Pages

Wednesday, March 13, 2019

Inovasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Terbarukan Dan Sumber Daya Alam Tidak Terbarukan Sebagai Upaya Pelestarian


Inovasi Pengelolaan  Sumber Daya Alam Terbarukan Dan Sumber Daya Alam Tidak Terbarukan Sebagai Upaya Pelestarian

Rinda Listya Antari, Rahma Dona Pramitha, Samik S.Si.,M.SI

ABSTRAK

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diberikan secara gratis oleh Tuhan dan tugas kita sebagai manusia adalah menjaga dan melestarikan agar seumber daya alam tersebut dapat terus dimanfaatkan untuk membantu kehidupan manusia. Sumber daya alam terbagi menjadi dua jenis yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang  tidak dapat diperbaharui. Untuk menjaga keberadaan dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui adalah dengan mengelola hal tersebut agar tidak rusak melalui berbagai cara. Sedangkan untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu dengan cara menggunakan bahan alternatif yang memiliki fungsi sama dengan sumber daya tersebut, sehingga keberadaan sumber daya alam ini akan bisa terjaga jumlahnya.

ISI

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang telah diberikan secara gratis oleh Tuhan dan sebagai makhluk ciptaan tuhan kita harus senantiasa untuk menjaga serta memanfaatkannya dengan baik dan benar. Karena sumber daya alam sendiri memiliki dua jenis yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui maksudnya bahwa kekayaan alam yang diberikan kepada manusia merupakan hal yang dapat terus dimanfaatkan dan tidak ada batas penggunaannya sehingga meski digunakan berkali-kali pun sumber daya alam tersebut tidak akan habis dan proses daur ulangnya tergolong mudah dan dalam waktu yang singkat. Sebagai cobtoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah air, sebagaimana kita ketahui bahwa setiap kegiatan yang dilakukan manusia tidak lepas dari penggunaan air seperti minum,mandi,dan lain-lain. Air merupakan salah satu contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena jumlahnya yang melimpah dan proses daur ulangnya yang tergolong mudah karena hanya memanfaatkan proses penyerapan dalam tanah dan air akan kembali ke laut lagi. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang jumlahnya terbatas sehingga suatu saat akan habis dan tidak dapat digunakan lagi dikarenakan proses daur ulangnya yang tergolong lama. Sebagai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah batu bara. Batu bara tercipta dari proses sendimentasi yang terjadi pada daun,akar dan sampah alamiah yang lainnya dan proses sendimentasi ini memerlukan waktu yang tidak sebentar yaitu sekitar ratusan juta tahun lamanya.

Manusia dalam menjalani kehidupannya tidak bisa lepas dari sumber daya alam karena sumber daya alam ini dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk menjalankan kehidupannya. Seperti halnya dalam sektor ekonomi manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam sebagai mata pencahariannya dalam sektor lain pemanfaatan sumber daya alam minyak bumi dapat diolah dan digunakan sebagai bahan bakar kendaraan yang akan memudahkan manusia dalam menjalankan kehidupannya. Namun memanfaatkan sumber daya alam tanpa batas maka lambat laun sumber daya alam tersebut akan berkurang jika tidak dimanfaatkan secara baik dan benar. Pemanfaatan sumber daya alam ini dapat dilakukan dengan melakukan inovasi dalam penggunaannya semisal penggunaan tanah yang merupakan contoh dari sumber daya alam yang terbarukan. Tanah sering digunakan manusia sebagai media dalam bercocok tanam, penggunaan tanah meskipun jumalahnya sampai kapanpun tidak akan habis namun kualitas tanah juga akan menurun nantinya. Maka perlu adanya inovasi ataucara yang digunakan untuk membuat kualitas tanah tetap terjaga salah satu contohnya adalah melalui hal ini :
                                       


Pengelolaan tanah lestari merupakan salah satu cara pengelolaan tanah yang digunakan untuk pelestarian tanah dalam jangka panjang. Agroteknologi adalah cara pengelolaan tanah yang dilakukan dengan bantuan teknologi yang saat ini sudah canggih. Pertanian organik adalah produksi tanaman yang dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia sintesis sehingga kesuburan tanah akan tetap terjaga. Pertanian konservasi menerapkan tiga prinsip penting yaitu (gangguan tanah minimal,tutupan tanah permanen serta rotasi tanaman) ketiga prinsip ini dilakukan akan dapat menjaga keseimbangan tanah sebagai contoh rotasi tanaman yang saat ini sudah banyak dilakukan oleh petani di Indonesia yaitu mereka menanam tidak hanya satu macam tanaman dalam satu lahan melainkan berbagai macam tanaman dalam satu lahan yang sama. Agroforestri merupakan cara pengelolaan tanah dimana pohon ditanam bersama dengan tanaman pangan. Zero tillage adalah teknik yang digunakan untuk menjaga lapisan tanah organik permanen atau semi permanen yang melindungi tanah sehingga memungkinkan mikroorganisme dan fauna tanah lainnya untuk melakukan tugas mengolah dan menyeimbangkan unsur hara yang ada didalam tanah. Kelima cara tersebut dapat digunakan sebagai inovasi pelestarian sumber daya alam terbarukan dalam hal ini tanah agar terjaga dengan baik meskipun jumalahnya yang relatif tetap dan tak terbatas namun kualitas tanah dapat terjaga.
Minyak bumi merupakan salah satu contoh sumber daya alam tidak terbarukan dimana jumlahnya terbatas dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memperbaharuinya. Upaya yang bisa dilakukan agar minyak bumi dapat terus ada adalah dengan menggunakan energi pengganti minyak bumi. Minyak bumi biasanya dimanfaatkan dengan cara diproses menjadi bensin maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti bahan bakar kendaraan bermotor yang biasanya menggunakan bensin menjadi bahan bakar selain bensin seperti bioethanol.
                             
      
Ethanol terbuat dari proses fermentasi dan distilasi beberapa jenis tanaman seperti tebu,jagung,singkong atau tanaman lainnya yang mengandung banyak karbohidrat. Bahkan ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa ethanol dapat juga dibuat dari selulosa atau limbah pertanian. Sehingga ethanol memiliki potensi besar untuk menggantikan penggunaan bensin.  Ethanol memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bensin. Salah satunya adalah proses pembakaran yang tidak berdampak buruk. Pada bensin pembakaran kendaraan bermotor yang berbahan bakae bensin memiliki efek yang kurang baik bagi bumi, karena asap pembakarannya dapat menimbulkan efek rumah kaca dan menghasilkan polusi yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Jika dibandingkan dengan bensin, ethanol bisa dibilang lebih ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami maka efek yang ditimbulkan tidak akan berdampak buruk. Selain itu bilangan oktan pada ethanol lebih tinggi dibandingkan dengan bensin. Hal ini berarti ethanol memiliki kemampuan menghindari terbakarnya campuran udara bahan bakar sebelum waktunya. Jika campuran udara bahan bakar terbakar sebelum waktunya maka akan menimbulkan potensi menurunnya daya mesin bahkan bisa menimbulkan kerusakan yang serius pada mesin.  Jadi bioethanol merupakan bahan bakar pengganti bensin yang dapat digunakan sebagai alternatif menghemat pasokan minyak bumi.

KESIMPULAN

Sumber daya alam merupakan hadiah yang diberikan oleh Tuhan secara gratis. Maka dari itu kita sebagai umat manusia harus bisa menjaga serta melestarikan sumber daya alam tersebut deengan sebaik-baiknya. Banyak cara yang bisa digunakan untuk melestarikan sumber daya alam salah satunya adalah dengan pengelolaan tanah dengan benar sehingga kualitas tanah dapat terus terjaga. Untuk pelestarian terkait sumber daya alam yang tidak terbarukan yaitu dengan cara penggunaan energi alternatif sehingga pasokan sumber daya alam ini dapat terjaga dan tidak cepat habis.

DAFTAR PUSTAKA

TIM FMIPA UNESA. 2012. Sains Dasar. Surabaya: Unesa University Press
.Handayani Sri Utami.2007.Pemanfaatan Bioethanol Sebagai Bahan Bakar Pengganti Bensin.Jurnal Gema Teknologi. Vol 15:Hal 1-4.
Ai Dariah,S.Sutno,Dkk.2015.Pembenah Tanah Untuk Meningkatkan Produktivitas Lahan Pertanian.Jurnal Sumber Daya Lahan.Vol 9:Hal 67-84
Widiatmaka.Ambarwulan Wiwin.Dkk.2014.Evaluasi Lahan Fisik Dan Ekonomi Komoditas Pertanian Utama Transmigran Di Lahan Marjinal Kering Masam Rantau Pandan SP-4 Provinsi Jambi.Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan.Vol 4: Hal 152-160
Soewartoyo.Soetopo Toni.Potensi Sumber Daya Alam Dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kawasan Masyarakat Pesisir Kabupaten Bangka.Jurnal Kependudukan Indonesia.Vol 4:Hal 61-78





0 comments:

Post a Comment