Pages

Tuesday, March 12, 2019

Fenomena Gravitasi Bumi oleh Newton


Fenomena Gravitasi Bumi oleh Newton
Avita Nur Rohmah,Yenni Febrianti, Samik S.Si.M.Si


Abstrak

Bumi merupakan planet yang menepati urutan ketiga terdekat dengan matahari, bumi juga merupakan satu-satunya planet yang dapat di tinggali oleh makhluk hidup termasuk manuia karena sumber daya mineral  bumi dan produk-produk biosfer lainnya bersumbangsih terhadap penyediaan sumber daya untuk mendukung populasi manusia. Sejak duduk di bangku sekolah dasar siswa telah belajar mengenai bumi yang bergerak mengelilingi matahari pada lintasannya, begitu pula dengan palenet-planet yang lainnya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi dan mengapa antara planet satu dengan yang lainnya tidak terjadi benturan. Bukankah di antara bumi dan bulan hanya ada ruang kosong, dengan demikian pastilah ada gaya tertentu yang menyebabkan itu semua terjadi. Dan fenomena yang sering kita amati lainnya yaitu buah yang jatuh dari pohonnya selalu  megarah ke bawah. Semua itu terjadi akibat dari adanya gaya gravitasi. Menurut ilmuaan Isaac Newton apabila ada dua benda berdekatan, akan timbul gaya gravitasi atau gaya tarik-menarik antar benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antarakedua benda, yang kemudian disebut dengan konsep hukum gravitasi universal. Untuk itu dari contoh di atas antara mekanika benda langit dan mekanika  bumi adalah suatu pengetauan yang berbeda yang memiliki sub babnya masing-masing.

ISI

Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap, dan sesungguhnya jika keduanya akan lenyap maka tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah". (QS.Faathir, 35:41) dari ayat tersebut membuktikan bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta  ini ada berkat kekuasaan dan kebesaran Allah. Allah adalah sebaik-baik pencipta yang sangat detail dalam penciptaan segala sesuatu termasuk gaya garavitasi yang di miliki oleh benda-benda di lagit. Banyak orang yang telah mengetahui bahwa planet-planet di luar angkasa bergerak mengelilingi matahari sesuai dengan garis lintasannya karena matahari di sini merupakan pusat tata surya. Antara satu dengan yang lainnya tidak terjadi benturan sedikitpun. Namun masih bayak orang yang belum memahami tentang konsep gravitasi itu sendiri.
           
Untuk itu saya akan menuliskan sedikit penjelasan mengenai gaya gravitasi dan gaya gravitasi bumi sendiri. Berangkat dari pengalaman Newton saat mengamati sebuah apel yang jatuh dari pohonnya,  menimbulkan pertanyaan mengapa buah apel tersebut dapat jatuh ke permukaan bumi sedangkan planet-planet di luang angkasa sana tidak, dari kejadian tersebut pada tahun 1687 Newton mencetuskan  hukum yang di sebut denagn hukum gravitasi universal yang berbunyi  Setiap benda dalam alam semesta ini selalu menarik partikel lain dengan gaya yang besarnya berbanding lurus dengan massa partikel-partikel itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya
 Gravitasi universal memiliki arti bahwasanya gravitasi dimiliki oleh semua benda di alam semesta.. Hukum gravitasi universal ini menjelaskan bagaimana benda berinteraksi tarik-menarik. Gagasan hukum gravitasi universal dapat kita pahami sebagai berikut, "tiap benda dalam jagat raya ditarik ke arah semua benda lain oleh suatu gaya yang makin kuat dengan makin besarnya massa benda-benda itu, dan dengan dekatnya benda itu satu sama lain.
Dapat di gambarkan sebagai berikut :
Gambar 1.1 Rumus Gaya Gravitasi

F   = besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
G  = konstanta gravitasi ( 6,6x10-11 Nm2/kg2 )
m1= besar masa titik pertama
m2 = besar masa titik kedua
R  = jarak antara dua massa titik
g   = percepatan garvitasi

Menurut Newton antara bumi dan benda benda lainnya timbul gaya tarik menarik dimana terdapat bum menarik benda dan benda menarik bumi. Gaya tarik tersebut di sebut dengan gaya berat atau berat benda, yang disebut Newton dengan hukum gravitasi Newton



Gambar 1.2 Massa benda




 

Dari persamaan di atas  dapat diketahui bahwa gaya berat akan berbanding lurus dengan massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat dirumuskan dengankuadarat jarak. Dapat dirumuskan denagan :




Gaya garvitasi bumi yaitu gaya tarik yang menyebabkan semua benda yang ada di bumi cenderung tertarik kepuat bumi. Gravitasi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena dari gaya tersebut mengakibatkan semua benda yang ada di bumi memiliki  massa sehingga benda tersebut tidak melayang-layang di udara.  Sebagai contoh yaitu buah-buahan yang jatuh dari pohonnya, orang terjun payung dan benda yang di lempar ke atas akan tetap jatuh ketanah karena adanya gravitasi tersebut.
Sebagai contoh lain bumi merupakan sebuah benda dan matahari juag sebuah benda maka menurut hukum gravitasi akan ada interaksi tarik menarik antara keduanya. Gaya gravitasi yang disebabkan oleh keduanya kan menyebabkan perbedaan musim dipermukan bumi selain itu gaya gravitasi bumi dan matahari juga menimbulkan revolusi bumi agar bumi tidak tertarik oleh matahari. Sedangkan gaya gravitasi antara bumi dan bulan menyebabkan terjadinya pasang surut air laut,yaitu saat bumi menarik bulan kepusat bumi namun bulan tetap mempertahankan posisinya sehingga bulan dapat berbutar pada porosnya sekaligus mengitari bumi.


                                            Gambar 1.2 Fenomena Pasang Surut       

Percepatan gravitasi adalah percepatan suatu benda akibat gaya gravitasi. Gaya gravitasi bumi tidak lain merupakan berat benda, yaitu besarnya gaya tarik bumi yang bekerja pada benda. Sebagai contoh yaitu saat buah jatuh dari pohonnya, karena terdadap gaya gravitasi yang menarik buah tersebut  maka buah itu jatuh kebawah. Percepatan iilah yang di sebut dengan percepatan gravitasiyang di lmbngkan dengan huruf g.  Percepatan gravitasi dapat di rumuskan dengan :



Kesimpulan

Benda-benda di bumi cenderung tertarik kepusat bumi. Hal ini merupakan akibat adanya gaya tarik bumi atau gaya gravitasi bumi. Menurut Newton, apabila ada dua benda berdekatan, akan timbul gaya gravitasi atau gaya tarik-menarik antar benda. Gaya gravitasi ini sesuai dengan hukum Newton yang berbunyi .“Semua benda di alam akan menarik benda lain dengan gaya yang besarnya sebanding denga nhasil kali massa partikel tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.” Akibat dari adanya gaya gravitasi bumi adalah tertariknya semua benda yang terdapat di permukaan bumi menuju pusat bumi, misalnya yaitu buah kelapa yang sudah tua akan jatuh kebawah akibat adanya gaya gravitasi tersebut. Fenomena yang lain yang di timbulkan gravitasi bumi yaitu terjadinya pasang surut air laut.

DAFTAR PUSTAKA

FMIPA, Tim.2017. Sains Dasar. Surabaya. Unesa University Press.

Minan, Muhammad.2017. Penentuan Besar Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Ayunan Matematis Dengan Berbagai Metode Pengukuran. Vol 6 (1): 47–53.

Tiandho, Yuant.2017. Koreksi gaya Garvitasi dan efek Gravitoelektromagnetisme Berdasarkan entropi Gravitasi Kuantum. Vol.18.

Triyunda, Uci. 2017. Gravitasi Bumi.
https://www.kompasiana.com/ucitridanisa/59aac6c182386a167d0950d3/gravitasi-bumi.
4 Maret 2019

Akbar, Dedi. 2015. Belajar Memahami fisika Gravitasi Bumi.
4 Maret 2019.



0 comments:

Post a Comment