Pages

Saturday, March 24, 2018

KEAJAIBAN MINYAK BUMI


KEAJAIBAN MINYAK BUMI
 Bella Dwi Aprilia

ABSTRAK

Minyak Bumi merupakan salah satu elemen sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non renewable resources). Minyak bumi tersusun dari rangkaian unsur yang rumit dan bersifat mudah terbakar. Minyak bumi berada di dalam perut bumi yang berasal dari hasil timbunan fosil selama jutaan tahun. Kandungan minyak bumi tidak bisa dilihat secara langsung layaknya melihat kandungan air di dalam tanah Minyak bumi dapat diperoleh dengan cara penambangan bahkan dengan keberuntungan (luck method). Faktor luck tersebut sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia tanpa disengaja. Hal tersebut didukung oleh adanya bekas wilayah jajahan komunis yang pernah menggali potensi minyak bumi di daratan Nusantara. 

Kata kunci : luck; minyak bumi; unsur; 

ISI

Minyak bumi adalah salah satu jenis barang tambang yang terdapat di Indonesia selain batu bara, aluminium, emas dan belerang. Minyak bumi merupakan campuran rumit dari ratusan rantai hidrokarbon yang umumnya tersusun atas 85% karbon (C) dan 15% hidrogen (H) (Nasin dkk,2008). Unsur komponen lain yang terkandung adalah oksigen (O), sulfur (S), dan nitrogen (N) dengan komposisi yang kecil.. Letak keberadaan minyak bumi yaitu di dalam perut bumi yang telah tertimbun ratusan tahun dari fosil-fosil makhluk hidup. Kemudian tertimbun pasir dan lumpur, membentuk lapisan yang kaya zat organik yang akhirnya akan membentuk batuan endapan (sedimentary rock) (Nasin dkk, 2008).
Minyak bumi dapat diperoleh dengan melakukan penambangan. Penambangan merupakan aktivitas pengambilan bahan mentah dengan cara penggalian potensi minyak bumi atau gas alam untuk masyarakat industri dan modern. Di indonesia, tambang minyak bumi berada di Sumatera, Laut Jawa, Kalimantan, dan Papua (Tresna, 2009). Hasil dari penambangan minyak bumi tidak dapat digunakan langsung, namun harus melewati proses penyulingan terlebih dahulu. Penyulingan yaitu pemisahan zat berdasarkan titik didihnya (Tresna, 2009). Minyak mentah akan dipompa dengan cara pemanasan. Kemudian dialirkan ke dalam ruang penguapan dengan tujuan untuk mengurangi penguapan. Hasil dari penguapan tersebut, minyak bumi akan terbagi menjadi beberapa bagian yang disebut fraksi minyak bumi. Dari proses penyulingan itu akan dihasilkan bahan bakar yang biasa digunakan pada kehidupan sehari-hari, seperti bensin, minyak tanah, oli, pelumas dan lain-lain.
Minyak bumi juga bisa didapat dengan kemunculannya yang secara tiba-tiba tanpa disadari. Beberapa tahun yang lalu di Sumenep, Madura telah digemparkan dengan penemuan minyak mentah. Menurut Tresna dalam kutipan Detik.Com Surabaya, ada sumur warga yang mengeluarkan minyak mentah. Sumur tersebut memiliki kedalaman seperti pada sumur-sumur lainnya yaitu berkisar 12 meter. Pada mulanya sumur tersebut hanya dipakai untuk mengambil air. Namun tanpa diketahui ternyata telah mengeluarkan minyak tanah. Artinya minyak tanah itu telah bercampur dengan air sumur dan terletak di lapisan atas. Minyak yang berwarna kuning kecoklatan itu digunakan warga setempat untuk bahan bakar memasak. Selain itu, di Garut Jawa Barat, Kawasan Arinem, Kecamatan Pakenjeng mendadak gempar dengan ditemukannya minyak tanah didalam sumur  Jamsir Hudayana(06), warga RT 03 RW 06 Kampung Pengkolan, yang bercampur dengan air sumurnya (Nasin dkk,2008). 


Penambangan minyak bumi menggunakan media sumur
Di beberapa wilayah Indonesia memang mengandung potensi minyak. Hal tersebut didasari dengan letak beberapa wilayah Indonesia yang dekat dengan sumur tua, bekas penambangan minyak Belanda. Meskipun telah menjadi sumur tua, bukan berarti kandungan minyaknya juga habis. Bahkan saat ini sisa kandungan minyak yang berada di sumur tua tersebut telah dijadikan lahan penghasil minyak bumi. Penambang menggunakan alat pompa angguk sebagai tabung menara penyedot minyak. Sekali sedot, tabung dapat mengambil sedikitnya 70 liter minyak mentah (Nasin dkk, 2008). Indonesia memiliki belasan ribu sumur minyak tua yang tesebar, jumlahnya sekitar 13.824. Seperempatnya kini telah diaktifkan kembali untuk produksi minyak di Indonesia sebagai wadah amunisi APBN. 

KESIMPULAN

Indonesia memiliki kandungan minyak bumi yang melimpah. Unsur-unsur yang terbentuk di dalam minyak bumi menjadikan sebuah cairan ajaib yang dapat digunakan dalam segala aspek aktivitas kehidupan manusia. Mulai dari sebagai bahan bakar kendaraan, untuk memasak, sebagai penerang (lilin) dan masih banyak lagi. Faktor luck yang terjadi pada sebagian masyarakat di Indonesia yang mulanya menemukan hasil minyak mentah dalam galian sumur, kini telah menjadi wadah eksplorasi pemerintah dalam menambah produktivitas minyak bumi sehingga dapat memasok minyak untuk kebutuhan masyarakat yang sifatnya terus-menerus. Namun, pada jangka waktu panjang pemboran sumur tua tersebut bisa berakibat fatal jika dilakukan secara berlebihan terus-menerus karena dapat mengakibatkan mengikisnya sedikit demi sedikit lapisan perut bumi, dan membawa kehancuran alam semesta.



REFERENSI

Nasrudin,Harun,dkk. 2012. SAINS DASAR. Surabaya: Unesa University Press
Sodhi,G.S. 2009. Edisi 3 Konsep Dasar Lingkungan. New Delhi: Narosa Publishing House 
El-Kabumaini, Nasin. dan Tjajep S.Ranuatmaja. 2008. Memahami Sumber Energi MINYAK
BUMI. Bandung: PT Puri Delco
Ismaya, Tresna. 2009. Usaha menggali perut Bumi. Bandung: CV Pringgandani
Kabar7. 2016. Desa Sama Jaya Membuat Enam Sumur Bor. Jakarta: PT Pradana Expose Media

Dosen : Samik S.Si.,M.Si.
Reviewer : Dewina Cigy Abadi 
Tanggal diberikan : 20 Maret 2018 
Tanggal dikembalikan : 21 Maret 2018
Saran : Pada  bagian abstrak, kata "oleh" diganti dengan "dari", kata "berjuta-juta" diganti dengan "jutaan". Pada bagian isi, kata "sebuah", "di sebuah desa" seharusnya dihilangkan dan setelah kata "langsung" diberi tanda (,) koma.

0 comments:

Post a Comment