Pages

Monday, March 26, 2018

manfaat pengurai bagi kesuburan tanah


Manfaat Pengurai Bagi Kesuburan Tanah
Oleh Farida Yuliana

Abstrak
          Di dunia ada 2 komponen ekosistem yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen biotic terdiri atas makhluk hidup yang terbagi atas jenisnya yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Sedangkan komponen abiotik adalah komponen yang tidak hidup seperti tanah , air , cahaya matahari, udara dan suhu. Mereka saling keterkaitan antara satu dengan yang lain dan membutuhkan antara stau dengan yang lain. Ada tanah yang subur maka disitu dapat dipastikan ada penguraian yang baik oleh bakteri bakteri didalam tanah. Banyak jenis bakteri yang dapat menyuburkan tanah. Jika tanah mengalami kesuburan maka akan menguntung kan semua makhluk hidup.
Kata kunci :, jenis jenis bakteri, manfaat tanah subur
Isi
            Dalam ilmu botani bekteri termasuk keluarga Thallophyta ukuran bakteri yaitu antara 1 mikron sampai 3 atau 4 mikron. 1 mikron sama dengan 0.001 mm. perkembangan bakteri sangatlah pesat. Menurut penyelidikan dalam jangka 15 jam satu sel bakteri dapat berkembang biak dengan banyak dapat dibayangkan berapa banyak bakteri yang hidup dalam tanah dan berperan penting bagi pembentukan tanah. Bakteri dibagi 2 yaitu :
1.      Bakteri Autotrof
Bakteri autotrof yaitu bakteri yang dpat membuat makanan sendiri dan senyawa onorganik. Untuk membuat makanannya bekteri memerlukan energy dari matahari dll.
2.      Bakteri Heterotrop
Bakteri Heterotrop yaitu bakteri yang mendapatkan makanan  berupa senyawa organic dan organisme lainnya.








Ini adalah jenis jenis bakteri yang dapat menyuburkan tanah :

a.      Azotobacer
 Image result for azotobacter

              
                        Ini adalah bakteri yang dapat memfiksasi nitrogen yang ada di udara baik secara simbiosis maaupun non simbiosis. Bekteri ini sungguh dapat mengefesiensi tanah menjadi subur tanpa penggunakaan bahan pupuk kimia untuk tanaman. Bakteri ini juga mampu menghasilkan zat pemacu tumbuh giberelin. Bakteri ini dapat ditemukan di dalam tanah dan di zona akar tumbuhan yang tumbuh.

b.      Bacillus

Image result for bacillus               
Bacillus sp merupakan salah satu kelompok bakteri gram positif yang sering digunakan sebagai pengendali hayati penyakit akar. Anggota genus ini memiliki kelebihan , karena bakteri membentuk spora yang mudah disimpan, mempunyai daya tahan hidup lama dan relative mudah diinokulasikan ke dalam tanah.


c.       Mikoriza

Image result for mikoriza

                        Mikoriza  sangat penting untuk nutrisi mineral dari banayk tanaman karena hifa benang jamur dapat memanfaatkan tanah lebih luas daripada akar tanaman dan dengan ini mikoriza sangat meningkatkan penyerapan mineral dan air biasanya.

d.      Bakteri Pereduksi Sulfat

Image result for bakteri pereduksi sulfat
         
                        Bakteri ini memiliki kemampuan untuk memetabolismekan senyawa sederhana seperti laktat , asetat , propionate , benzoate dan butirat. Perkembanagan bakteri ini akan tersumbat apabila ketersediaan sulfat diambang 2-10 perliter. Bakteri ini sangat penting dalam mineralisasi sulfur organic.






e.       Rhizobium

 Image result for rhizobium


                           
                        Bakteri ini dapat memicu tanaman untuk tumbuh secara langsung dan memproduksi fitohormon yang menginduksi tanaman. Fitohormon yang dihasilkan yaitu auksin, giberelin,sitokenin , etilen dan asam absisat.

Banyak bakteri baik yang hidup ditanah dan membantu pertumbuhan dan perkembang biakan suatu tumbuhan. Bagi para makhluk hidup lainnya tanah yang subur sangat menguntungkan dikarenakan tanah yang subur para makhluk hidup produsen dapat membuat makanannya sendiri dan para konsumen akan juga terpenuhi kehidupannya.

Kesimpulan
          Bahwa banyak bakteri yang dapat menyuburkan tanah dan bakteri tersebut memiliki peran masing masing untuk ikut serta dalam menyuburkan tanah. Tidak hanya tanah yang dapat disuburkan oleh bakteri tanaman pun juga dpat di suburkannya sesuai dengan fungsi fungsi bakteri tersebut. Jika tanah nya sudah subur maka makhluk hidup yang bertugas sebagai produsen dapat hidup tumbuh dan berkembang. Jika saja tanah tidak subur dan para makhluk hidup produsen tidak dpat memproduksi makanan. Maka seluruh makhuk hidup akan mati dikarenakan rantai makanannya terganggu. Jadi komponen biotic serta komponen abiotik saling berhubungan timbal balik antar satu dengan yang lainnya.




Daftar Pustaka
Sains dasar, Tim FMIPA UNESA
Pengantar ilmu tanah, oleh Ir Mulyani Sutedjo & Ir A.G Kartosapoetra
Kesuburan dan kesehatan tanah, oleh Dr Ir Nurhidayati M.P
di Riview oleh Rifky Fadhilmi F, Samik







Revisi

-rapihkan perparagrafnya masih kurang rapih
- rapihkan juga line spacingnya
Jika terdapat kalimat asing bisa di bold hurufya atau di miringkan
Pada page satu terdapat penulisan yang salah
Seperti : Ini adalah jenis jenis bakteri yang dapat menyuburkna tanah



0 comments:

Post a Comment