MEMPERTAJAM
PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN
Wina
Hayu Novilia, Salsa Yamada, Samik S.Si.,M.Si.
Abstrak
Pembelajaran merupakan
proses terjadinya peroleh ilmu dan pengetahuan sehingga menambah sebuah wawasan
atau informasi, sehingga pembelajaran dalam Penelitian merupakan sebuah cara
untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana
permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Metode
eksperimen dapat membantu siswa mempertajam jiwa keingintahuan pada objek yang
diteliti dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah, yakni: observasi,
klarifikasi, kuantitaf, interfrensi dan mencari data yang akurat sebagai dasar
ilmiahnya. Dalam proses pembelajaran siswa melakukan percobaan untuk
membuktikan kebenaraan atau mengkaji lebih dalam untuk membuat hipotesis. Siswa
dapat melakukan eksperiman dalam pembelajaran dan dapat melakukannya sesuai
dengan apa yang di lakukan dengan mengikuti sebuah prosedur, mengamati objek
yang di teliti, menganalisis, membuktukan percobaan dan menarik kesimpulan.
Melalui metode eksperimen siswa diharapkan menemukan pemahaman tersendiri atas
percobaan yang dilakukan dan membuat bingkai baru atas pengalaman langsung
setelah melakukan eksperimen. Membantu siswa memecahkan masalah yang akan
dibuktikan melalui eksperimen, menemukan garis hubungan sebab akibat yang
ditimbulkan dari reaksi yang diberikan atas percobaan dan melihat variabel yang
dipengaruhi dengan variabel sebelum dipengerahui kemudian membuat sebuah
kesimpulan.
Kata
kunci: Pembelajaran, Langkah ilmiah,
Metode eksperimen
ISI
A.
Pengertian
Metode Eksperimen
Metode eksperimen dapat mempertajam
pengetahuan peneliti dalam pemahamannya pada hal yang diteliti. Menurut Hadi
(1985), penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui
akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh
peneliti. Jadi melakukan eksperimen
adalah untuk melihat dan mengetahui adanya pengaruh akibat reaksi yg
diberikan untuk mengetahui hasil yang di inginkan apakah berhasil atau tidak.
Metode eksperimen salah satu langkah sistematis untuk membuktikan kebenaran
teori. Menurut Arboleda (1981:27)
mendefinisikan eksperimen sebagai suatu penelitian yang dengan sengaja peneliti
melakukan manipulasi terhadap satu atau lebih variabel lain dengan cara
tertentu sehingga berpengaruh pada satu atau lebih variabel lain yang diukur.
Lebih lanjut dijelaskan, variabel yang dimanipulasi disebut variabel bebas dan
variabel yang dilihat pengaruhnya disebut variabel terikat. Jadi penelitian ini
mencari pengaruh dari variabel satu dengan variabel lainnya. Suatu kegiatan
yang memiliki tujuan yang dilakukan berdasarkan langkah langkah ilmiah.
Dari
dua definisi yang dikemunkakan oleh beberapa ahli tersebut dapat disimpulkan
metode ekperimen adalah:
1. Penelitian
yang mencari garis hubungan sebab akibat yang ditimbulkan dari tindakan yang
diberikan terhadap tingkah laku siswa atau menguji hipotesis tentang
ada-tidaknya pengaruh tindakan itu jika dibandingkan dengan tindakan lain.
2. Penelitian
yang merubah secara sistematis variabel bebas yang diteliti sesuai dengan
tujuan peneliti.
Dalam
proses pembelajaran dengan eksperimen siswa dapat menganalisis, membuktikan,
mengkaji sesuai dengan data yang diperolehnya dalam melakukan penelitian,
B.
Karakteristik
metode eksperimen
Metode eksperimen
mempertajam peneliti dalam menemukan pemahaman tersendiri atas percobaan yang
dilakukan. Pemahaman ini ditemukan atas dasar ilmiah berdasarkan fakta setelah
melakukan langkah langkah penelitian yang bersifat ilmiah yaitu, observasi,
klarifikasi, kuantitatif, interfrensi dan mencari dasar yang valid untuk
menunjang kebenarannya.
Karakteristik
dari metode eksperimen:
(1)
Metode untuk
mempertajam siswa dengan membuat percobaan, pengamatan dan membuat kesimpulan
atas apa yang di uji kebenarannya.
(2)
Metode yang dibuat
untuk mengembangkan wawasan siswa untuk mendalami pelajaran tertentu.
(3)
Metode yang memberikan
pemahaman setelah melakukan pemerosesan informasi yang aktif, yang memudahkan
siswa belajar dengan lingkungannya.
(4)
Metode yang menepatkan
siswa dalam mempelajar lingkungannya sebagai suatu ekologi.
(5)
Metode yang membantu
dalam memecahkan masalah yang bersifat ilmiah.
C.
Penerapan
metode Eksperimen dalam Pembelajaran
Menurut Roestiyah (Martaningsih, 2009)
prosedur pelaksaan metode penelitian adalah:
(1) Perlu
dijelaskan kepada siswa tentang tujuan eksperimen mereka, mereka harus memahami
masalah yang akan dibuktikan melalui eksperimen.
(2) Menjelaskan
kepada siswa tentang alat-alat serta bahan-bahan yang akan bahan yang akan
digunakan dalam eksperimen.
(3) Selama
eksperimen berlangsung guru harus mengawasi pekerjaan siswa. Bila perlu
memberikan saran atau pertanyaan yang menunjang kesempurnaan jalannya
eksperimen.
(4) Setelah eksperimen selesai guru harus
mengumpulkan hasil penelitian siswa, mendiskusikan kelas dan mengevaluasi
dengan tes atau tanya jawab.
Adapun
langkah-langkah melaksanakan metode eksperimen dalam pembelajaran sebelum
melakukan metode eksperimen, yaitu:
1. Merumuskan
dengan jelas percobaan yang akan dilakukan.
2. Merumuskan
tujuan pembelajaran
3. Mempersiapkan
kebutuhan berdasarkan keperluan untuk menunjang keberhasilan.
4. Memberikan
prosedur dalam pengerjaan ketentuan-ketentuan yang akan dilakukan.
5. Membuat
perhitungan waktu yang di butuhkan dalam melakukan eksperimen agar sesuai
dengan target yang dicapai.
6. Menentukan
tempat apa yang dijadikan eksperimen didalam laboratorium atau diluar ruangan
7. Memperkenalakan
alat-alat dalam proses eksperimen, memiliki fungsi apa dan bagaimana cara
kerjanya
8. Guru
wajib memperhatikan jalannya proses eksperimen untuk mengarahkan bila siswa
mengalami kebingungan dan memberikan pertanyaan yang membantu kesempurnaan
eskperimen.
9. Siswa
Melakukan pengamatan pada objek yang akan diteliti.
10. Menguji
kebenarannya secara emperis dari sumber pengetahuan yang diperoleh dari
observasi dan percobaan.
11. Menemukan
hasil percobaan setelah melewati langkah-langkah percobaan, kemudian mengamati
dan apakah mencapai tujuan dari eksperimen atau tidak.
12. Membuat
kesimpulan atas apa yang sudah dilakukan berdasarkan penelitian setelah
melakukan praktik eksperimen dan mengamati hasilnya.
D.
Syarat-syarat
penelitian eksperimen
Sebuah penelitian
alangkah baikya jika mempunyai syarat sebelum melaksanakan eksperimen agar
memberikan hasil yang valid seperti :
1. Seorang
peneliti harus membangun niat untuk mencari tahu kebenaran yang sebenarnya
sebelum melaksanakan penelitian
2. Seorang
peneliti mampu mengubah dan mengontrol variabel
3. Seorang
peneliti tau kapan waktunya melakukan penelitian
4. Dan
siap akan resiko yang diterima
E.
Contoh
eksperimen
Judul:
percobaan tekanan udara menentukan pembakaraan
Tujuan:
menguji proses pembakaraan membutuhkan oksigen
Alat
dan bahan:
1. Piring
kecil
2. Lilin
satu batang
3. Korek
api
4. Api
5. Gelas
6. Pewarna
7. Mangkok
8. Sendok
Langkah-langkah:
1. Menyalahkan
lilin lalu letekan diatas piring
2. Kemudian
mengambil gelas dan menutup lilin tersebut menggunakan gelas.
3. Setelah
beberapat detik api tersebut padam.
4. Nyalahkan
kembali lilin tersebut diatas piring
5. Masukan
air secukupnya kedalam mangkok, kemudian berikan perwarna pada air tersebut.
6. Kemudian
tutup lilin kembali menggunakan gelas.
7. Amatilah
dan catat hasil percobaan.
Hasil
percobaan:
Tabel
1.1
Benda
|
Peristiwa
|
Lilin
|
Padam
|
Gelas
|
|
Piring
|
|
Gambar
1.1
lilin menyala di atas piring
lilin menyala di atas piring
Tabel
1.2
Benda
|
Peristiwa
|
Lilin
|
Padam
|
Gelas
|
Kemasukan air
dari luar
|
Piring
|
Permukaan
piring kering air berpindah kedalam gelas
|
Air
|
Terhisap masuk
kedalam gelas
|
Gambar 1.2
lilin di atas piring beseta pewarna
Gambar
1.3
lilin padam dan
air masuk
Penjelasan
:
Molekul
oksigen yang hilang karena pembakaran, menyebabkan tekanan udara didalam gelas
lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara diluar gelas. Hal ini sesuai
dengan hukum boyle bahwa volume sebanding dengan tekanan, jadi pada saat volume
oksigen habis didalam gelas maka tekanan juga akan semakin kecil.
Kesimpulan
Eksperimen:
Berdasarkan
data yang diperoleh lilin semakin lama akan semakin redup kerena dalam proses
dibuktukan ruang oksigen yang membantu proses pembakaran, namun didalam ruangan
yang tertutup oksigen maka kadar oksigen tidak mencukupi dan akhirnya padam.
Selanjutnya tekanan dari luar masuk kedalam karena tekanan diluar lebih besar
dari dalam gelas, sehingga menyebabkan air yang berada pada area sekitar gelas
terhisap masuk ke dalam gelas.
KESIMPULAN
Metode eksperimen merupakan cara
pembelajaran dengan cara melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran atau
menguji suatu hipotesis berdasarkan langkah ilmiah. Suatu eksperimen memiliki
karakteristik yakni (1) melakukan percobaan, pengamatan dan membuat kesimpulan
atas apa yang di uji kebenarannya, (2) dapat mengembangkan wawasan, (3)
memberikan pemahaman setelah melakukan pemerosesan informasi, yang memudahkan
siswa belajar dengan lingkungannya, (4) mempelajari lingkungan, (5) mampu
memecahkan masalah. Dalam penerapan pembelajaran dalam pelaksanaan
eksperimen diperlukan tujuan, alat,
bahan, pendampingan guru, dan mengevaluasi hasil. langkah-langkah melaksanakan
metode eksperimen merumuskan tujuan, mempersiapkan alat dan kebutuhan,
memberikan prosedur, membuat perhitungan waktu, menentukan tempat, serta guru
senantiasa mendampingi jalannya proses penelitian, membuat kesimpulan hasil
yang telah diteliti. Menjadi seorang peniliti harus memiliki niat dan semangat
yang merupakan alah satu syarat untuk meneliti. Maka dapat disumpulkan bahhwa
melakukan eksperimen dapat dilakukan sendiri namun tetap ada yang membing
karena dalam lingkup pembelajaran sebagai metode eksperimen seperti contoh
percobaan tekanan udara dalam gelas.
DAFTAR
PUSTAKA
Anggraini,Arini.2010.Penerapan Metode Eksperimen Untuk
Meningkatkan Ketrampilan Merencanakan Eksperimen Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-3 Sma Negeri 1 Simo, Surakarta:UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
Andi
Imrah Dewi,Ratman,dan Rismawati. 2008. Penerapan
Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas pada Siswa
Kelas IV SDN No. 1 Balukang.Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 1
Drs,Nasrudin,
Harun, MS,dkk. 2012. Sains Dasar,
Surabaya: UNESA University Press
Sumbang,Saul.
2013. Penerapan Metode Eksperimen Untuk
Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv
Sekolah Dasar Negeri 20 Sungai Keli Kabupaten Landak, Pontianak:Universitas
Tanjungpura
Nursyahidah,Farida.
2012. Penelitian Eksperimen, https://faridanursyahidah.files.wordpress.com/2012/05/penelitian-eksperimen_farida.pdf
04 Maret 2019
Ningsih,Kurniati.
2016. Metode Eksperimen, http://blogspotelihkurniatiningsih.blogspot.com/2016/04/metode-eksperimen-pengertian-eksperimen.html?m=1
03 Maret 2019
0 comments:
Post a Comment