Pages

Tuesday, March 12, 2019

MEMPERTAJAM PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN


MEMPERTAJAM PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN

Wina Hayu Novilia, Salsa Yamada, Samik S.Si.,M.Si.

Abstrak
Pembelajaran merupakan proses terjadinya peroleh ilmu dan pengetahuan sehingga menambah sebuah wawasan atau informasi, sehingga pembelajaran dalam Penelitian merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Metode eksperimen dapat membantu siswa mempertajam jiwa keingintahuan pada objek yang diteliti dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah, yakni: observasi, klarifikasi, kuantitaf, interfrensi dan mencari data yang akurat sebagai dasar ilmiahnya. Dalam proses pembelajaran siswa melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaraan atau mengkaji lebih dalam untuk membuat hipotesis. Siswa dapat melakukan eksperiman dalam pembelajaran dan dapat melakukannya sesuai dengan apa yang di lakukan dengan mengikuti sebuah prosedur, mengamati objek yang di teliti, menganalisis, membuktukan percobaan dan menarik kesimpulan. Melalui metode eksperimen siswa diharapkan menemukan pemahaman tersendiri atas percobaan yang dilakukan dan membuat bingkai baru atas pengalaman langsung setelah melakukan eksperimen. Membantu siswa memecahkan masalah yang akan dibuktikan melalui eksperimen, menemukan garis hubungan sebab akibat yang ditimbulkan dari reaksi yang diberikan atas percobaan dan melihat variabel yang dipengaruhi dengan variabel sebelum dipengerahui kemudian membuat sebuah kesimpulan.
Kata kunci: Pembelajaran, Langkah ilmiah, Metode eksperimen
ISI
A.    Pengertian Metode Eksperimen
Metode eksperimen dapat mempertajam pengetahuan peneliti dalam pemahamannya pada hal yang diteliti. Menurut Hadi (1985), penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Jadi melakukan eksperimen  adalah untuk melihat dan mengetahui adanya pengaruh akibat reaksi yg diberikan untuk mengetahui hasil yang di inginkan apakah berhasil atau tidak. Metode eksperimen salah satu langkah sistematis untuk membuktikan kebenaran teori. Menurut  Arboleda (1981:27) mendefinisikan eksperimen sebagai suatu penelitian yang dengan sengaja peneliti melakukan manipulasi terhadap satu atau lebih variabel lain dengan cara tertentu sehingga berpengaruh pada satu atau lebih variabel lain yang diukur. Lebih lanjut dijelaskan, variabel yang dimanipulasi disebut variabel bebas dan variabel yang dilihat pengaruhnya disebut variabel terikat. Jadi penelitian ini mencari pengaruh dari variabel satu dengan variabel lainnya. Suatu kegiatan yang memiliki tujuan yang dilakukan berdasarkan langkah langkah ilmiah.
Dari dua definisi yang dikemunkakan oleh beberapa ahli tersebut dapat disimpulkan metode ekperimen adalah:
1.      Penelitian yang mencari garis hubungan sebab akibat yang ditimbulkan dari tindakan yang diberikan terhadap tingkah laku siswa atau menguji hipotesis tentang ada-tidaknya pengaruh tindakan itu jika dibandingkan dengan tindakan lain.
2.      Penelitian yang merubah secara sistematis variabel bebas yang diteliti sesuai dengan tujuan peneliti.         
Dalam proses pembelajaran dengan eksperimen siswa dapat menganalisis, membuktikan, mengkaji sesuai dengan data yang diperolehnya dalam melakukan penelitian,

B.     Karakteristik metode eksperimen
Metode eksperimen mempertajam peneliti dalam menemukan pemahaman tersendiri atas percobaan yang dilakukan. Pemahaman ini ditemukan atas dasar ilmiah berdasarkan fakta setelah melakukan langkah langkah penelitian yang bersifat ilmiah yaitu, observasi, klarifikasi, kuantitatif, interfrensi dan mencari dasar yang valid untuk menunjang kebenarannya.
Karakteristik dari metode eksperimen:
(1)               Metode untuk mempertajam siswa dengan membuat percobaan, pengamatan dan membuat kesimpulan atas apa yang di uji kebenarannya.
(2)               Metode yang dibuat untuk mengembangkan wawasan siswa untuk mendalami pelajaran tertentu.
(3)               Metode yang memberikan pemahaman setelah melakukan pemerosesan informasi yang aktif, yang memudahkan siswa belajar dengan lingkungannya.
(4)               Metode yang menepatkan siswa dalam mempelajar lingkungannya sebagai suatu ekologi.
(5)               Metode yang membantu dalam memecahkan masalah yang bersifat ilmiah.

C.    Penerapan metode Eksperimen dalam Pembelajaran
Menurut Roestiyah (Martaningsih, 2009) prosedur pelaksaan metode penelitian adalah:
(1)  Perlu dijelaskan kepada siswa tentang tujuan eksperimen mereka, mereka harus memahami masalah yang akan dibuktikan melalui eksperimen.
(2)  Menjelaskan kepada siswa tentang alat-alat serta bahan-bahan yang akan bahan yang akan digunakan dalam eksperimen.
(3)  Selama eksperimen berlangsung guru harus mengawasi pekerjaan siswa. Bila perlu memberikan saran atau pertanyaan yang menunjang kesempurnaan jalannya eksperimen.
(4)   Setelah eksperimen selesai guru harus mengumpulkan hasil penelitian siswa, mendiskusikan kelas dan mengevaluasi dengan tes atau tanya jawab.
Adapun langkah-langkah melaksanakan metode eksperimen dalam pembelajaran sebelum melakukan metode eksperimen, yaitu:
1.      Merumuskan dengan jelas percobaan yang akan dilakukan.
2.      Merumuskan tujuan pembelajaran
3.      Mempersiapkan kebutuhan berdasarkan keperluan untuk menunjang keberhasilan.
4.      Memberikan prosedur dalam pengerjaan ketentuan-ketentuan yang akan dilakukan.
5.      Membuat perhitungan waktu yang di butuhkan dalam melakukan eksperimen agar sesuai dengan target yang dicapai.
6.      Menentukan tempat apa yang dijadikan eksperimen didalam laboratorium atau diluar ruangan
7.      Memperkenalakan alat-alat dalam proses eksperimen, memiliki fungsi apa dan bagaimana cara kerjanya
8.      Guru wajib memperhatikan jalannya proses eksperimen untuk mengarahkan bila siswa mengalami kebingungan dan memberikan pertanyaan yang membantu kesempurnaan eskperimen.
9.      Siswa Melakukan pengamatan pada objek yang akan diteliti.
10.  Menguji kebenarannya secara emperis dari sumber pengetahuan yang diperoleh dari observasi dan percobaan.
11.  Menemukan hasil percobaan setelah melewati langkah-langkah percobaan, kemudian mengamati dan apakah mencapai tujuan dari eksperimen atau tidak.
12.  Membuat kesimpulan atas apa yang sudah dilakukan berdasarkan penelitian setelah melakukan praktik eksperimen dan mengamati hasilnya.

D.    Syarat-syarat penelitian eksperimen
Sebuah penelitian alangkah baikya jika mempunyai syarat sebelum melaksanakan eksperimen agar memberikan hasil yang valid seperti :
1. Seorang peneliti harus membangun niat untuk mencari tahu kebenaran yang sebenarnya sebelum melaksanakan penelitian
2. Seorang peneliti mampu mengubah dan mengontrol variabel
3. Seorang peneliti tau kapan waktunya melakukan penelitian
4. Dan siap akan resiko yang diterima

E.     Contoh eksperimen
Judul: percobaan tekanan udara menentukan pembakaraan
Tujuan: menguji proses pembakaraan membutuhkan oksigen
Alat dan bahan:
1.      Piring kecil
2.      Lilin satu batang
3.      Korek api
4.      Api
5.      Gelas
6.      Pewarna
7.      Mangkok
8.      Sendok
Langkah-langkah:
1.      Menyalahkan lilin lalu letekan diatas piring
2.      Kemudian mengambil gelas dan menutup lilin tersebut menggunakan gelas.
3.      Setelah beberapat detik api tersebut padam.
4.      Nyalahkan kembali lilin tersebut diatas piring
5.      Masukan air secukupnya kedalam mangkok, kemudian berikan perwarna pada air tersebut.
6.      Kemudian tutup lilin kembali menggunakan gelas.
7.      Amatilah dan catat hasil percobaan.
Hasil percobaan:

Tabel 1.1
Benda
Peristiwa
Lilin
Padam
Gelas

Piring



Gambar 1.1
lilin menyala di atas piring
Tabel 1.2
Benda
Peristiwa
Lilin
Padam
Gelas
Kemasukan air dari luar
Piring
Permukaan piring kering air berpindah kedalam gelas
Air
Terhisap masuk kedalam gelas

      
Gambar 1.2     
lilin di atas piring beseta pewarna


                    
Gambar 1.3

                                     lilin padam dan air masuk

Penjelasan :
Molekul oksigen yang hilang karena pembakaran, menyebabkan tekanan udara didalam gelas lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara diluar gelas. Hal ini sesuai dengan hukum boyle bahwa volume sebanding dengan tekanan, jadi pada saat volume oksigen habis didalam gelas maka tekanan juga akan semakin kecil.
Kesimpulan Eksperimen:
Berdasarkan data yang diperoleh lilin semakin lama akan semakin redup kerena dalam proses dibuktukan ruang oksigen yang membantu proses pembakaran, namun didalam ruangan yang tertutup oksigen maka kadar oksigen tidak mencukupi dan akhirnya padam. Selanjutnya tekanan dari luar masuk kedalam karena tekanan diluar lebih besar dari dalam gelas, sehingga menyebabkan air yang berada pada area sekitar gelas terhisap masuk ke dalam gelas.

KESIMPULAN
Metode eksperimen merupakan cara pembelajaran dengan cara melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran atau menguji suatu hipotesis berdasarkan langkah ilmiah. Suatu eksperimen memiliki karakteristik yakni (1) melakukan percobaan, pengamatan dan membuat kesimpulan atas apa yang di uji kebenarannya, (2) dapat mengembangkan wawasan, (3) memberikan pemahaman setelah melakukan pemerosesan informasi, yang memudahkan siswa belajar dengan lingkungannya, (4) mempelajari lingkungan, (5) mampu memecahkan masalah. Dalam penerapan pembelajaran dalam pelaksanaan eksperimen  diperlukan tujuan, alat, bahan, pendampingan guru, dan mengevaluasi hasil. langkah-langkah melaksanakan metode eksperimen merumuskan tujuan, mempersiapkan alat dan kebutuhan, memberikan prosedur, membuat perhitungan waktu, menentukan tempat, serta guru senantiasa mendampingi jalannya proses penelitian, membuat kesimpulan hasil yang telah diteliti. Menjadi seorang peniliti harus memiliki niat dan semangat yang merupakan alah satu syarat untuk meneliti. Maka dapat disumpulkan bahhwa melakukan eksperimen dapat dilakukan sendiri namun tetap ada yang membing karena dalam lingkup pembelajaran sebagai metode eksperimen seperti contoh percobaan tekanan udara dalam gelas.





DAFTAR PUSTAKA
Anggraini,Arini.2010.Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Ketrampilan Merencanakan Eksperimen Dalam  Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-3  Sma Negeri 1 Simo, Surakarta:UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Andi Imrah Dewi,Ratman,dan Rismawati. 2008. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas pada Siswa Kelas IV SDN No. 1 Balukang.Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 1
Drs,Nasrudin, Harun, MS,dkk. 2012. Sains Dasar, Surabaya: UNESA University Press
Sumbang,Saul. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 20 Sungai Keli Kabupaten Landak, Pontianak:Universitas Tanjungpura
Nursyahidah,Farida. 2012. Penelitian Eksperimen, https://faridanursyahidah.files.wordpress.com/2012/05/penelitian-eksperimen_farida.pdf 04 Maret 2019

Ayu,Yunita. 2013. Percobaan Tekanan Udara dalam Gelas, http://fisikaasyik90.blogspot.com/2013/12/percobaan-tekanan-udara-dalam-gelas.html?m=1 04 Maret 2019


0 comments:

Post a Comment