Pages

Tuesday, March 20, 2018

KEGANASAN PERANG DUNIA 1 YANG MENGHANCURKAN DUNIA




KEGANASAN PERANG BESAR YANG MENGHANCURKAN DUNIA (PERANG DUNIA I)

NAMA            : Desi Ulifah, Naila Adibah, Samik,S.Si.,M.Si
NIM                : 16040254043
KELAS           : 2016A
PRODI            : PPKN

ABSTRAK
Perang Dunia I merupakan sebuah perang Global yang dampaknya dirasakan oleh berbagai negara di belahan dunia. Perang ini membawa kehancuran dan kesengsaraan bagi negara-negara yang lain, baik negara yang terlibat perang secara langsung maupun negara-negara yang tidak terlibat perang juga turut merasakan dampak dari meletusnya Perang Dunia I. Perang ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang terbagi dalam dua aliansi yang bertentangan yakni Blok Sekutu dan Blok Sentral. Perang Dunia I merupakan perang terbesar dan terdahsyat yang terjadi tahun 1914-1918. Kemajuan industri, politik kolonialisme dan imperialisme, politik mencari kawan, dan perdagangan senjata menjadi faktor penyebab timbulnya persengketaan antar bangsa akhirnya terjadi perang dunia pertama. Selama perang ini industri peralatan militer menjadi berkembang pesat seperti pesawat tempur, tank, senjata api, kendaraan angkut militer, pesawat telepon dan telegraf (alat telekomunikasi), serta teropong jarak jauh. Perang Dunia I adalah konflik paling menakutkan dan mematikan dalam sejarah dunia, dimana hal ini menjadi pembuka jalan untuk berbagai perubahan politik, seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat di dalamnya.

Sebab Sebab Umum Perang Dunia I
A.    Persaingan Ekonomi dan Politik
Di benua Eropa pada abad ke-19, penjajahan tersebar luas. Kekuatan bangsa Eropa seperti Inggris dan Perancis telah membangun kekuasaan penjajahan di keempat penjuru dunia. Jerman sebagai negara yang telah membangun kesatuan politiknya lebih lama dibandingkan negara-negara lain, bekerja keras untuk menjadi pelopor dalam perlombaan tersebut. Pada awal abad ke-20, hubungan yang didasarkan pada kepentingan telah membagi Eropa menjadi dua kutub yang saling berlawanan. Inggris, Perancis dan Rusia berada di satu pihak, sedangkan Jerman beserta Kekaisaran Austria-Hungaria berada di pihak lainnya.
B.     Muncul Persekutuan Negara-Negara Eropa
Perang Dunia I merupakan sebuah peristiwa yang awal permasalahannya
dilatarbelakangi oleh adanya keinginan negara-negara Barat untuk mendapatkan hegemoni kekuasaan atas negara-negara lainnya. Pada kesempatan tersebut muncul persekutuan antar negara dalam menghadapi musuh bersama.
Triple Alliance 1882 [Jerman, Austria-Hungary, Italia]
Triple Alliance adalah persahabatan militer antara Jerman, Austria-Hungary dan Italia, Sejarah persahabatan ini mulai pertama kali sejak Austria-Hungary mengalami krisis ketika menghadapi konflik Bosnia, pada saat itu Bosnia telah dibantu oleh Serbia dan Rusia, maka Austria-Hungary meminta dukungan dari Jerman yaitu pada tahun 1879.
Triple Entente [Perancis, Inggris, Russia]
Triple Entente ( " Entente " bahasa Perancis untuk "persetujuan" ) nama ini adalah istilah yang diberikan untuk perserikatan negara Inggris , Perancis , dan Rusia.Sejarah persahabatan ini mulai terlihat jelas setelah ditandatangani Anglo-Russian    Entente atau Anglo-Russian Convention pada 31 Agustus 1907 di St . Petersburg.




C.    Pengaruh Darwinisme Sosial
Darwin inilah yang mencetuskan Darwinisme Sosial, Darwinisme Sosial ini banyak menginspirasi para pemimpin di Eropa agar tidak ragu mengganggap benar teori Hegel ide-ide Sosialisme dan Materialisme.


D.     Krisis Juli 1914
Diduga yang menjadi sebab Perang Dunia pertama juga adalah krisis yang memuncak di bulan Juli, krisis ini diawali dengan macetnya rempah-rempah khusunya sepinya tembakau yang beredar di kota Bremen dan kota Hamsburg Jerman.

Sebab-Sebab Khusus Perang Dunia I
Terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand oleh seorang nasionalis Serbia
Franz Ferdinand ( 18 desember 1863 – 28 Juni 1914 ) adalah putra mahkota yang akan mewarisi tahta kekaisaran Austria dan sekaligus pangeran Hongaria dan Bohemia dari 1889 sampai hari terbunuhnya . Pembunuhannya di Sarajevo dinyatakan oleh Austria-Hungary sebagai aksi Nasionalis Serbia melawan Austria-Hungary. Dia adalah putra sulung dari Raja Austria-Hungary Archduke Karl Ludwig of Austria (yang merupakan adik dari Emperor Franz Joseph yang merupakan raja kerasulan Hungary-Croatia serta Raja dari Bohemia sejak 1848 sampai 1916 dan Maximilian I of Mexicohe yang meproklamirkan kekaisaran Mexico pada 10 April 1864).



JALANNYA PERANG

Dalam kurun waktu yang amat singkat, hasutan setelah peristiwa ini menyeret seluruh benua Eropa ke dalam kancah peperangan. Pada 1914 Austria-Hungary perang melawan Serbia, Rusia memobilisasi senjata pada Serbia pada bulan pertama dan Jerman berusaha menghentikan Rusia, tetapi jawaban Rusia ternyata mengangkat senjata melawan Jerman. Jerman pada bulan pertama perang telah berjabat tangan dengan Khilafah Islamiah Usmani Turki namun Khilafah Islamiah Usmani Turki belum bertindak banyak. Gerak-gerik Jerman ini menjadikan Prancis pada Agustus 1914 ikut serta membantu Rusia melawan Jerman. Jerman akhirnya mengembangkan Belgia sebagai basis pertahanan dari gempuran Rusia dan Prancis namun ternyata Inggris merasa terlangkahi Jerman dan Ikut menggempur Jerman.

Kronologis Peperangan
● Perang Dunia I Tahun 1914
            1. Peperangan Darat Eropa
•14-24 Agustus, Battle of the Frontiers, yang dimenangkan Jerman atas Prancis dan Inggris di Belgia.
16-19 Agustus, Battle of Cer, yang dimenangkan Serbia atas Austria-Hungary di Balkan.
23-25 Agustus, Battle of Kraśnik, yang dimenangkan Rusia atas Austria-Hungary di Austria.
Pada Fase selanjutnya Perang terjadi di Afrika, Asia, Australia, Newzealand dan Samoa. Hal ini dikarenakan setiap negara yang bertikai memiliki daerah koloni yang berdekatan.

2. Peperangan Laut Eropa
28 Agustus, Battle of Heligoland Bight, dimenangkan Inggris atas Jerman di Laut Utara Eropa.
13-28 September, Battle of the Aisne, peperangan seimbang antara Inggris dan Jerman di laut  Jerman
26 Agustus, Battle of Togoland, dimenangkan Inggris dan Prancis atas Jerman di Togo.
27 Agustus -7 November, Battle of Tsingtao, China, dimenangkan Jepang dan Inggris atas Jerman di Tsingtao, China

3. Peperangan Laut di Luar Eropa
30 Agustus, Battle of Western Samoa, dimenangkan New Zealand (Inggis) atas Samoa (Jerman) di laut Samoa.
29 November, Battle of Cocos. Dimenangkan Koloni Australia di Sydney atas koloni Jerman di Emden di Australia dan Laut samudera Hindia.
Pada tahun 1914 ini Khilafah Islamiyah Usmani Turki masuk kedalam Triple alliance atau Blok Sentral disebabkan Rusia mulai memasuki daerah kekuasan Khilafah Islamiyah Usmani Turki pada 1 November 1914 dan mengadakan perlawanan senjata.
Perang Dunia I Tahun 1915
Pada Januari 1915 peperangan semakin memanas, setelah perang jalur darat dan perang jalur laut mulai memasuki Negara lawan masing-masing, maka Inggris mempelopori perang jalur udara dengan Kapal Zappelin melintasi laut menuju Belgia dan Jerman, untuk menandingi Inggris Jerman mulai mengadakan serangan serupa di tambah beberapa kapal selam untuk mempermudah perang jalur laut.
Perang Dunia I Tahun 1916
Dikarenakan perlawanan perang Triple Entente atau Blok Sekutu yang menerima banyak dukungan maka Triple Alliance atau Blok Sentral yang terdiri dari Austria-Hungary, Jerman dan Khilafah Islamiyah Usmani Turki mulai mengalami kekalahan yang lumayan.
Perang Dunia I Tahun 1917
Pada tahun ini Amerika Serikat berperang melawan Jerman dan Austria-Hongary mereka memihak Triple Entente, begitu pula sikap Yugoslavia pada saat perang dunia pertama ini.
Perang Dunia I Tahun 1918
Pada tahun ini kekalahan Triple Alliance atau Blok Sentral sudah didepan mata. Triple Entente yang memiliki dukungan lebih dari 45 (empat puluh lima) Negara ini berhasil menundukan musuhnya yang hanya 4 (empat) Negara (Jerman, Bulgaria, Austria-Hungary dan Khilafah Islamiah Usmani Turki).
Pada akhir peperangan Triple Entente atau Blok Sekutu memiliki anggota pada masa awal: Kekaisaran Belgium, Kekaisaran Montenegro, Kekaisaran Serbia, republic ketiga Perancis dan Koloninya, Kerajaan Rusia, Kerajaan Inggris dan Koloninya, Irlandia, Australia, Kanada, India, New Zealand, Afrika Selatan,.

Terjunnya Amerika Serikat Dalam Perang Dunia I
Suatu perubahan menentukan dalam pertempuran tersebut terjadi pada April 1917 ketika kebijakan perang kapal selam Jerman yang tidak terkontrol mendorong Amerika Serikat keluar dari kebijakan isolasionismenya dan terjun ke dalam jantung konflik. Pasukan dan bahan baru dari American Expeditionary Force (AEF) di bawah kepemimpinan Jenderal John J. Pershing, ditambah dengan blokade yang semakin ketat terhadap pelabuhan Jerman, akhirnya membantu menggeser kondisi perang sehingga menguntungkan Entente.

GENCATAN SENJATA
Pada 9 November 1918, di tengah-tengah kerusuhan yang meluas dan karena ditinggalkan oleh para panglima Angkatan Darat Jerman, Kaisar (Kaiser) William II turun dari takhta Jerman. Pada hari yang sama, delegasi SPD Philipp Scheidemann memproklamasikan Jerman sebagai sebuah republik, dengan pemerintahan sementara yang dipimpin oleh Friedrich Ebert. Dua hari kemudian, wakil Jerman yang dipimpin oleh wakil Partai Pusat Katolik (Zentrum) Matthias Erzberger, mengadakan pertemuan dengan delegasi dari blok pemenang Entente di bawah pimpinan Marsekal Lapangan Prancis Ferdinand Foch, jenderal panglima dari blok Entente, dalam sebuah gerbong di Hutan Compiègne dan menerima ketentuan gencatan senjata.
Pukul 11:00 pagi, 11 November (11/11), 1918, pertempuran di Front Barat berhenti. "Perang Besar," sebagaimana yang disebut oleh orang-orang pada masa itu, telah selesai, tapi dampak yang sangat luas dari konflik tersebut di lingkup internasional, politik, ekonomi, dan sosial terus terasa sampai beberapa dasawarsa mendatang.


            Senjata-senjata yang digunakan dalam perang Dunia pertama :
Maxim MG 08



MG 08 adalah standar senapan mesin Jerman. Salinan desain Hiram Maxim dari 1894, itu adalah senjata lamban daripada standar modern. Versi pada perang awal ditimbang 60 pound hanya untuk senapan mesin sendiri, ditambah hampir seratus pound untuk aksesoris. Bahkan dipasangkan pada pegangan tripod yang meduian dibawa dalam perang, dan itu tidaklah sama persis dengan senjata mobile, tetapi senajta ini sangat  handal dan  bisa menyemburkan 500 putaran peluru permenit, yang menghajar kumpulan pasukan sekutu.

Tank mark V




Tank Mark V adalah tank inggris terberat dengan berat 29-ton. Tank ini Mungkin mirip seperti  klip kertas pada tapak, tapi, bentuknya lebar panjang sangat baik saat melewati parit daripada tank modern yang dirancang lebih elegan. Ketebalan bajanya setengah inci cukup tebal untuk menangkis peluru, dan dipersenjatai dengan baik 57-milimeter meriam (yang versi laki laki) atau hanya 0,303 kaliber senapan mesin (Versi " perempuan "), itu bisa menghancurkan sarang senapan mesin dan kotak pil.

Uboat tipe 93



U-boat adalah citra abadi lain dari Perang Dunia Pertama, yang ditandai dengan munculnya perang bawah laut serta perang udara dan mekanik. Salah satu desain Jerman mematikan adalah Type 93 U-boat. U-Boat berlayar di bawah air pada kecepatan 9 knot, dan 17 knot di permukaan. Daya tahan setiap hari sangat terbatas (awal Perang Dunia I U-perahu hanya bisa tinggal di bawah air satu jam sebelum baterai habis). Tapi bersenjata dengan senapan dek 88- atau 105 milimeter dan enam tabung torpedo dengan 16 ulang, 24 Jenis 93s yang dibangun oleh Jerman meneggelamkan 411.000 ton pengiriman Sekutu.

  • Big Bertha dan Paris Gun:



Big Bertha adalah howitzer raksasa Jerman dengan kaliber 16,5 inci, lebih lebar dari senjata perang pada saat itu. Melemparkan hampir satu ton shell sejauh delapan mil jauhnya, Big Bertha menghancurkan benteng Belgia pada tahun 1914, yang memungkinkan tentara Jerman untuk melewati Belgia dan hampir merebut Paris.



           
Paris Gun membuat sejarah dengan melemparkan kerang ke stratosfer. Di mana Big Bertha berbentuk melebar , sedangkan Paris Gun panjang dan sempit, menembakkan shell 200-pound sejauh 81 mil jauhnya, yang memungkinkan Jerman untuk melakukan serangan jangka panjang pemboman Paris.
            KEKALAHAN SELAMA PERANG DUNIA I
            Perang Dunia I merupakan salah satu dari perang paling merusak dalam sejarah modern. Hampir sepuluh juta serdadu tewas dalam pertempuran, suatu jumlah yang jauh melampaui kematian militer di seluruh perang pada seratus tahun sebelumnya. Kendati jumlah statistik korban yang akurat sulit untuk ditentukan, diestimasi 21 juta laki-laki terluka dalam pertempuran.
Kerugian besar yang ditanggung semua pihak yang terlibat konflik sebagiannya diakibatkan oleh dikenalkannya senjata baru, seperti senapan mesin dan perang gas beracun, serta kegagalan pimpinan militer untuk menyesuaikan taktik mereka dengan sifat peperangan yang semakin termekanisasi. Kebijakan atrisi, khususnya di Front Barat, memakan korban ratusan ribu jiwa serdadu. Pada 1 Juli 1916, sebuah tanggal dengan jumlah korban jiwa terbesar dalam satu hari, Angkatan Darat Inggris di Somme saja menderita lebih dari 57.000 korban. Jerman dan Rusia menderita jumlah kematian militer tertinggi: estimasi masing-masingnya adalah 1.773.700 dan 1.700.000. Prancis kehilangan enam belas persen dari pasukan yang dikerahkannya, jumlah kematian tertinggi terkait dengan pasukan yang dikerahkan.
Dampak atau Akibat Perang Dunia Pertama
1.      Dalam Bidang Politik
a). Timbulnya perubahan kekuasaan wilayah
Di bidang politik, pengaruh Perang Dunia I sangat terasa. Wilayah kekuasaan negara-negara yang berperang mengalami perubahan. Jerman, Austria, dan Turki menjadi repeblik dan wilayahnya menjadi sempit, selain itu muncul negara-negara baru seperti Polandia, Finlandia, Cekoslowakia, Hongaria, Mesir, Irak, Saudi Arabia, Syiria, Lebanon dan Austria.
b). Timbul paham-paham politik
Paham-paham baru sebagai reaksi terhadap paham demokrasi liberal yang tidak berhasil menghadapi kekacauan di beberapa negara Eropa bermunculan. Di Italia lahir paham fasisme yang diperkenalkan oleh Benito Mussolini.
Dalam Bidang Ekonomi
Sistem ekonomi liberal yang dipandang menyulitkan diganti dengan sistem ekonomi terpimpin yang banyak melibatkan kekuasaan negara. Hal ini terjadi bukan hanya di negara-negara totaliter, akan tetapi juga di negara-negara liberalseerti Amerika Seri1\kat di bawah Presiden Roosevelt.
2.      Dalam Bidang Sosial
Industri peralatan perang semakin maju dengan pesat sehingga kaum buruh meningkat dan menduduki posisi yang semakin kuat. Undang-undang sosial pun dikeluarkan di beberapa negara. Sementara itu, gerakan emansipasi wanita mendapat sambutan yang menggembirakan kerena dalam peperangan yang menjadi tenaga palang merah.
3.      Dalam Bidang Kemanusiaan
Keadaan perekonomian masing-masing negara yang terlibat dalam kancah peperangan menjadi hancur. Hal tersebut membawa dampak kepada umat manusia. yaitu kemiskinan dan kemelaratan semakin mencekam, wabah penyakit merajela, penduduk yang negaranya sedang berperang banyak kehilangan tempat tinggal, banyak manusia yang tak berdosa harus kehilangan nyawa dan cacat mental maupun cacat tubuh, dan banyak lagi akibat yang dapat ditimbulkan dengan meletusnya Perang Dunia 1.
KESIMPULAN
Perang Dunia I merupakan perang terbesar dan terdahsyat yang terjadi tahun 1914-1918. Kemajuan industri, politik kolonialisme dan imperialisme, politik mencari kawan, dan perdagangan senjata menjadi faktor penyebab timbulnya persengketaan antar bangsa akhirnya terjadi perang dunia pertama. Selama perang ini industri peralatan militer menjadi berkembang pesat seperti pesawat tempur, tank, senjata api, kendaraan angkut militer, pesawat telepon dan telegraf (alat telekomunikasi), serta teropong jarak jauh. Perang Dunia I adalah konflik paling menakutkan dan mematikan dalam sejarah dunia, dimana hal ini menjadi pembuka jalan untuk berbagai perubahan politik, seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat di dalamnya. Dampak Perang Dunia I meliputi bidang sosial, ekonomi, politik, kemanusiaan yang dirasakan oleh sebagian besar negara di dunia, khususnya negara yang terlibat perang yang mengalami banyak kerugian dan kerusakan pada negaranya akibat perang yang dilakukan.




REFERENSI :
1.      Andriani, Anne. 2014. Makalah Sejarah Perang Dunia Pertama. file:///D:/TUGAS%20KULIAH/SEMESTER%204/IAD/My%20Journey%20%20Makalah%20Sejarah%20Perang%20Dunia%20Pertama.htm . 26 April 2014.
2.      United Stated Holocaust Memorial Museum. 2018 . Perang Dunia I. https://www.ushmm.org/wlc/id/article.php?ModuleId=10007427. 2018.
3.      Anto, Sugi. 2017. 5 Sejata Mematikan Perang Dunia 1. https://www.kompasiana.com/12ichy/5-senjata-mematikan-perang-dunia-1_588ac0dc929373a404b1d845. 10 September 2017.
4.      Nasrudin, Harun dkk. 2012. Sains Dasar. Surabaya. Unesa University Press.
5.      Sukran Vahide. (2007). Biografi Intelektual Bediuzzaman Said Nursi, Transformasi Dinasti Utsmani menjadi Republik Turki. Jakarta: Anatolia.


Reviewer
Nama                                 : Naila Adibah
NIM                                  : 16040254044
Tanggal diberikan             : 15 Maret 2018
Tanggal dikembalikan      : 17 Maret 2018

Saran :
Dari segi isi cukup bagus dan detail, namun cara penataan paragrafnya kurang rajin dan rapi. Sebaiknya paragraf ditata sedemikian rupa agar terlihat rapi dan nyaman dibaca. Selain itu, ada nama kota yang awalannya tidak ditulis dengan menggunakan huruf kapital, seperti pada kata Paris yang ditulis “paris”. Kemudian terdapat kalimat yang dalam penulisannya jarak antar kata terlalu jauh sehingga membuat tulisan terkesan tidak rapi. Untuk itu perlu ditata dan diperbaiki kembali.


0 comments:

Post a Comment