan pangan. Teknologi IPA tidak hanya meningkatkan kualitas tetapi juga kuantitas sandang dan papan. Sementara untuk pangan, teknologi IPA dapat meningkatkan produksi dengan diciptakan bibit unggul yang berumur singkat dengan produksi yang tinggi.

Positif ; Terhadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan sumbangan dalam mencari alternatif lain, pengganti sumber energi yang semakin terbatas jumlahnya. Teknologi juga memberikan alternatif dalam mengelola dan memproses sumber daya alam sehingga dapat menurunkan kerusakan serta polusi yang ditimbulkan oleh proses produksi.

v  Dampak Teknologi Secara Umum
Negatif ;
a.       pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris
b.      penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu
c.       kerahasiaan alat tes semakin terancam, melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikolog dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikolog secara langsung dari internet


III.   Simpulan
Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Perkembangan teknologi sangat berperan penting bagi kehidupan dari mulai alam sampai dengan kebutuhan sehari-hari. Didalam kehidupan kita juga pasti akan menggunakan fasilitas teknologi di dunia tetapi ada beberapa yang menyalahgunakan kemajuan teknologi tersebut sehingga dapat merugikan orang lain dalam menggunakan teknologi yang canggi di jaman sekarang.



IV.   Daftar Pustaka

Indrayani, Etin. 2011. Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.12 : hal 1-16

Massofa. 2008. Teknologi dan Kehidupan Manusia. https://massofa.wordpress.com/2008/01/20/teknologi-dan-kehidupan-manusia/ . 20 Januari 2016

Rakim’s.2008. Dampak Teknologi Terhadaap Kehidupan Manusia. http://rakim-ypk.blogspot.com/2008/06/dampak-teknologi-terhadap-kehidupan.html. 09 Juni 2018

Sagirani, Tri. 2013. Konsep Dasar Sistem Informasi. http://blog.stikom.edu/tris/files/2013/02/review-materi.pdf. 23 Fabruari 2015

(DIPOSTING OLEH KELOMPOK 3)

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete