Pages

Wednesday, March 13, 2019

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TRANSPORTASI MASA LALU DAN MASA KINI
Chusnul Fitriawati, Mochammad Iqbal Hidayatullah, Samik, S.Si., M. Si

ABSTRAK
Perkembangan transportasi merupakan suatu sarana yang penting bagi aktivitas manusia. Transportasi merupakan peranan penting dalam kehidupan manusia. Dahulu manusia hanya memakai alat sederhana untuk transportasi yaitu tenaga manusia dan hewan yang memiliki keterbatasan dan jarak tempuh yang memakan banyak waktu. akan tetapi alat transportasi masa lalu masih digunakan hanya saja bukan sebagai alat transportasi tetapi sebagi rekreasi atau ritual tertentu.  Sehingga lambat laun transportasi mengalami evolusi dari yang hanya memakai alat sederhan hingga munculah mesin untuk berkendara. Seiring berkembangnya waktu manusia mulai mengembangkan sarana transportasi. Untuk dapat mempermudah hubungan manusia antara daerah satu dengan lainnya ataupun negara satu dengan negara lainnya. Kemjuan teknologi juga mempengaruhi perkembangan Sarana transportasi menjadi efektif,efisien dan praktis Contohnya saja dalam jasa ojek online setiap individu dapat memesan jasa ojek online dengan mudah hanya lewat teknologi handphone, Akan tetapi dari kemudahan itu munculah berbagai dampak negative dari transportasi masa kini yaitu terjadinya pencemaran udara atau polusi,kemcetan dan kecelakan yang terus meningkat setiap waktunya.
ISI
Masyarakat pada zaman dahulu masih menggunakan alat yang sederhana sebelum ditemukannya mesin seperti :




TANDU BAMBU



DOKAR





CIRAK



Lambat laun alat transportasi mengalami perkembangan dengan begitu banyak inovasi dalam transportasi dari alat transportasi hanya menggunakan manusia dan hewan yang memiliki tenaga terbatas kemudian menemukan  alat transportasi yang dapat mempersingkat waktu yaitu mesin berkendara lalu lahirnya alat transportasi dengan seperti:sepeda motor,mobil,sepeda,kereta api,bus,bajai,becak.




Pada dasarnya zaman dahulu hingga sekarang peranan transportasi memiliki posisi penting dan strategis sebab transportasimerupakan kebutuhan pokok pada setiap individu. Transportasi didunia telah mengalami perkembangan dari yang paling tua ialah jalan kaki hingga sekarang ini ada transportasi ke luar angkasa. Transportasi masa lalu lebih lambat sedangkan Transportasi masa kini lebih cepat.


Pada dasarnya zaman dahulu hingga sekarang peranan transportasi memiliki posisi penting dan strategis sebab transportasimerupakan kebutuhan pokok pada setiap individu. Transportasi didunia telah mengalami perkembangan dari yang paling tua ialah jalan kaki hingga sekarang ini ada transportasi ke luar angkasa. Transportasi masa lalu lebih lambat sedangkan Transportasi masa kini lebih cepat.
Umumnya Transportasi zaman dahulu masih menggunakan alat yang sederhana atau tenaga manual yakni hewan dan manusia. Selain itu metodenya juga lama atau lambat dan memiliki tenaga yang terbatas apabila dalam perjalalnan jauh. Namun transportasi masa lalu tidakelulu tentang kejeleknanya saja akan tetapi ada juga kelebihannya yang dirasakan padamasyarakat zaman dahulu yaitu bebas polusi serta tidak adanya kebisingan. Mungkin diera milineal ini transportasi masa lalu masih digunakan seperti: delman atau cirak didaerah tertentu alat transportasi tersebut masih digunakan dalam hal rekreasi atau dalam ritual tertentu seperti pernikahan seorang darah biru.



KUDA SEBAGI REKREASI




KERETA KUDA SEBAGI RITUAL PERNIKAHAN JOGYAKARTA



Semakin berkembangnya zaman teknologi terutama dibidang transportasi memliki kemajuanyang sangat pesat setalah ditemukannya mesin uap lalu muncullah berbagai jenis alat transportasi dari darat,laut dan udara. Terus menerus alat transportasi semakin maju dan saling bersaing antar dunia untuk dapat menciptakan alat transportasi yang memiliki efisien waktu cepat dan bermanfaat bagi manusia. Maka dari itu transportasi masa kini memliki kelebihan yaitu prosesnya lebih cepat dari alat transportasi pada zaman dahulu. Dan juga pada masa yang serba canggih ini transportasi mengalami perkembangan dengan lebih mudah dan praktis. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah untuk mengaksesnya seperti transportasi via online yang dapat dengan mudah diakses dari beberapa kalangan contonya saja tentang jasa transportasi yang dulu ojek hanya dipakalan seakarang dimasa kini ojek dibisa dipesan melalui online atau hanya dengan handphone bisa memesan jasa ojek online yang sangat diminati pada masa sekarang ini.






Namun di sisi lain memiliki kelemahan yakni menimbulkan polusi. Seperti polusi udara, tanah, air dan suara. Polusi udara menyebabkan mahluk hidup hanya menghirup udara kotor bukannya malah sehat akan tetapi membuat terutaman manusi dapat menjadi sesak napas, tidak hanya itu semakin banyaknya transportasi yang digunakan maka semakin pula biaya untuk infastuktur bila infastruktur tidak memnehuni maka akan terjadi kemacetan dijalan raya seperti ilustrasi yang dibawah.





Namun tidak hanya itu saja kekurangan alat transportasi pada masa kini ialah  Transportasi masa kini  juga rawan menimbulkan kecelakaan. Faktanya dari data investigasi KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) pada tahun 2007-2016. berdasarkan jenis kecelakaan lalu lintas jalan, tabrakan merupakan jenis kecelakaan yang paling banyak sebesar 65,6%. Wilayah yang paling sering terjadi kecelakaan adalah pulau Jawa sebesar 70,35 % dengan persentase terbesar terjadi di propinsi Jawa Barat dengan kejadian sebanyak 22 kasus, dari aspek waktu paling sering terjadi kecelakaan lalu lintas jalan adalah pada pukul 12:00-19:00 (44%). Hasil analisa juga menunjukkan bahwa tingkat kecelakaan (rate of accident) tertinggi terjadi pada tahun 2007. (Abadi Dwi Saputra:2017) faktor tersebut menjadi masalah bagi negara kita sebab kecelakan dapat merenggut ratusan orang disetiap waktu. Akan tetapi kecelakan tidak hanya disebab pada alat transportasinya akan tetapi kecerobahan dan kelalaian manusia itu sendiri.



DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI JAWA BARAT


Bahwa semakin cangginya tekonologi malah menjadikan masalah untuk kita maka dari itu  semua masyarakat harus bisa koreksi bersama untuk menghadapi masalah justru dari Pencemaran air, tanah, udara, dan suara terjadi di mana-mana. Masyarakat kota besar pasti sudah terbiasa merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang membuat duniakita mempercepat terjadinya pemanasan global hal itu dapat berdapak pada anak cucu kita suatu hari nanti maka marilah kita lindungi dunia kita dengan cara membuat inovasi untuk transportasi ramah lingkungan. maka dari itu adanya dampak dari perkembangan transportasi ada dampak postif dan dampak negative.
1.      Dampak postif
Bagi masyarakat cangginya alat transportasi pada masa kini membuat segala hal menjadi mudah. Jarak tidak lagi menjadi beban segala hal dapat dengan mudah kita akses hanya dengan telepon genggam atau handphone. Para masyarakat yang ada di desa maupun kota tidak lagi jadi masalah sebab untuk dapat berhubungan dapat dengan mudah diakses sehingga perekonomian masyarakat desa dapat sejahtera. Bahkan alat transportasi menjadi mudah diakses dari internet semua kalangan usia pasti memliki handphone dari anak remaja,dewasa,lansia pasti memliki hanphone. Maka dari itu dengan adanya alat transportasi tersebut sangatlah efektif dan efisiensi.


2.     Dampak negative
Namun disisi lainnya ada juga kelemahan dari perkembangan teknologi yang canggih ini. Dari timbulnya pencermaran udara,air, dan tanah hal tersebut dapat mengakibatkan pemanasan global sehingga munculah hawa panas setiap harinya. Bahan bakar yang digunakan oleh alat transportasi ialah minyak bumi yang merupakan kekyaan alam yang tidak dapat diperbarui apabila persiadaan minyak bumi tersebut habis maka dapat dipastikan kita tidak bisa memiliki minyak bumi lagi. Dan juga semakin banyaknya alat transportasi dapat menyebabakan banyaknya kemacetan dan terjadinya kecelakaan.



Kesimpulan
Perkembangan  transportasi dari masa lalu hingga masa kini pencapian manusia dalam  mempermudahkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Evolusi transportasi mengalami suatu titik dimana tujuan transportasi untuk mensejahterakan manusia tanpa adanya kendala jarak dan waktu. Meskipun perkembangan transportasi mengalami kemajuan akan tetapi transportasi masa kini berdampak negative bagi manusia. Berakibat pencemaran lingkungan seperti pencemaran  udara atau polusi yang mengkibatkan iritasi pernafasan. Apabila hal tersebut tidak dilakukan bersama dengan upaya melestarikan lingkungan atau meminimalisir dampak-dampak negative dalam perkembangan transportasi.Maka dari itu sebelum menciptakan alat transportasi yang dapat diguanakan untuk masyarakat hendaklah memperkirakan apa yang akan terjadi bila alat transportasi tersebut ramah lingkungan atau tidak. Dengan begitu dampak damapak negative dalam perkembangan transportasi dapat dipecahkan masalahnya.



REFERENSI:
Brotodewo Nicolas.2010. Penilaian indicator transportasi berkelanjutan ada kawasan metropolitan di inonesia.perencanaan wilayah dan kota. Vol 21:hal 165-182.
Saputra Abadi Dwi.2017. Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) Dari Tahun 2007-2016. Warta penelitian perhubungan. Vol 29.
Kadarisman Muh, Gunawan Aang, dan Ismiyati. 2016. Kebijakan Manajemen Transportasi Darat dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kota Depok. Manajemen Transportasi & Logistik (JMTranslog). Vol. 03 No. 1
TIM FMIPA UNESA. 2012. SAINS DASAR. Surabaya : Unesa University Press





0 comments:

Post a Comment