Pages

Thursday, March 14, 2019

Hukum Gravitasi Bumi ala Newton


Hukum Gravitasi Bumi ala Newton

Achmadi Yudha Pratama, Ma'rup Ali Qomaini, Samik, S.Si. M.Si.

Abstraksi
Sesuatu yang sebelumnya kita pegang kemudian terlepas maka akan jatuh ke bumi, sama halnya dengan pohon mangga dengan buah yang banyak apabila buah tersebut terlepas dari tangkai pasti akan jatuh ke tanah atau bumi. Peristiwa yang sering kita jumpai dan alami tersebut terjadi karena adanya pengaruh gravitasi yaitu gaya tarik-menarik antara dua benda atau lebih, kedua contoh peristiwa tersebut berkaitan dengan tarikan yang diberikan oleh bumi terhadap benda-benda yang berada di sekitarnya kemudian dikenal dengan hukum gravitasi bumi yang dikemukakan oleh Isaac Newton. Keyword : gravitasi, newton, hukum gravitasi, bumi

Gravitasi merupakan gaya tarik-menarik yang terjadi pada setiap partikel yang memiliki massa di alam semesta ini. Bumi dengan massa yang besar secara otomatis akan memberikan gaya gravitasi yang sangat besar pula, sehingga benda-benda yang berada di sekitar termasuk makhluk hidup sampai benda luar angkasa terpengaruh dengan gaya gravitasi bumi, seperti meteor, bulan dan satelit buatan manusia. Akan tampak menakutkan jika semua benda di dunia ini melayang-layang dan bergerak tidak beraturan, terjadi kekacauan juga saling bertabrakan itulah yang akan terjadi jika tidak ada gaya gravitasi. Gaya gravitasi bumi sendiri mengikat semua benda di bumi untuk tidak melakukan perpindahan tanpa adanya pengaruh gaya lain.

Sampai saat dalam berbagai sumber bacaan menyebutkan Isaac Newton merupakan orang pertama yang mencetuskan tentang gravitasi sehingga namanya dipakai sebagai satuan gaya. Melalui cerita tentang buah apel yang jatuh dari pohon, kemudian menimbulkan pertanyaan mengapa buah tersebut selalu jatuh ke arah bawah sampai ia merumuskan bagaimana hal tersebut terjadi. Hukum gravitasi bumi ala Newton menyebutkan kedua benda yang saling tarik-manarik dipengaruhi oleh besarnya massa benda tersebut, matahari dengan massa yang lebih besar dari bumi membuat bumi mengorbit dan mengelilingi matahari. Hukum gravitasi Newton bersifat universal berlaku sama di dunia. Tahun 1687 Newton berpendapat : “Setiap benda dalam alam semesta ini selalu menarik partikel lain dengan gaya yang besarnya berbanding lurus dengan massa partikel-partikel itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.”

                                 

F         : Gaya (N)
G         : Konstanta gravitasi ( tetapan gravitasi = 6,67 x 10-11 Nm2/kg2 )
M1       : Massa titik pertama (kg)
M2       : Massa titik kedua (kg)
R         : Jarak (m)

Dari persamaan rumus di atas dapat diketahui bahwa gaya atau berat benda akan berbanding lurus dengan massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak.

*Semakin besar massa suatu benda maka akan semkin besar pula gaya gravitasi.
*Semakin jauh jarak anatara kedua benda tersebut maka akan semakin kecil gaya gravitasi dengan faktor pengali.


Kesimpulan
Gravitasi adalah suatu gaya tarik-menarik yang melibatkan semua partikel yang bermassa di alam semesta. Gaya gravitasi mempunyai sifat yang universal berlaku di mana saja sesuai dengan aturan yang berlaku. Teori mengenai Hukum Gravitasi Bumi pertama kali dicetuskan oleh Sir Isaac Newton sekitar tahun 1687 yang berawal dari rasa penasaran Newton terhadap buah apel yang jatuh dari pohonnya selalu mengarah ke bawah/tanah. Gaya gravitasi bumi membuat benda-benda yang ada di bumi menjadi seperti terikat dengan adanya tarik-menarik sehingga dapat berada pada posisi yang semestinya tanpa menimbulkan kekacauan dan ketidak teraturan. Hukum gravitasi Newton sangat berpengaruh terhadap dunia pengetahuan khususnya di bidang sains, dengan penemuannya muncul penelitian baru melebarkan tentang hukum ini.



Review :
Bisa lebih banyak preferensi lagi untuk menambah materi tentang gravitasi. Sehingga untuk keseluruhan isi tidak bisa memahami secara penuh.



Referensi :
https://rumushitung.com/2013/07/01/rumus-gaya-gravitasi/
Buku IAD UNESA


Diposting oleh Kelompok 3

0 comments:

Post a Comment