Pages

Thursday, March 14, 2019

REVOLUSI TRANSPORTASI MENGUBAH KEHIDUPAN NEGERI


REVOLUSI TRANSPORTASI MENGUBAH KEHIDUPAN NEGERI
Eva Triana (18041184036), Hening Alifia (18041184037), Samik, S.Si., M.Si.
ABSTRAK:
Di era zaman sekarang, perkembangan dalam perubahan dunia sangatlah pesat. Dengan adanya sebuah perkembangan yang semakin maju membuat masyarakat umum menjadi mudah dalam melakukan suatu hal. Salah satu perkembangan yang cukup berdampak pada dunia yaitu sarana transportasi. Semakin berkembangnya sebuah sarana transportasi membuat masyarakat semakin mudah menjalin hubungan antar manusia, sejak zaman purba hingga saat ini revolusi transportasi berkembang sangatlah pesat. Oleh karena itu sarana transportasi sangatlah dibutuhkan.
Kata kunci : transportasi, perkembangan transportasi, revolusi transportasi
ISI:
                             Gambar :Sarana transportasi masa kini                                                                        
                           http://www.sakadoci.com/2015/11/macam-alat-transportasi-darat-laut-dan.html

Transportasi merupaan sarana yang sangat berperan dalam kehidupan manusia, baik untuk kelangsungan interaksi antara manusia, maupun sebagai alat untuk memudahkan manusia dalam memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain (Hermawan :2016)
Perkembangan sejarah transportasi dari dulu hingga sekarang bergerak secara perlahan-lahan. Dengan adanya perubahan mengakibatkan perkembangan transportasi yang dapat memudahakan manusia saat ini. Karena adanya sarana transportasi dapat mengubah suatu negara menjadi lebih baik dalam melakukan suatu hal. Salah satunya dalam pengantaran barang ekspor impor.
 Pertama kali sarana transaportasi pada zaman dahulu yang terjadi yaitu perjalanan jarak jauh berjalan kaki pada zaman paleolithic. Pada zaman ini memang terkenal dengan segi primitifnya. Selain dengan jalan kaki pada saat itu juga menggunakan hewan untuk menyeret barang berat yang tidak bisa diangkat oleh manusia dan penggunaan rakit di sungai.Sarana transportasi untuk saat ini memanglah sangat dibutuhkan. Sesuai dengan keberagaman kebutuhan manusia saat itu yang lebih banyak menggunakan alat transportasi tersebut.
Sarana transportasi memiliki berbagai ragam. Dari yang sederhana higga yang sudah menggunakan teknologi canggih. Dengan berbagai macam kendaraan yang ada di dunia membuat masyarakat juga mendapat keuntungan dari hal tersebut.
Menurut Utomo, transportasi memiliki fungsi dan manfaat yang terklarifikasi menjadi beberapa bagian penting. Transportasi memiliki fungsi yang terbagi menjadi dua yaitu melancarkan arus barang dan manusia , kemudian menunjang perkembangan pembangunan.
Sedangkan manfaat transportasi menjadi empat klasifikasi yaitu :
1.      Manfaat Ekonomi
Kegiatan ekonomi bertujuan memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi adalah salah satu jenis kegiatan yang menyangkut peningkatan keburuhan manusia saat ini.
2.      Manfaat Sosial
Transportasi juga memudahkan berbagai macam kemudahan, seperti pelayanan untuk perorangan maupun kelompok, pertukaran atau penyampain informasi,dll.
3.      Manfaat Politis
Transportasi menciptakan persatuan dan keamanan negara.
4.      Manfaat Kewilayahan
Memenuhi kebutuhan penduduk baik desa maupun kota untuk lebih gampang dalam melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan transprtasi.
Ada juga dampak dari sarana transportasi, baik dampak positif maupun dampak negatif. Karena sarana transportasi saat ini semakin membludak sehingga menyebabkan berbagai macam dampak untuk masyarakat umum saat ini.
Dampak Positif
Dengan diciptakannya sarana transportasi seperti sepeda, sepeda motor, mobil, bus, kereta api, pesawat, dll. Sangatlah menguntungkan masyarakat sekitar, transportasi saat ini sangatlah efektif dan efisien karena cukup memudahkan seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan yang mendukung kebutuhan finansial masyarakat.
Dampak Negatif
Timbulnya pencemaran lingkungan disebabkan oleh asap kendaraan tersebut. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan saat ini menyebabkan lingkungan menjadi tercemar sehingga mengakibatkan polusi udara. Kemudian timbulnya pencemaran suara(kebisingan) karena penggunaaan alat-alat berat untuk kontrusi bangunan.
Sehingga dapat menimbulkan , iritasi, serta penyakit paru-paru,dan akibat kebisingan alat transportasi dapat mengakibatkan gangguan psikologis maupun fisiologis manusia.
KESIMPULAN:
Banyaknya sarana transportasi saat ini sangatlah memudahkan masyarakat umum dalam melakukan suatu kegiatan yang dapat mempersingkat waktu perjalanan. Bahkan mungkin akan muncul sarana-sarana transportasi terbaru dimasa mendatang untuk memudahkan manusia melakukan suatu hal. Meskipun sarana transportasi memiliki berbagai macam dampak, tetapi sarana transportasi sangatlah dibutuhkan untuk saat ini bahkan kemudian hari.
DAFTAR REFERENSI:
Nasrudin, Harun dkk. 2012. Sains Dasar. Edisi kedua. Surabaya: Unesa University Press

Ayuwardhani, Hilmawati. 2013. PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA.http://hiilma.blogspot.com/2013/10/pengaruh-perkembangan-teknologi_16.html. 5 Maret 2019

Sakadoci.2015. Macam Alat Transportasi Darat, Laut dan Udara, Masal dan Individu.http://www.sakadoci.com/2015/11/macam-alat-transportasi-darat-laut-dan.html. 5 Maret 2019


1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete