Pages

Wednesday, March 13, 2019

Masalah Kependudukan dan Lingkungan Hidup

Masalah Kependudukan dan Lingkungan Hidup

Penulis                      : Alif Elma Yusmalina
Reviewers                  : Anaberylla Kalila Nuryahya
Dosen Pengampu        : Samik,S.Si,M.Si.


ABSTRAK
Lingkungan, yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya, karena itu fakta yang menunjukkan bahwa tingkat kerusakan lingkungan sudah sangat tinggi dan cenderung makin meninggi, relatif mudah untuk ditemukan. Berita tentang terjadinya pencemaran lingkungan, baik pencemaran udara, air maupun tanah dengan segala aspek dapat dikatakan bahwa kerusakan lingkungan sudah merupakan bagian yang tidak dapat dihindarkan dari kegiatan pembangunan. Lingkungan yang tercemar akibat kegiatan manusia maupun proses alam akan berdampak negative pada kesehatan, kenikmatan hidup, kemudahan, efisiensi, keindahan, serta keseimbangan ekosistem dan sumber daya alam.

     A.    Masalah Kependudukan

Badan Pusat Statistik

Masalah kependudukan yang kita ketahui berawal dari tingginya angka kelahiran yang pertahunnya meningkat jumlah penduduk di Indonesia. Semakin banyaknya tingkat populasi yang tinggi di Negara ini, maka akan meningkat pula kebutuhan akan berbagai fasilitas social dan meningkatnya persaingan dalam dunia kerja sehingga mempersempit lapangan dan peluang kerja, bagi mereka yang tidak mampu bersaing akan menambah angka pengangguran dan angka kriminalitas di Indonesia.

Masalah perkembangan penduduk di Indonesia tidak boleh di sepelekan, sedikit saja kita sepelekan maka akan menimbulkan permasalahan social dan permasalahan lingkungan. Apabila tidak di tanggulangi maka akan berdampak besar bagi masa depan bangsa Indonesia, bahkan bisa-bisa bangsa Indonesia menjadi negara yang miskin dan sumber daya alamnya habis terkuras.


     B.     Lingkungan Hidup


TPA Bantar Gebang Bekasi, Foto: Robinsar/law-justice.co

Permasalahan besar  yang ada di lingkungan sekitar adalah sampah. Pasti sudah tidak asing lagi dengan sampah, di Indonesia volume sampah diperkirakan mencapai 65,8 ton pertahunnya sedangkan pada tahun ini (2019) meningkat hingga 67 ton. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan jenis sampah yang dihasilkan didominasi oleh sampah organik yang mencapai sekitar 60 persen dan sampah plastik yang mencapai 15 persen. Jika permasalahan lingkngan tidak di cari solusinya, maka kehidupan manusia di bumi akan mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan alam menjadi sumber pemenuhan segala kebutuhan hidup manusia, yaitu penyedi udara, air,makanan,obat-obatan, dan lainnya.

     C.    Solusi Permasalahan
1.      Menerapkan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan pada pengelolaan sumber daya alam baik yang dapat maupun yang tidak dapat diperbaharui dengan memperhatikan  daya dukung dan daya tampungnya.
2.      Untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan dan kerusakan sumber daya alam maka diperlukan penegakan hokum secara adil dan konsisten.
3.      Memberikan kewenangan dan tanggung jawab secara bertahap terhadap pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
4.      Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bertahap dapat dilakukan dengan cara membudayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi.
5.      Untuk mengetahui keberhasilan dari pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan penggunaan indicator harus diterapkan secara efektif.
6.      Penetapan konservasi yang baru dengan memelihara keragaman konservasi yang sudah ada sebelumnya.
7.      Mengikutsertakan masyarakat dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan global.


Kesimpulan
Tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat dikurangi dengan cara melakukan pengembangan usaha seperti mendaur ulang bahan-bahan yang sebagian besar orang menganggap sampah, sebenarnya dapat dijadikan barang lain yang bisa bermanfaat dan tentunya dengan pengolahan yang baik. Pengelolaan limbah sangat efisien dalam upaya untuk mengatasi masalah lingkungan. Dengan demikian hasil dari pengelolaan tersebut bisa sedikit meningkatkan perekonomian masyarakat.


Daftar pustaka
Anonim. 2012. Masalah kependudukan dan lingkungan hidup. http://bangdolfi.blogspot.com/2012/04/masalah-kependudukan-dan-lingkungan.html

anonim. 2016. masalah kependudukan dan lingkungan hidup di indonesi.

anonim. 2017. Masalah lingkungan hidup di indonesia. https://lingkunganhidup.co/masalah-lingkungan-hidup-di-indonesia-dan-dunia/
permana, erric. 2019. Indonesia hasilkan 67 juta ton sampah pada 2019.  https://www.aa.com.tr/id/headline-hari/indonesia-hasilkan-67-juta-ton-sampah-pada-2019/1373712

0 comments:

Post a Comment