Pages

Thursday, March 14, 2019

BERBAGAI MACAM BIOGEOKIMIA DIANTARANYA, DAUR NITROGEN DAN DAUR KARBON


Penulis                         : Fadilah Rahayu
Reviewer                     : Rismawardhani
Dosen Pengampu        : Samik, S.Si., M.Si.

BERBAGAI MACAM BIOGEOKIMIA DIANTARANYA, DAUR NITROGEN DAN DAUR KARBON

Abstrak : Daur karbon dan nitrogen adalah salah satu siklus biogeokimia yang terjadi di biosfer ini. Karbon masuk ke ekosistem melalui proses respirasi. Biomassa hutan sangat berperan dalam siklus biogeokimia terutama dalam daur karbon. Tumbuhan mengambil karbon dioksida untuk fotosintesis dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Oksigen suling adalah jumlah oksigen dalam bentuk air yang dihasilkan oleh tanaman air sebagai hasil fotosintesis. model penelitian ini untuk mengetahui proses dan pengaruh siklus karbon. Perawatan untuk penelitian ini memberikan sinar matahari langsung pada model dan menempatkan model di tempat gelap. Hasil dari penelitian ini adalah model yang ditempatkan di tempat gelap tidak dapat melakukan fotosintesis sehingga daur karbon tidak terjadi dalam perawatan ini. Sementara model yang ditempatkan di bawah sinar matahari langsung melakukan fotosintesis. Sebagai salah satu unsur pembatas pertumbuhan, nitrogen juga memainkan peran penting dalam mengkontrol produktivitas biologis.
 
Ilmu Alamiah Dasar sendiri sering disebut sebagai Ilmu Alamiah Pengetahuan Alam (IPA) yaitu ilmu pengetahuan yang memahami tentang gejala-gejala pada alam semesta termasuk bumi, sehingga terbentuklah konsep dari sebuah prinsip.  Dalam lingkungan, unsur-unsur kimia termasuk dalam hal penting yang akan beredar di biosfer mengikuti jalur-jalur tertentu yaitu lingkungan (tanah, air, dan udara) masuk ke dalam organisme melalui rantai dan jaring makanan, dan dari organisme ke lingkungan.
Ekosistem merupakan satu dari komponen-kompenen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi, sehingga terjadi hubungan timbal balik dalam prosesnya. Setiap komponen abiotik senyawa menjadi sebuah bahan organik di dalam tubuh komponen biotik. Materi abiotik yang merupakan unsur-unsur penyusun bahan organik di dalam tubuh komponen biotik tidak hilang apabila komponen biotik tersebut mati, melainkan di daur ulang kembali melalui beberapa proses reaksi secara alamiah. Daur ulang materi tersebut melibatkan makhluk hidup dan batuan geofisik. Maka dari itu proses ini disebut daur atau siklus biogeokimia atau biasa disebut siklus organik-anorganik.



Batu bara yang terdapat didalam tanah ini akan digunakan untuk bahan bakar yang juga akan membuat bertambahnya kadar CO2 di udara. Pada ekosistem di air, pertukaran sebuah CO2 dengan atmosfer dilakukan secara tidak langsung. Sebaliknya, pada saat organisme air bernafas, CO2 yang dikeluarkan oleh mereka akan menjadi bikarbonat. Jumalah dari bikarbonat pada air akan menjadi seimbang dengan CO2di air.
Kehilangan karbon dalam aktifitas pertanian misalnya karena penambahan karbon ke atmosfer lebih banyak dari pada yang disebabkan karena yang diikat oleh tanaman-tanaman tidak dapat menggantikan karbon yang dilepaskan dari tanah, terutama yang diakibatkan karena seringnya pengolahan tanah. Siklus karbon sendiri memiliki arti yang luas. Alam siklus karbon cadangan di atmosfer adalah sangat kecil jumlahnya jika dibandingklan dengan jumlah karbonyang ada didalam laut, minyak bumi dan cadangan-cadangan lain di dalam kerak bumi.
Daur biogeokimia bisa diklarifikasikan dengan gas, Siklus gas cenderung bergerak lebih cepat daripada sedimen dan dapat menyesuaikan lebih mudah terhadap perubahan biosfer karena reservoir atmosfer yang besar. pertukaran atau perubahan yang terus menerus, antara komponen biosfer yang hidup dengan tak hidup. Karbon dioksida berperan sebagai penyusun atmosfer yang memainkan beberapa peran penting dalam lingkungan.  


Tumbuhan akan menyerap nitrogen di bentuk nitrat yang ada di tanah untuk menyusun sebuah protein di tubuhnya. Saat tumbuhan dimakan herbivora, nitrogen yang ada akan berpindah ke hewan bersama dengan makanan tadi. Saat tumbuhan dan hewan mati atau sisa hasil pembuangan makanan akan di uraikan menjadi amonium dan amonia yang dibantu dengan dekomposer. Amonia akan diubah menjadi nitrit oleh bakteri nitrit, proses ini dinamakan nitritasi. Nitrogen ini mempunyai ikatan stabil dan sulit untuk bereaksi, oleh karen aitu nitrogen tidak bisa digunakan atau dimanfaatkan secara langsung oleh makhluk hidup.
Kesimpulan :
Daur biogeokimia adalah aliran ion atau molekul dari nutrin yang dipindahkan dari lingkungan ke organisme (komponen hidup) dan dikembalikan lagi ke komponen tak hidup (abiotik). Dau biogeokimia yang terpenting adalah daur karbon dan oksigen, siklus nitrogen, dan siklus fosfor. Daur biogeokimia terdiri dari daur karbon, daur oksigen, daur nitrogen, daur fosfor, dan daur belerang. Keseimbangan daur ini perlu dijaga. Jika, kegiatan manusia tidak memperhatikan lingkungan, keseimbangan unsur dalam siklus akan terhambat sehingga komponen yang seharusnya menjadi berantakan.
Daftar referensi :
Cambbell, N.A., etal. 2003. Biology (Concept and Conection). 4thEdition. San Francisco: Benyamin Cummings.
Kuncoro.2007.Pola dan Tipe Dasar Siklus Biogeokimia. Online (http://kun.co.ro/2007/01/10/, diakses 18 Februari 2009).
Anonim. 2009. Siklus Biogeokimia. Online (http://id.wikipedia.org/wiki/Siklus_karbon, diakses 18 Februari 2009).




1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete