Pages

Wednesday, March 13, 2019

KATAKAN TIDAK PADA SUMBER DAYA YANG MUSNAH
 (Diva Hairiannissa, Intan Desy Ekasari, Samik S.Si M.Si)

ABSTRAK
Alam di dunia ini terbagi menjadi banyak sekali seperti gunung, laut, sungai, dan sebagainya. Kemanapun kita pergi pasti akan berjumpa dengan alam dan lingkungan. Dalam kehidupan sehari-hari, segala aktivitas manusia sangat bergantung dengan alam. Tentunya dibalik banyaknya macam alam di dunia ini juga pastinya memilki banyak manfaat didalamnya. Seperti gunung yang memiliki manfaat menghasilkan sumber air yang jernih, hutan dengan beberapa tumbuan dan hewan didalamnya yang bisa dimanfaatkan demi kepentingan atau keberlangsungan hidup manusia. Adapula barang tambang, minyak bumi, gas alam, dll.

ISI
Pengertian dari sumber daya alam sendiri adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam terbagi menjadi dua yaitu biotik maupun abiotik. Pengertian biotik adalah semua lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup dan tak pernah habis seperti contohnya hewan dan tumbuhan. Sedangkan abiotik merupakan sumber daya alam yang mempunyai jumlah terbatas karena pembetukannya membutuhkan waktu yang cukup lama seperti sinar matahari, air, dan udara. Meskipun zaman semakin canggih dengan teknologi yang kian berkembang pesat, kita pun tak terlepas dari yang namanya sumber daya alam yang ada. Coba bayangkan jika makhluk hidup tanpa sumber daya alam. Pastilah mereka tidak dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lebih lama.
Walaupun kapasitas sumber daya alam yang ada di dunia ini bisa terbilang cukup melimpah, namun kita harus tetap menjaga dan melestarikan keberadaannya agar tidak punah. Kita harus terus menyeimbangkan ekosistem di dunia. Maka dari itu alam sangat membutuhkan sikap kita yang bijak dalam menggunakannya serta kepedulian kita yang tinggi dalam upaya merawatnya. Jangan sampai kita menggunakannya dengan sesuka hati tanpa memikirkan bagaimana kedepannya. Jangan sampai keserakahan membuat kita menyesal dikemudian hari.


Gunung, sebagai salah satu penghasil sumber daya alam
Dewasa ini, sumber daya alam kian menipis akibat ulah manusia. Seperti yang diberitakan di salah satu stasiun tv luar negri yang mengatakan bahwa dalam jangka beberapa tahun lagi, persediaan air bersih di bumi kemungkinan akan punah. Dimulai dari luar negri, kemudian masuk ke ibukota Indonesia yakni Jakarta.
Dalam hal ini tak dapat dipungkiri lagi bahwasanya pelaku utama yang menghabiskan stok air bersih adalah manusia. Bagaimana tidak, manusia seringkali merasa egois dengan memakai air dalam jumlah yang banyak. Contohnya ada beberapa oknum yang dengan santainya menyemprotkan air yang diminumnya ke jalanan. Mereka merasa bahwa toh air merupakan sumber daya alam yang tidak dapat habis. Namun nyatanya jika dipakai secara terus-terusan pasti akan menipis. Dari sini dapat dilihat bahwa masyarakat sangat tidak peduli akan air bersih.
Disisi lain ada juga punahnya beberapa jenis hewan yang disebabkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Semua dilakukan demi memenuhi kantongnya. Ada yang memburu demi mengambil bagian tubuhnya seperti kulit, tanduk, tulang, taring, dan lainnya lalu kemudian diolah menjadi barang yang bernilai tinggi. Adapula yang membuka lahan sehingga para hewan ini terpaksa dipindah tempatkan ke yang bukan habitatnya. Jika dipindahkan seperti itu, maka jika tidak terjadi kecocokan antara hewan dan habitatnya maka hal itu juga bisa menjadi penyebab mengapa kapasitasnya berkurang.
Dalam mengelola sumber daya hayati, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara seksama yakni:
1. Prinsip daya toleransi
Dalam memanfaatkan sumber daya alam, terdapat suatu batasan di dalamnya. Baik secara geografis maupun ekologis oleh daya toleransi terhadap lingkungan.
2. Prinsip inoptimum
Tidak ada SDA hayati yang dapat tumbuh dalam suatu lingkungan yang optimum bagi semua faktor lingkungan yang mempengaruhinya
3. Prinsip Faktor pengontrol
Faktor pengontrol ini harus difungsikan dengan baik sehingga populasinya akan terus terjaga
4. Prinsip ketanpabalikan
Salah satu penyebab suatu SDA punah ialah karena ia tidak dapat memperbaharui dirinya sendiri karena faktor fisis dan biologis
5. Prinsip Pembudidayaan
SDA yang telah dibudidayakan harus terus dirawat dan dijaga agar tidak terjadi kepunahan populasi.
Dari lima prinsip diatas dapat dilihat bahwa sumber daya alam dapat punah karena faktor fisis maupun biologis. Hal inilah mengapa terdapat suatu batasan dan harusnya ada suatu sikap toleransi dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Simpulan
Seharusnya kita sebagai pengguna sumber daya alam memanfaatkannya dengan bijak dengan menggunakannya seperlunya atau bisa juga melestarikannya dengan tidak melakukan kegiatan membakar hutan, memburu hewan, menebang pohon secara illegal, ataupun menangkap ikan dengan bahan peledak. Permasalahannya adalah jika sumber daya alam punah maka manusia nantinya akan sulit untuk bertahan hidup. Karena alam merupakan suatu hal yang berkontribusi sangat besar bagi keberlangsungan hidup jutaan bahkan lebih umat manusia. Jadi, kita sebagai manusia jadilah orang yang cerdas dan bijak yang dapat menggunakan sumber daya alam seperlunya serta terus menjaga eksistensinya agar tidak ada kata punah.

Referensi

Rizki, Bagus. 2016. Pengertian Biotik dan Abiotik beserta Komponennya. https://bagus-on.blogspot.com/2016/03/pengertian-biotik-dan-abiotik-beserta.html. 2 Maret 2019.

Latifa, Rifda. Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. https://www.academia.edu/30371913/Sumber_Daya_Alam_dan_Lingkungan_Hidup. 2 Maret 2019.
Purnomo, Tarzan.2012. Sains Dasar : Ekosistem,Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Surabaya:UNESA University Press.




0 comments:

Post a Comment