Pages

Tuesday, March 12, 2019

DAMPAK PERKEMBANGAN REVOLUSI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMUNIKASI DI ERA GLOBALISASI


DAMPAK PERKEMBANGAN REVOLUSI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMUNIKASI DI ERA GLOBALISASI
Devi Dwi Cahyani, Chusnul Fitriawati , Samik S. Si.,M.Si

ABSTRAK
Globalisasi dan perkembangan teknologi komunikasi informasi saat ini telah memungkinkan manusia berkomunikasi dalam bentuk-bentuk yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Kemajuan teknologi komputer yang menyatu dengan berbagai alat-alat komunikasi lainnya, seperti radio, televisi, telepon, telepon seluler, smart phone,atau bahkan yang sekarang tablet PC – telah membuat masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia bergerak ke arah perubahan komunikasi yang mengglobal. Kebudayaan manusia selalu berkembang menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada. Demikian juga berkembangnya bermacam teknologi komunikasi yang muncul dengan banyak varian telah membuat manusia terus menerus mencari bentuk baru dalam berkomunikasi. Komunikasi yang diperantarai oleh medium-medium baru tersebut telah membuat para teoritisi komunikasi menengok kembali teori-teori komunikasi yang telah dipelajari sebelumnya. Revolusi informasi, difahami sebagai perubahan yang dihasilkan oleh teknologi informasi. Dua bentuk teknologi komunikasi manusia yang terpenting adalah teknologi untuk menyalurkan informasi dan sistem komputer modern untuk memprosesnya.


ISI
System berarti perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Informasi adalah data yang diperoleh sehingga mempunyai arti dan nilai. Sistem tak luput dengan adanya suatu perubahan yang menyebabkan beberapa aspek dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Perkembangan sistem informasi dan komunikasi ini juga mempunyai berbagai macam dampak.
Masa Awal
Dalam masa  perkembangan revolusi sistem informasi dan komunikasi dimulai pada masa gelombang pertama yang merupakan gelombang pertanian, hal ini membuat manusia masih dikuasai dan sangat bergantung dengan alam. Pada masa ini manusia sangat patuh dengan pemuka agama, ulama maupun pendeta karena merekalah yang mempunyai dominan dalam struktur dan sistem sosial. Sebab para pemuka agama, ulama ataupun pendeta masih dianggap wakil tuhan oleh masyarakat awam pada zaman gelombang pertama.
Masa Pertengahan
            Pada masa pertengahan ini negara mulai berperan secara dominan menggeser peran para ulama ataupun pendeta, jika pada masa awal (masa pertanian) masyarakat bisa pasif saja menunggu panen maka dalam masa pertengahan ini tenaga kerja harus dimobilisasi, dimotivasi, didisiplinkan untuk mengikuti metode dan ritme yang berbeda dari era pertanian. Kekayaan mulai bergeser dari hanya lahan menjadi modal yang bisa membeli atau membuat mesin dan mendirikan pabrik untuk menghasilkan produk. Pada masa ini sasaran berubah menjadi penguasaan fisik dan aset industri bukan penguasaan lahan lagi seperti pada masa awal. Persenjataan modern berupa kapal perang rudal dan kompleks industri dipai untuk melindungi dan atau mendukung negara dalam kompetisi global antar negara.
            Masa Akhir
Pada era informasi ini pasar menjadi sebuah kekuatan yang menonjol dan naik daun walaupun peranan agama dan negara masih tetap eksis berdampingan tapi keduanya dalam kondisi seimbang, Sedang kekuatan market dalam proses pasang naik. Produk yang diperebutkan pada masa ini ialah jasa dan informasi, kekayaan diukur dari akses terhadap informasi dan perkantoran menjadi tempat mata pencahariaan. Dari kawasan industri atau pabrik yang mengendalikan sebuah sistem informasi komputer canggih. Persaingan dan penguasaan di masa akhir ini mulai bergeser karena tidak perlu lagi adanya penguasaan lahan atau aset fisik lagi, melainkan penguasaan persepsi melalui komputer, media, chips dan informasi atau disinformasi. Pada era ini, informasi menjadi hal yang sangat penting dan sentral sebagaimana industri manufaktur pada era industri (masa pertengahan).
            Pada era ini teknologi komunikasi muncul dan berkembang dengan cepat. seluruh jaringan komputer, elektronika, komunikasi dan informasi bersatu. Pertukaran informasi di seluruh penduduk dunia sudah semakin cepat dan dengan jumlah yang banyak. Alternatif yang tersedia juga sangat beragam. Setiap individu memiliki akses terhadap informasi global. Informasi merupakan komoditi utama yang dipertukarkan dan diperjualbelikan.
           
Dengan adanya perkembangan dalam revolusi sistem informasi dan komunikasi ini menyebabkan munculnya berbagai dampak bagi kehidupa.
Dampak
Pesatnya perkembangan informasi dan komunikasi secara nyata akan membawa pola pikir, sikap dan tindakan/perilaku bagi setiap individu. Dalam prakteknya, perubahan tersebut paling tidak akan membawa individu ke dalam pola hidup yan efisien. Alasannya bahwa perkembangan media digital merupakan media pencerah peradaban yang lebih maju. Yang pastinya perkembangan sistem informasi komunikasi akan membawa dampak positiv sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. Perubahan sistem informasi dan komunikasi ini juga membawa dampak positif bagi berbagai aspek yaitu dari aspek individu, perkembangan sistem informasi komunikasi dapat memperluas kecepatan adaptasi masyarakat.
Dampak negatif dari perkembangan sistem informasi dan komunikasi ini adalah bahwa semakin pesatnya perkembangan media sebagai salah satu faktor yang dapat mengakibatkan perbenturan budaya yang dapat membudayanya budaya massa dalam suatu komunitas masyarakat, dimana pola kehidupan yang dinamis ditimbulkan karena adanya keinginan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, rasa sosial terhadap lingkungan sekitar menjadi acuh, tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif.








KESIMPULAN
Sejarah perkembangan manusia. Sistem baru selalu membawa pengaruh pada budaya manusia. Penemuan-penemuan alat-alat baru dalam kehidupan manusia selalu dimungkinkan karena manusia selalu mencari cara untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya. Perubahan budaya manusia termasuk pula di dalamnya bagaimana cara manusia berkomunikasi, dan sejarah komunikasi manusia selalu terkait erat dengan ditemukannya teknologi yang akhirnya merubah cara dan bentuk manusia berkomunikasi. Teknologi komunikasi informasi saat ini semakin mengukuhkan globalisasi menuju terciptanya dunia informasi tanpa batas. Komunikasi yang diperantarai teknologi telah menciptakan budaya baru dalam berkomunikasi yang berbeda sama sekali dari bentuk-bentuk komunikasi yang sudah ada sebelumnya.

REFERENSI
https://imultidimensi.wordpress.com/2010/07/20/teknologi-komunikasi-sebuah-revolusi-1/










0 comments:

Post a Comment