Pages

Thursday, March 14, 2019

Peran Sains Dan Teknologi Bagi Kehidupan Masyarakat


Penulis   : Hazira Jasmine R         (18041184086)
Review   : Bagaskoro Yuwandita (18041184087)
Dosen Pengampu  : Samik,S.Si.,M.Si.

Peran Sains Dan Teknologi Bagi Kehidupan Masyarakat

1.      Pengertian Sains dan Teknologi

A.     Pengertian Sains

Pengertian sains secara etimologi berasal dari bahasa latin yakni “Scientia“ yang diartikan “Pengetahuan” atau “mengetahu”. Setelah itu lahir kata Science yang diketahui dari bahasa inggris. Sedangkan pengertian sains secara terminologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fenomena alam. Dan serta bertujuan mengungkap kejadian yang ada dibaliknya dengan menggunakan metode ilmiah.

               Pengertian Sains menurut para ahli
1.      Albert Einstein

Di tahun 1940, Ilmuwan terkenal Albert Einstein mengeluarkan pendapat mengenai definisi sains. Menurut Einstein apa yang dimaksud sains adalah sebuah bentuk upaya atau kegiatan yang memungkinkan dari berbagai variasi atau pengalaman inderawi mampu membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam.

2.      Hardy dan Fleer

Pendapat ini dikemukakan pada tahun 1996 yang menjelaskan sains dalam perspektif yang lebih luas. Menurut Hardy dan Fleer, pengertian science dapat dibedakan menjadi empat fungsi sains utama, yaitu sains sebagai kumpulan pengetahuan, sains sebagai suatu proses, sains sebagai kumpulan nilai serta sains sebagai suatu cara untuk mengenal dunia.

B.      Pengertian Teknologi
       Ada juga yang menyebutkan bahwa arti teknologi adalah semua sarana dan prasarana , “teknologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “technologia” dimana kata tech berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan.
Dulunya makna teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang memiliki wujud, misalnya mesin dan peralatan. Namun makna teknologi mengalami perluasan dan tidak hanya terbatas pada benda berwujud saja tapi juga benda yang tidak berwujud, misalnya metode, ilmu pengetahuan, software, dan lain-lain. Sehingga pengertian teknologi adalah suatu cara, proses, alat, mesin, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia.
C.      Peran Sains dan Teknologi
Seperti yang kita ketahui manusia secara kodrati bersifat mahluk individu sekaligus mahluk sosial. Dikatakan individu karena manusia dapat berkerja sendiri dan dapat menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain karna setiap manusia berbeda-beda pemikiran maupun pendapat terhadap orang lain. Sehingga sebagai pribadi-pribadi yang khas tersebut manusia berusaha mengeluarkan segala potensi yang ada pada dirinya dengan cara menciptakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa bantuan orang lain. Potensi-potensi manusia sebagai makhluk individu dapat dituangkan dalam sebuah karya sains, dan teknologi.

                               Gambar adanya sains dan teknologi



D.   Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa Sains adalah pengetahuan sedangan pengerian Sains secara terminologi Dan bertujuan mengungkap kejadian yang ada dibaliknya dengan menggunakan metode ilmiah.
Sedangkan yang dimaksud Teknologi adalah logika atau pengetahuan yang dimana teknologi menyediakan sarana maupun kebutuhan yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan manusia.


DAFTAR PUSTAKA




Purnomo, Tarzan.2012. Sains Dasar : Ekosistem, Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Surabaya: UNESA University Press.

(DIPOSTING OLEH KELOMPOK 3)

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete