Pages

Wednesday, March 13, 2019

Pengertian energi dan sumber-sumber energi


Penulis            : Bagaskoro Yuwandita
Reviewers       : Prihandini Dwi Windasari
Dosen pengampu : Samik, S.Si.,M.Si

Pengertian energi dan sumber-sumber energi   

Pengertian energy
Energi dapat kita peroleh dari sumber-sumber energy yang ada di sekitar kita. Sumber energi yang diperlukan oleh pelari untuk berlari berasal dari bahan makanan yang dimakan. Selain makanan masih ada banyak lagi energy misalnya matahari, listrik, bahan bakar minyak bumi. Energi adalah ukuran dari kesanggupan benda tersebut untuk melakukan suatu usaha. Energy sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu energia yang berarti untuk melakukan usaha. Energy merupakan besaran yang kekal, artinya energy tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat diubah menjadi suatu bentuk ke bentuk yang lain namun tidak merubah jumlah atau besar energy secara keseluruhan. Dalam kehidupan sehari-hari energi ialah kemampuan untuk melakukan gerak, jika suatu obyek mampu untuk melakukan gerakan, maka obyek tersebut dikatakan mempunyai energy.
Jenis-jenis energi
Energy matahari
 adalah energy yang akan dipancarkan oleh matahari dikenal dengan energy surya energy memberikan kita panas dan energy cahaya yang bebas biaya. Energy surya mempunyai banyak aplikasi seperti oven surya, pemanas,lampu merah yang menggunakan tenaga matahari. Contoh dalam kehidupan sehari ketika kita sedang menjemur pakaian atau sedang menjemur ikan asin, kita menggunakan energy panas matahari.
Energy Kinetik  
 Energy kinetic adalah energy yang dimiliki seperti benda untuk bergerak dikenal sebagai energy kinetic. Contoh energy kinetic adalah mobil yang melaju, peluru yang bergerak atau yang sedang meluncur, air yang mengalir.
Energi potensial
energi potensial adalah energi yang mempengaruhi benda karena posisi (ketinggian) benda tersebut yang mana kecenderungan tersebut menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan dari energi potensial tersebut satuan SI untuk mengukur usaha dan energi adalah joule (symbol J). Sebagai contoh: pegas yang ditarik, air yang disimpan dalam bendungan, batu yang terletak diatas bukit, busur dan anak panah yang dibentangkan.

Energi Nuklir
energi nuklir adalah energi yang dilepaskan ketika dua cahaya inti yang berfungsi untuk membentuk inti yang berat atau ketika inti yang berat terbagi menjadi dua inti ringan yang dikenal sebagai jumlah energi. Energi nuklir yang dilepaskan sangat besar contohnya yaitu nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.
Energi Listrik
Energi listrik ialah energi yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik yang diam (statis) menimbulkan energi potensial listrik, sedangkan muatan listrik yang bergerak (dinamis) menimbulkan arus listrik dan medan magnet.
Sumber-sumber Energi
A.    Sumber Energi Tidak Terbaharui (non-renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang tidak dapat diisi atau dibuat kembali oleh alam dalam waktu yang singkat. Sumber energi yang tidak terbaharui yaitu:

1.      Minyak Bumi minyak bumi adalah zat cair yang licin dan mudah sekali terbakar yang terjadi sebagian besar karena hidrokarbon. Menurut teori minyak biumi berasal dari sisa-sisa binatang kecil dan tumbuhan yang hidup di laut pada jutaan tahun yang lalu yang mengendap dan dapat tekanan dari lempengan bimu sehingga secara alami larut dan berubah menjadi minyak bumi.

2.      Batubara Batubara adalah batuan sedimen yang berasal dari material organik (organoclastic sedimentary rock), yang memiliki kandungan utama berupa karbon, oksigen, dan hydrogen. Batubara ini merupakan hasil akumulasi tumbuhan dan material organic pada suatu lingkungan pengendapan tertentu batubara yang kita kenal dibentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang terkubur di dasar rawa selama jutaan tahun yang lalu.

B.     Energi Alternatif   sumber energi terbaharui (renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam. Berikut ini adalah yang termasuk sumber energi.

1.      Matahari energi matahari diperoleh dari cahaya panas yang merupakan komponen dari panas matahari. Selain memanaskan air energi ini bisa diubah jadi listrik secara global, matahari menyediakan 10.000 kali energi bumi yang dapat dimanfaatkan siapapun secara Cuma-Cuma atau gratis.

2.      Panas Bumi panas bumi adalah energi panas yang berasal dari dalam bumi energi panas ini dihasilkan di inti bumi yang ditimbulkan oleh peristiwa peluruhan partikel-partikel radioaktif didalam batuan.
3.      Biomassa merupakan sumber energi yang dapat diperbarui karena tumbuhtumbuhan dapat kita tanam setiap saat.
   

Ini contoh gambar energi panas



Contoh gambar energi listrik

Kesimpulan
Dalam kegiatan kita sehari-hari kita juga membutuhkan energi, dari energi matahari, energi listrik, dan masih banyak lagi energi yang kita gunakan.kita menggunakan energi tersebut tidak di pungut biaya sama sekali atau gratis jadi kita bisa menggunakan energi tersebut semau kita. Tetapi kita juga harius menghemat sumber energi yang ada contohnya seperti minyak bumi.





Daftar pustaka


0 comments:

Post a Comment