Pages

Monday, March 19, 2018

Golongan Darah Dapat Mempengaruhi Tipe Kepribadian Seseorang



(Puspita Eka Putri, Laili Maghfiroh, Samik, S.Si., M.Si.)

Abstrak :
Berdasarkan golongan darah ini, kita dapat menilai kepribadian atau karakter seseorang. Bahkan di beberapa negara, ada orang-orang yang mempercayai golongan darah telah menentukan karir seseorang sejak ia lahir. Di zaman yang sudah maju seperti ini banyak sekali orang mengkaitkat jenis golongan darah dengan kepribadian yang ada pada diri individu. Perbedaan golongan darah antara golongan darah satu dengan golongan darah yang lain menjadikan adanya perbedaan yang sangat mencolok sifat yang dimiliki oleh orang tersebut. Sebalikya apabila ada beberapa individu memiliki jenis golongan darah yang sama maka mereka juga akan memiliki sifat dan kepribadian yang sama pula, karena ada kesamaan golongan darah yang dimiliki. Tujuan dari penulisan proposal ini adalah mencari tahu mengenai kebenaran dari penemuan kebetulan yang berjudul “Golongan Darah Dapat Mempengaruhi Tipe Kepribadian Seseorang”, apakah penemuan tersebut benar adanya atau kurang benar adanya.

Abstract:
Based on this blood type, we can assess the personality or character of a person. Even in some countries, there are people who believe that blood type has determined a person's career since he was born. In an age that has advanced like this a lot of people mengkaitkat type blood type with the personality that is in the individual. Differences in blood type between blood type one with the other blood group makes a difference that is very striking nature owned by the person. On the contrary if there are some individuals have the same type of blood type then they will also have the same nature and personality as well, because there are similarities in blood type owned. The purpose of writing this proposal is to find out the truth of an accidental discovery entitled "Blood Type Can Affect Personality Type Of Someone", whether the findings are true or not true.








A.           Pengertian Penemuan Kebetulan

Penemuan kebetulan adalah suatu peristiwa yang tidak disengaja kadang-kadang ternyata mengahasilkan suatu kebenaran yang menambah perbendahaeaan pengetahuan manusia, karena sebelumnya kebenaran itu tidaklah diketahui. Beberapa pengetahuan pada awalnya ditemukan secara kebetulan dan beberapa diantaranya adalah sangat berguna.

B.            Pengertian Golongan Darah

Golongan darah adalah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Jenis Golongan Darah:
Terdapat 4 jenis Golongan Darah yang berdasarkan ada atau tidak adanya 2 antigen yaitu antigen A dan antigen B pada permukaan membran Sel Darah Merah. Keempat jenis Golongan Darah tersebut adalah :
§  Golongan Darah A,
§  Golongan Darah B,
§  Golongan Darah AB,
§  Golongan Darah O.

C.    Pengertian Kepribadian Manusia

Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang. Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang baku/berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya.

D.    Pembahasan

Di era yang sudah maju ini banyak sekali orang ataupun sekelompok manusia yang yang beranggapan bahwa jenis golongan darah pada manusia sangat mempengaruhi kepribadian yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Setiap jenis golongan darah memberikan beberapa karkteristik manusi itu sendiri, mulai dari hal positif apa saja yang dimiliki oleh individu tersebut sampai halnya dengan hal negatif yang melekat pada diri individu tersebut. Entah sejak kapan penemuan tersebut ditemukan tetapi satu hal yang pasti bahwa penemuan kebetulan tersebut sudah menjadi budaya pada masyrakat kita bahwa jenis golongan darah yang dimiliki oleh seorang individu pastilah punya dampak yang sangat besar pada tipe karakteristik yang dimiliki oleh seorang individu. Berikut adalah tipe karakteristik individu berdasarkan golongan darah :
1.      GOLONGAN DARAH A
a.       Mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya tetapi keras kepala.
b.      Sebelum melakukan sesuatu orang bergolongan darah A biasanya memikirkannya terlebih dahulu dan mempunyai perencanaan yang matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.
c.       Berusaha membuat diri mereka sewajar dan seideal mungkin.
d.      Bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.
e.       Cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang bertemperamen sama.
2.      GOLONGAN DARAH B
a.       Pemilik golongan darah B ini suka penasaran dan tertarik terhadap segala hal baru.

b.      Mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobi. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu namun cepat juga bosan.
c.       Tapi biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang di kerjakannya.
d.      Ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal dan tidak mau hanya dianggap rata-rata. Cenderung melalaikan lain hal jika sedang terfokus pada satu hal.
e.       Terlihat cemerlang, riang, bersemangat dan antusias dari luar tetapi sebenarnya semuanya ternyata sama sekali berbeda dengan yang ada di dalam diri mereka.
3.      GOLONGAN DARAH O

a.       Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang
b.      Biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.
c.       Disukai oleh semua orang meski keras kepala dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.
d.      Gampang di pengaruhi oleh orang lain dan lingkungan.
e.       Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati.
4
.      GOLONGAN DARAH AB


a.       Memiliki perasaan yang sensitif, lembut.
b.      Penuh perhatian dan menjaga perasaan orang lain dan selalu menghadapi orang lain dengan kepedulian serta kehati-hatian.
c.       Di samping itu mereka keras dengan diri mereka sendiri juga dengan orang-orang yang dekat dengannya.
d.      Mereka sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu panjang dan dalam.
e.       Punya banyak teman, tapi membutuhkan waktu dan tempat untuk menyendiri dalam memikirkan persoalan-persoalan mereka.
Kesimpulan
Banyak orang yang beranggapan bahwa saat ini golongan darah dapat menentukan karakteristik individu. Banyak di media sosial akun-akun golongan darah yang menyatakan bahwa berbeda golongan darah maka karakteristik yang dimiliki oleh individu juga sangat berbeda. Mungkin bagi beberapa orang penemuan tersebut sangatlah berguna untuk melihat bagaimana sifat orang yang belum mereka kenali lewat golongan darah saja mereka bisa mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh seorang individu tersebut. Penemuan kebetulan tersebut bagi sebagian oraang khususnya para remaja sangat bermanfaat selainuntuk sarana menghibur juga sebagai sarana informasi kepada mereka yang ingin mengetahui sifat yang dimiliki oleh teman sebaya ataupun lawan jenisnya. Tetapi kepribadian atau sifat yang dimiliki oleh setiap individu pastilah berbeda-beda antara individu satu dengan individu lainnya. Perbedaan tersebut dilatarbelakangi bisa karena lingkungan, pengetahuan yang dimiliki serta perasaan yang telah tertanam dihati individu tersebut. Begitu juga apabila ada kesamaan kepribadian atau sikap yang dimiliki oleh beberapa individu bisa saja karena ada beberapa kesamaan faktor. Persamaan atau pun perbedaan yang dimiliki oleh seorang individu tidak bisa dilihat berdasarkan golongan darahnya. Golongan darah tidak bisa menentukan pengklasifikasian tipe karakteristik sikap yang dimiliki individu. Bisa saja pada fakta umum golongan darah ia dilihat memiliki kepribadian yang buruk dan suka mencela tetapi pada kenyataannya ia adalah orang yang rendah hati dan suka menolong. Hal ini menandakan bahwa kita tidak bisa menilai kepribadian manusia berdasarkan tulisan golongan darah saja tetapi dengan memahami orang tersebut maka kita bisa mengetahui kepribadian yang dimiliki oleh orang tersebut.



























DAFTAR PUSTAKA

·         Nasrudin, Harun dkk.2012. SAINS DASAR. Surabaya: Unesa Press.
·         Rofalina, Fanny. 2015. Golongan darah bisa mencerminkan kepribadian manusia, masa sih?. https://www.zenius.net/blog/8786/sifat-karakter-golongan-darah. 21 Agustus 2015.
·         Cara Rima Pamela, Viane. 2014. Sifat dan karakter berdasarkan golongan darah. https://www.lensaindonesia.com/2014/03/03/sifat-dan-karakter-berdasarkan-golongan-darah.html. 03 Maret 2014.

·         N, Sora. 2014. Pengertian Kepribadian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli. http://www.pengertianku.net/2014/06/pengertian-kepribadian-secara-umum.html. 23Juni 2014.





















Mengirim tanggal 16 maret 2018
Mengembalikan tanggal 17 maret 2018
Saran
Seperti yang dijelaskan di atas cara penemuan kebenaran berbeda-beda. untuk memperoleh kebenaran pengetahuan sepanjang sejarah, dapat di kelompokkan menjadi dua, yakni : yang pertama memperoleh pengetahuan yang tidak berdasarkan penalaran dan yang kedua cara modern dengan memperoleh pengetahuan yang berdasarkan penalaran sehingga pengetahuan yang di peroleh lebih sistematis, logis dan ilmiah. Namun yang di bahas dalam tema ini yaitu pengetahuan yang tidak berdasarkan penalaran salah satu nya yaitu penemuan kebetulan. Penemuan secara kebetulan adalah penemuan yang berlangsung secara tanpa disengaja.
Suatu pristiwa yang tidak disengaja kadang-kadang ternyata menghsilkan suatu kebenaran yang menambah perbendaharaan pengetahuan manusia karena sebelumnya kebenaran itu tidak diketahui. Sepanjang sejarah manusia penemuan secara kebetulan itu bayak terjadi, dan banyak diantaranya yang sangat berguna.

0 comments:

Post a Comment