Pages

Wednesday, March 21, 2018

HUKUM GRAVITASI BUMI OLEH NEWTON


HUKUM GRAVITASI BUMI OLEH NEWTON
Penulis : Nadya Nurul Alifah, Riviewer : Adila Riski Awalia, Samik, S. Si. M. Si

ABSTRAK
Bumi Merupakan planet yang menempati urutan ketiga terdekat dari matahari, bumi merupakan planet yang cocok untuk didiami oleh makhluk hidup karena bumi memiliki gravitasi penemu hukum gravitasi alam secara ilmiah. Mungkin kalian tidak asing lagi dengan nama ilmuan dunia terkenal yakni Isaac Newton Tokoh satu ini terkenal lantaran ia menemukan hukum gravitasi dan juga termasuk salah satu orang paling jenius yang ada di dunia. Mekanika benda langit dan mekanika bumi yang sebelumnya merupakan dua pengetahuan yang terpisah, dianggap satu kesatuan oleh Sir Isaac Newton. Newton mengemukakan hukum gravitasi umum yaitu gaya tarik menarik antara dua benda besarnya sebanding dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda.
ISI
Halo Sobat pembaca buku cerdas, kali ini kalian akan menemukan ilmu bacaan yang berrmanfaat disini. Nah kali ini saya akan membahas tentang Hukum Gravitasi Bumi Oleh Newton. Kuy dibaca, dilihat, dan dipahami. Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari.Besarnya gaya ini berbanding lurus dengan massa kedua objek, dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda.
Gravitasi bersifat universal, artinya berlaku di manapun di alam semesta ini. Mengapa objek jatuh ke tanah. Gravitasi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, fenomena tersebut mengakibatkan benda-benda disekeliling kita tidak melayang karena adanya gaya tarik dari bumi yaitu gravitasi. Gaya gravitasi juga memberi berat atau massa pada semua benda dan makhluk hidup. Sangat banyak contoh gravitasi seperti buah-buahan yang jatuh dari pohonnya, orang yang terjun payung, dan benda yang dilempar ke atas akan tetap jatuh ke tanah. Semua itu terjadi karena adanya gaya tarik bumi tersebut.
Adapula pengaruh gravitasi bumi terhadap bulan dan matahari. Gaya gravitasi pada bumi dapat menarik bulan ke pusat bumi, namun bulan tetap mempertahankan posisinya sehingga bulan dapat berputar pada porosnya dan mengelilingi bumi. Pengaruh gaya gravitasi bulan dam bumi menimbulkan pasang surut air laut. Selain itu, gaya gravitasi bumi dan matahari juga menimbulkan revolusi bumi, agar bumi tidak tertarik kedalam matahari.
Perbincangan tentang gerak benda-benda sudah dilakukan jauh sebelum Newton menjelaskan tentang alasan mengapa benda bergerak. Gerak benda merupakan cabang fisika yang sangat berkaitan erat dengan bidang fisika lainnya, sehingga mempelajari gerak merupakan hal yang sangat penting dan ilmiah. Menjelang berakhirnya abad ke-17 Sir Isaac Newton (1642-1727), seorang ilmuwan inggris, berhasil menyingkap teka-teki alam yang menarik perhatian itu. Sebagian orang menceritakan bahwa jawaban tentang teka-teki itu diperoleh Newton ketika sebuah apel jatuh ke kepalanya sewaktu ia sedang merenungi masalah ini di bawah sebuah pohon apel di pekarangan rumahnya. (apakah kejadian jatuhnya buah apel yang menimpa kepala Newton ini benar? Masih diragukan kebenarannya) (Wospakrik, 1987). Namun menurut cerita, kejadian ini yang mengilhami Newton menemukan hukum yang kemudian dikenal dengan “hukum gravitasi newton”.
Hukum gravitasi yang dikemukakan Newton menyatakan bahwa dua buah benda yang terpisah oleh jarak tertentu cendrung akan saling tarik menarik yang merupakan gaya alamiah, besarnya gaya alamiah ini sebanding dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda. Secara matematika peryataan hukum gravitasi Newton itu dapat dituliskan: dengan G adalah tetapan gravitasi = 6,67. 10-11Nm\2/kg 2, m1dan m2 masing- masing adalah massa benda pertama dan massa kedua, serta r adalah jarak pisah antara kedua benda. Mekanika benda langit dan mekanika bumi yang sebelumnya merupakan dua pengetahuan yang terpisah, dianggap satu kesatuan oleh Sir Isaac Newton. Bila dilihat kembali pertanyaan di atas, dimana terdapat dua buah benda yang saling mempengaruhi, yaitu bumi dan benda yang jatuh menuju pusat bumi. Menurut Newton antara bumi dan benda timbul gaya tarik menarik, dimana bumi menarik benda sedangkan benda juga menarik bumi. Gaya tarik bumi terhadap benda disebut gaya berat atau gaya gravitasi dan lebih sering dikenal dengan berat benda.
Fakta ini kemudian dikenal dengan hukum gravitasi newton.

                  
Hukum gravitasi universal newton dirumuskan :
“Setiap massa menarik massa yang lain dengan gaya segaris yang menghubungkan kedua inti massa. Besarnya gaya tarik yang terjadi berbading lurus dengan perkalian kedua massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua titik massa tersebut.”



F = adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
G = adalah konstanta gravitasi
m1 = adalah besar massa titik pertama
m2 = adalah besar massa titik kedua
r = adalah jarak antara kedua massa titik, dan
g = adalah percepatan gravitasi

G = tetapan gravitasi = 6,67 x 10-11 Nm2/kg2
  • ·         Dari persamaan rumus di atas dapat sobat ketahui bahwa gaya atau berat benda akan berbanding lurus dengan massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak.


  • ·         semakin besar massa benda maka akan semakin besar gaya gravitasi semakin jauh jarak benda maka akan semakin kecil gaya gravitasi dengan faktor kuadrat pengali
 Percepatan Gravitasi
Percepatan gravitasi adalah percepatan yang dirasakan sebuah benda akibat adanya gravitasi. Nah sobat pembaca cerdas ingatkan kisah sebuah apel jatuh ke kepalanya sewaktu Sir Isaac Newton sedang merenung di bawah sebuah pohon apel di pekarangan rumahnya, karena arah apel itu jatuh kebawah karena adanya gaya gravitasi yang menarik benda tersebut agar tidak melayang pengaruh gaya jatuh kebawah ini juga bisa disebut gaya gravitasi. Percepatan inilah yang disebut percepatan gravitasi. Untuk percepatan gravitasi di bumi dilambangkan dengan huruf g.
Banyak soal gravitasi berhubungan dengan bagaimana cara mencari percepatan gravitasi. Soal tersebut menanyakan berapakah percepatan suatu benda jika masa bumi dijadikan A kali dan jarak dari inti bumi dijadikan B kali jari-jari bumi .
                                                                            
Selain itu sobat pembaca cerdas hitung pasti juga seing menemukan soal yang menanyakan besarnya percepatan gravitasi yang dialami suatu benda pada ketinggian tertentu. Soal ini dapat diselesaikan dengan rumus cepat



KESIMPULAN

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi bersifat universal, artinya berlaku di manapun di alam semesta ini. Mengapa objek jatuh ke tanah. Gravitasi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, fenomena tersebut mengakibatkan benda-benda disekeliling kita tidak melayang karena adanya gaya tarik dari bumi yaitu gravitasi. Hukum gravitasi yang dikemukakan Newton menyatakan bahwa dua buah benda yang terpisah oleh jarak tertentu cendrung akan saling tarik menarik yang merupakan gaya alamiah, besarnya gaya alamiah ini sebanding dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda. Percepatan gravitasi adalah percepatan yang dirasakan sebuah benda akibat adanya gravitasi. Pengaruh gaya jatuh kebawah ini juga bisa disebut gaya gravitasi. Percepatan inilah yang disebut percepatan gravitasi.
Demikianlah akhir dari penulisan saya, saya nadya hanya manusia biasa dan pasti ada lalainya mohon maaf jika ada kurang dan salahnya. Saya akhiri Wassalammualaikum wr.wb.

DAFTAR PUSTAKA
Al-Maqassary A. 2013. Pengertian Gravitasi. http://www.e-jurnal.com/2013/12/pengertian-gravitasi.html. Diakses: 16 Maret 2018
Wikipedia. 2018. Gravitasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Gravitasi/ Diakses : 16 Maret 2018
Hitung Rumus. 2014. Rumus Hitung. https://rumushitung.com/2013/07/01/rumus-gaya-gravitasi/ Diakses: 16 Maret 2018
Romadhon. A. 2010. Makalah Tentang Gravitasi. http://biografi.handy.co.id/penemu/profil-dan-biografi-sir-isaac-newton/ Diakses : 16 Maret 2017
Riviewer : Adila Riski Awalia ( 16040254079 )
Bagian yang direvisi :
1.      Perbedaan spasi antara kalimat pada paragraf satu dengan yang lain.
2.      Adanya beberapa tulisan yang kurang lengkap.










0 comments:

Post a Comment