Pages

Wednesday, March 13, 2019

EKOSISTEM SEBAGAI SUMBER DAYA ALAM (081)



PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM BAGI EKOSISTEM
(Intan Desy Ekasari, Mutiara Putri Peris, Samik)

·       Abstrak
   Makhluk hidup di alam ini menempati tempat-tempat tertentu sesuai dengan habitatnya. Ada yang hidup di air, tanah/darat, maupun di udara. Makhluk hidup akan menjalin hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup di dalam komunitas yang dinamakan ekosistem. Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sehingga kita akan tahu bahwa ada komponen biotik (hidup) dan abiotik (tidak hidup) dalam suatu ekosistem. Setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing dan selama tidak ada fungsi yang terganggu maka keseimbangan dari ekosistem akan terus terjaga. Sumber daya alam merupakan  unsur lingkungan yang terdiri atas sumber daya alam hayati , sumber daya alam non hayati dan sumber daya alam buatan yang merupakan salaha satu aset yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Didalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefesiensi yang artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien dalam memikirkan kelanjutan sumber daya alam.
·        Isi
1. Pengertian Ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme.  Dilihat dari fungsinya, suatu ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen autotrof  (organisme yang mampu mensintesis makanan sendiri) dan komponen heterotrof  (organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik dari organisme lain sebagai bahan makanan). Agar keseimbangan ekosistem terpelihara, zat-zat seimbang di antara komponen biotik dan abiotik. Di alam ini keseimbangan tersebut dipelihara melalui daur biogeokimia. Seperti contonya : daur Karbon, Phospor dan Nitrogen.

2. Pengertian Sumber Daya Alam
                        Sumber daya alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik (sumber daya alam hayati) maupun abiotik (sumber daya alam fisik) yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti tumbuhan, hewan, cahaya matahari dan lain-lain. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian karena sumber daya alam sifatnya terbatas.

3. Ekosistem Sebagai Sumber Daya Alam
                        Ekosistem alami, menyediakan banyak sekali sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan manusia semakin banyak maka terjadilah pengubahan ekosistem alami menjadi ekosistem buatan. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dibedakan yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui (nonkonvensional) dan sumber daya alam tidak dapat diperbarui (konvensional).
a)Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Sumber daya alam nonokonvensional yang mulai dikembangkan penggunaannya adalah energi matahari dengan cara mengkorvensikan sinar matahari dengan menggunakan solar photovoltatic cells (foto sel) menjadi energi elektronik, yang kedua energi panas bumi yang diperkirakan memeiliki bentuk zat cair atau setengah cair yang memiliki temperatur yang sangat tinggi, yang ketiga adalah Magma yaitu batuan cair dan panas yang terdapat dalam kulit bumi, yang keempat adalah energi angin untuk dirubah menjadi energi listrik menggunakan prinsip yang sangat sederhana yaitu angin “ditangkap” oleh baling-baling atau rotor bersayap, yang kelima adalah energi pasang surut  dengan pemanfaatannya didaerah pantai dipasang dam atau semacam bendungan air yang memiliki pintu-pintu air yang dapat diatur pembukaannya, yang keenam adalah energi biogas yaitu gas yang dihasilkan dari sisa-sisa jasad hidup yang diuraikan oleh bakteri pengurai melalui proses pembusukan atau penguraian, yang terakhir adalah energi biomassa dimana pemanfaatannya yaitu dengan membakar biomassa tersebut dan panas yang ditimbulkan digunakan untuk keperluan manusia misalnya memasak air yang uapnya dapat digunakan untuk memutar turbin penggerak generator listrik.

b)Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam konvensional adalah sumber daya alam yang hanya bisa digunakan satu kali dan setelah itu habis contohnya adalah bahan bakar yang berasal dari fosil (minyak, gas bumi, batu bara) dan beberapa lainnya bukan berasal dari fosil seperti energi nuklir. Sumber daya alam berasal dari fosil penggunaannya semakin meningkat seiring perkembangan teknologi dan peradaban sementara persediaannya semakin menipis sehingga perlu dikembangkan alternatif yaitu energi nulkir.
·         Kesimpulan
Ekosistem yang ada di dalam bumi ini semakin hari semakin meningkat, begitu pula cadangan sumber daya alam semakin hari akan semakin habis karena banyaknya makhluk hidup. Untuk menjaga sumber daya alam tersebut sebagai makhluk hidup yang tinggal di rantai ekosistem harus bisa menggunakan sumber daya alam sebaik mungkin dan mencukupkan untuk generasi-generasi selanjutnya. Ekosistem yang ada di bumi ini juga harus dijaga agar rantai kehidupan antar makhluk hidup bisa seimbang dan tidak ada kemusnahan.

REFERENSI
3 Maret 2019.
3 Maret 2019.
Purnomo, Tarzan.2012.Sains Dasar : Ekosistem,Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Surabaya:UNESA University Press.

0 comments:

Post a Comment