Pages

Tuesday, March 12, 2019

DAMPAK KERUSAKAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN TERHADAP MANUSIA BIASA DI INDONESIA


DAMPAK KERUSAKAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN TERHADAP MANUSIA BIASA DI INDONESIA

Iis Widayawati, Ilanti Febria Saraswati, Samik S.Si.,M.Si

ABSTRAK
Sumber daya alam dan lingkungan ialah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat di manfaatkan oleh manusia sebagai peranan pemenuhan kebutuhan manusia. Contohnya sumber daya alam yang ada di Indonesa. Tingginya keanekaragaman sumber daya alam membuat Indonesia semakin kaya akan sumber daya alam dan lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam di bagi berdasarkan sifatnya dapat di golongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jika  Keanekaragaman sumber daya alam dan lingkungan tidak di manfaatkan dengan baik oleh manusia maka akan menimbulkan kerusakan lingkungan dan berdampak pada manusia itu sendiri. Banyaknya kerusakan lingkungan yang ada di Indonesia saat ini mengakibatkan semakin menipisnya sumber daya alam dan menurunnya kesejahteraan manusia.
ISI
Sumber daya alam dan lingkungan di Indonesia merupakan kekayaan alam yang di miliki Negara Indonesia. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam serta sebagai peranan pemenuhan kebutuhan manusia. Sumber daya alam ada yang dapat di perbarui dan ada yang tidak dapat di perbarui. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui seperti air, tanah, tumbuhan, hewan dll. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti batu bara, gas bumi, minyak bumi dan lain sebagainya. Di indonesia memiliki penduduk yang tidak sedikit dan setiap manusia pastinya akan menggunakan sumber daya alam untuk kesejahteraan hidupnya. Minimnya pendidikan serta pemakaian sumber daya alam secara terus menerus dapat mengakibatkan menipisnya sumber daya alam di Indonesia. Kerusakan – kerusakan yang disebabkan manusia menimbulkan dampak yang sangat signifikan pada perkembangan kehidupan manusia.
Sumber daya alam adalah hasil kekayaan alam yang diperoleh, diolah dan digunakan oleh manusia untuk memenuhi kehidupan setiap harinya. Salah satu penyebab yang mengakibatkan sumber daya alam mulai habis yaitu kerusakan sumber daya alam. Kerusakan sumber daya alam di akibatkan oleh 2 faktor yaitu faktor sumber daya manusia dan faktor alam. Berikut ini beberapa dampak kerusakan sumber daya alam yang sering terjadi :
1.      Kerusakan sumber daya alam sungai



 






Kerusakan sumber daya alam sungai memiliki pengaruh besar terhadap manusia yang tinggal di bantaran sungai. Sungai yang mengalami kerusakan akibat pencemaran limbah dapat mengakibatkan ikan - ikan tercemar berbagai zat berbahaya. Sehingga ikan – ikan tersebut jika dikonsumsi akan menimbulkan berbagai macam penyakit pada manusia. Salah satunya penyakit kanker.
2.      Dampak Kerusakan Sumber Daya Alam Hutan



 




       Kerusakan sumber daya alam hutan seperti yang ada di gambar merupakan kerusakan yang di akibatkan oleh pembakaran hutan. Selain adanya pembakaran hutan yang di lakukan oleh manusia, biasanya juga terjadi penebangan liar yang juga di lakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Adanya kerusakan hutan akan berdampak pada kesejahteraan manusia. Manusia akan sulit bernafas karena tidak ada tumbuhan yang menyerap karbondioksida menjadi oksigen. Selain itu, jika terjadi hujan lebat akan mengakibatkan banjir karena tidak adanya tumbuhan yang menyerap air hujan.

3.      Dampak Kerusakan Sumber Daya Alam Terumbu Karang



 





Di indoensia, laut merupakan sumber daya alam yang sangat kaya akan keanekaragaman makhluk hidupnya. Kerusakan terumbu karang disebabkan karena adanya penangkapan ikan secara ilegal dan hal tersebut akan mengakibatkan hilangnya tempat tinggal ikan. Dampak yang terjadi juga terdapat pada manusia yang bekerja sebagai nelayan. Penghasilan nelayan menjadi semakin sedikit karena ikan-ikan berperpindah mencari terumbu karang yang masih bagus.
4.      Dampak Kerusakan Sumber Daya Alam Tanah



 






Tanah menjadi tempat bertumbuhnya berbagai tumbuhan. Kerusakan sumber daya alam pada tanah biasanya diakibatkan karena  musim kemarau dan pencemaran tanah oleh zat kimia yang digunakan oleh petani. Kerusakan sumber daya alam tanah akan berdampak besar pada petani yaitu tanah yang tidak subur mengakibatkan panen yang tidak maksimal, sehingga petani mengalami kerugian.



KESIMPULAN
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang di hasilkan oleh alam dan dapat dimanfaatkan manusia. Negara Indonesia merupakan Negara yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang melimpah. Namun keanekaragaman tersebut jika tidak di manfaatkan dengan baik maka akan mengakibatkan kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan yang terjadi akan berdampak pada manusia yang tinggal di Indonesia. Macam – macam kerusakan lingkungan yaitu kerusakan sungai, pembakaran hutan, terumbu karang dan tanah yang mengalami kekeringan. Semua kerusakan lingkungan tersebut memiliki dampak besar pada kesejahteraan manusia di Indonesia. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kita semua ikut menjaga kelestarian sumber daya alam dan lingkungan di Negara Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
TIM FMIPA-UNESA.2012.Sains Dasar.Jilid Dua,Surabaya:Unesa
Rullyanda, Dodi. 2017. 4 dampak kerusakan sumber daya alam. https://dodirullyandapgsd.blogspot.com/2017/09/html. September 2017
Pandek29. 2013. Sumber daya alam dan lingkungan. http://pandek29.blogspot.com/2013/01/html. Januari 2013
Sulistyowati, endang, dan prabawati, susy yunita.2005.Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam Terhadap Keseimbangan Lingkungan. Jurnal kaunia. Vol : 1 hal 37-58

0 comments:

Post a Comment