Pages

Friday, March 23, 2018

Pengertian Ilmu Alam Dasar, Tujuan dan Fungsi Ilmu Alam Dasar

Pengertian Ilmu Alam Dasar, Tujuan
dan Fungsi IAD

Difi, Ayu, Samik


Abstrak
Ilmu Alamiah Dasar adalah pada dasarnya merupakan ilmu tentang alam yang mencermati fenomena fenomena yang terjadi di alam. Bisa dikatakan IAD adalah komplikasi dari berbagai ilmu alam dan tekhnologi yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Di dalam IAD manusia dijadikan sebagai subjek yang berusaha memahami semesta, dan melalui prespektif manusia ini kita diajak mengenal lebih jauh betapa uniknya manusia itu karena mamiliki akal pikiran dan rasa ingin tahu. Meski secara fisik manusia memiliki anggota tubuh yang hamper sama dengan binatang, Namun dari segi berfikir manusia memiliki kemampuan lebih dari makhluk lainnya. 
Kemampuan berpikir ini akan terus berkembang seiring dengan rasa ingin tahu dari diri manusia. Perkembangan berpikir manusia ini membuat mereka kemudian menciptakan mitos yang pada mulanya untuk menjawab fenomena-fenomena alam. Namun semakin berkembangnya penalaran, mereka mulai mengembangkan kemampuan berpikir logis, dan akhirnya mampu merumuskan teori-teori yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Ilmu Alamiah Dasar adalah ilmu yang merangkum semua perkembangan nalar manusia sepanjang sejarah itu.
Manfaat mempelajari ilmu alamiah dasar adalah kita semakin memahami gejala gejala alam dan penyebabnya. Dengan demikian kita akan menjadi lebih bijak dalam memanfaatkan alam demi kehidupan yang lebih baik, tanpa harus merusak dan mengeksploitasi alam itu sendiri.
Pengertian Sains Dasar
Pada hakikatnya, Ilmu Alamiah Dasar adalah bukan suatu ilmu yang berdiri sendiri, melainkan merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Jadi ilmu alamiah dasar tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya ilmu-ilmu lainnya.
            Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. 
            Ilmu alamiah dasar (IAD) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.  Sebenarnya kita sudah tidak asing lagi dengan disiplin ilmu ini, karena secara tidak sadar sudah kita temukan dimana saja, dan kapan saja, serta dalam bentuk apa saja.
Tujuan dan Fungsi Mata Kuliah Sains Dasar
            Ilmu Alamiah Dasar ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswa yang belajar di bidang sosial budaya, agar mahasiswa memiliki pandangan yang lebih luas dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mampu mendekati persoalan tentang pengetahuan alam dengan penalaran yang lebih bersifat komprehensif, memperoleh dan memahami pengetahuan yang ada dan termasuk ke dalam bidang Pengetahuan Alam dan Teknologi. Ilmu Dasar terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia dan ilmu lain yang memanfaatkan hukum Matematika, Fisika, dan Kimia, seperti environmental sciences, life sciences, ataupun behavioral sciences. Sedangkan teknologi mencakup sains, rekayasa (engineering) dan manajemen.
            Menurut Nasrudin mata kuliah sains dasar merupakan suatu disiplin ilmu melainkan suatu pengetahuan tentang konsep – konsep dasar yang ada dalam bidang ilmu sains dasar dalam rangka pembentukan dan pengembangan kepribadian untuk memperluas wawasan, kepribadian, pengetahuan, perhatian, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul khususnya terhadap sumber daya alam yang ada di lingkungan.
Tujuan ilmu alamiah dasar adalah:
Hasil gambar untuk 2. Meningkatkan kesadaran tentang keterkaitan antara kehidupan manusia dengan alam dan lingkungan
1.      Meningkatkan keimanan dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemahaman tentang ekstensi dan hakekat alam semesta
2.      Meningkatkan kesadaran tentang keterkaitan antara kehidupan manusia dengan alam dan lingkungan
3.      Meningkatkan wawasan tentang alam dan lingkungan yang memberikan kekuatan bagi sumber – sumber kemakmuran masyarakat
4.      Meningkatkan kecintaan akan sumber – sumber alam dan lingkungan
5.      Menempatkan nilai – nilai sumber daya alam dan lingkungannya sebagai pendorong semangat ilmiah dalam kaitan dengan perkembangan IPTEK
6.      Mengembangkan kemampuan pribadi untuk berkehidupan bermasyarakat terutama dalam bidang kekaryaan dan profesi
7.      Mampu berfikir secara rasional, sistematis, dan bersikap profesional dalam menyelesaikan masalah kehidupan
8.      Berjiwa besar dan mampu menerima pendapat orang lain secara logis dan ilmiah
9.      Menumpuk rasa tanggumg jawab terhadap sumber daya alam dan lingkungan
10.  Mengembangkan interaksi yang selaras antara disiplin ilmu eksak dan non eksak
11.  Mengembangkanapresiasi IPA danteknologikepadamahasiswa Non-eksakta.
Selain itu fungsi Sains Dasar adalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi manusia baik pada saat berinteraksi dengan sesama manusia maupun ketika berintegrasi dengan lingkungannya. Disamping itu kita dapat meramalkanbagaimana alarm akan memberikan respon akan bereaksi terhadap tindakan yang dilakukan terhadapnya.
Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam berguna agar kita bisa mengetahui segala hal mengenai lingkungan hidup yang berhubungan dengan alam. Selain itu ada beberapa manfaat lagi dari mempelajari ilmu ini, berikut beberapa manfaat lainnya:
1.      Menimbulkan rasa ingin tahu terhadap kondisi lingkungan alam.
2.      Memberikan wawasan akan konsep alam yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Ikut menjaga, merawat, mengelola, dan melestarikan alam
4.      Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide mengenai lingkungan alam disekitar.
5.      Konsep yang ada dalam Ilmu Pengetahuan Alam berguna untuk menjelaskan berbagai peristiwa-peristiwa alam dan menemukan cara untuk memecahkan permasalahan tersebut.
6.      Membangun rasa cinta terhadap alam yang telah di ciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
7.      Menyadari pentingnya peran alam dalam kehidupan sehari-hari.
8.      Dapat memberikan pengetahuan tentang teknologi dan dampak serta hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari.
9.      Memberikan Pengetahuan untuk mengetahui perkembangan makhluk hidup dari zaman ke zaman.
10.  Memberikan pengetahuan tentang perkembangan proses penciptaan alam semesta hingga seperti saat ini.
11.  Membantu manusia dalam pengembangan IPTEK
- Fungsi mempelajari Ilmu Alamiah Dasar antara lain, yaitu :
1. Memberi wawasan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep alam agar dapat peka
2. Tanggap terhadap masalah-masalah alam yang ada disekitarnya serta dapat bertanggung jawab terhadap berbagai masalah alam didalam masyarakat sebagaithe agen of change (Agen Perubahan).
3. Dapat mengembangkan apresiasi IPA dan Teknologi kepada mahasiswa serta dapat mendorong.
4. Mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu, dan profesi pada mahasiswa.


Referensi
Nasrudin, Harun, Soetjipto, dkk. 2012. Sains Dasar. Surabaya. UNESA University Press.
Manfaat Mempelajari Ilmu Alam Dasar2018. https://manfaat.co.id/manfaat-mempelajari-ilmu-pengetahuan-alam. 12 Maret 2018
Tujuan dan Manfaat Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar 
Reviewers
Nama teman yang mereview   : Ayu Sintya Dwi Cahyani
Diberikan untuk di review      : Selasa, 23 Maret 2018
Dikembalikan kepada penulis : Selasa, 23 Maret 2018

1 comment:

  1. Mau dapat keuntungan lebih besar dari permainan paling seru?
    Daftar sekarang juga di situs poker online terbaik dan terpercaya di Indonesia! Modal murah Menang Mudah! Klik link dibawah ini :

    www.jurusqiu.info
    www.ahlikiu.co
    www.mdominoqq.co
    www.campion99.com

    Dapatkan bonus menarik dari situs judi online pilihan terbaik kami! Menang banyak bonus nya juga banyak! Daftar sekarang juga..

    ReplyDelete