Pages

Monday, March 26, 2018

SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN


MANFAAT SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN
 Sha Sa Afsana Sakinah



ABSTRAK
Sumber daya alam dan lingkungan merupakan sebuah anugerah dari Tuhan yang diberikan kepada kita dengan berbagai jenis, bentuk, dan manfaat yang banyak didalamnya. Pada dasarnya manusia dapat hidup tergantung dengan keadaan lingkungannya serta dengan menggunakan sumber daya alam dalam kehidupan sehari hari, contoh padi untuk makan, air untuk mandi dan minum, dan masih banyak lagi. Dengan penggunaan sumber daya alam yang baik dan benar serta menjaga dan ikut melestarikan sumber daya alam itu sediri, maka kehidupan manusia akan menjadi makmur dan sejahtera. Bumi kita menyimpan banyak sekali kekayaan, dan sangat bisa di manfaatkan, dengan kecerdasan manusia serta terus menerusnya berkembangnya teknologi zaman modern, kita dapat menikmati hasil kekayaan alam itu dengan mudah. Dengan pendapat diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sumber daya alam adalah semua kekayaan bumi yang berasal dari biotik maupun abiotik yang bermanfaat bagi umat manusia.

PEMBAHASAN
Sumber daya alam dan lingkungan yang ada di muka bumi ini banyak sekali macamnya, dan dapat dibedakan dari beberapa segi faktor. Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dibagi menjadi 3 kelompok lagi yaitu:
a.       Sumber daya alam yang dapat diperbarui, contohnya: hewan dan tumbuhan.
b.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, contohnya: minyak bumi, batu bara. Karena sumber daya alam ini hanya dapat diperbarui dengan jangka waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun lamaya.
c.       Sumber daya alam yang tidak bisa habis, contohnya: udara, cahaya matahari.
Kemudian ada sumber daya alam yang berdasarkan jenisnya, yaitu:
a.       Sumber daya alam hayati (biotik), contohnya: perikanan, hasil pertanian, peternakan.
b.      Sumber daya alam non hayati, contohnya: tanah, batu, hasil tambang, air.
Dengan beberapa jenis dan faktor yang membagi sumber daya alam, maka sumber daya alam juga memiliki beberapa manfaat didalamnya yang sangat berguna untuk manusia dalam kehidupan sehari-hari atau dimasa yang akan datang..Berikut beberapa manfaatnya:
1.      Sebagai sumber energi dan bahan bakar
Manfaat pertama dari sumber daya alam adalah sebagai salah satu sumber energi dan juga sumber bahan bakar yang digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Sumber daya alam yang digunakan untuk keperluan ini yaitu, minyak bumi dan gas bumi. Selain minyak dan gas bumi, energi matahari juga sering dimanfaatkan menjadi salah satu sumber energi dan bahan bakar. Hal ini sudah kita rasakan pada keseharian kita, seperti: menyalakan generator listrik, bahan bakar kendaraan bermotor, untuk memasak, mengolah limbah pabrik, dan lain sebagainya.

2.      Sebagai pembangkit listrik
Seperti sudah disebutkan pada point pertama, secara khusus sumber daya alam dapat membantu menjadi pembangkit listrik yang sekarang kita nikmati di rumah setiap harinya. Dengan memanfaatkan minyak bumi ataupun energi matahari, sumber daya alam dapat dikonversi menjadi energi listrik, sehingga dapat menyuplai kebutuhan listrik rumah tangga.

3.      Untuk kebutuhan makan bagi manusia dan hewan
Manfaat sumber daya alam bagi manusia tidak hanya ada pada mineral dan juga minyak bumi, namun juga terdapat pada hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan ini sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai salah satu bahan konsumsi. Biasanya, sumber daya alam dalam bentuk hewan dan tumbuhan ini diambil daging dan daunnya, untuk kemudian diolah menjadi berbagai macam makanan.

4.      Sebagai kebutuhan tempat tinggal
Pohon merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang paling sering dimanfaatkan oleh manusia. Biasanya, pohon diambil kayunya, terutama pohon dengan kualitas kayu yang bagus dan juga keras untuk keperluan konstruksi. Sekarang banyak kita jumpai tempat tinggal lebih banyak menggunakan sumber daya alam berbentuk kayu, dibandingkan gedung perkantoran yang menggunakan sumber daya alam dari mineral, yaitu besi.

5.      Sebagai pengembangan teknologi
Teknologi merupakan sesuatu yang terus berkembang. Untuk mengembangkan teknologi menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu, maka keberadaan sumber daya alam sangatlah penting untuk mendukung pengembangan teknologi ini. Baik secara langsung dan tidak langsung, serta secara sadar maupun tidak sadar, segala macam bentuk perkembangan teknologi yang kita rasakan saat ini pasti membutuhkan sumber daya alam yang tepat.

6.      Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam
Manfaat sumber daya alam bagi kehidupan juga diperlukan untuk menjaga kelestarian alam dan bumi tempat tinggal kita. Tidak semua sumber daya alam harus kita habiskan untuk keperluan pribadi dan kepentingan kecil saja. Namun demikian sumber daya alam haruslah kita jaga agar tidak habis. Hal ini dikarenakan sumber daya alam juga merupakan salah satu penopang dari keseimbangan alam, termasuk di dalamnya adalah pepohonan dan juga segala macam mineral yang ada di dalam perut bumi, yang apabila tidak dijaga dengan baik, maka akan berakibat buruk untuk bumi kita.

7.      Menyuplai oksigen
Sumber daya alam yang paling penting untuk kehidupan kita adalah sumber daya alam dalam bentuk pepohonan dan juga tumbuhan. Hal ini disebabkan karena pepohonan dan juga tumbuhan mampu menyuplai oksigen, yang tentu saja sangat diperlukan untuk kehidupan kita sebagai manusia.

8.      Sebagai sumber mata pencaharian dan pendapatan
Sumber daya alam juga sering dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu sumber mata pencaharian dan juga sumber pendapatan. Contohnya adalah pada pekerja – pekerja tambang dan pengusaha tambang yang menggantungkan isi dompetnya pada sumber daya alam yang mereka tekuni.

9.      Untuk menghidupi kegiatan ekonomi secara global
Tidak dapat dipungkiri, segala kegiatan ekonomi global yang saat ini berlangsung selama 24 jam sehari merupakan proses transaksi ekonomi yang 90% nya melibatkan sumber daya alam. Mulai dari perdagangan hasil bumi, seperti kayu, bunga, mineral, dan banyak lagi, merupakan suatu keterlibatan dari sumber daya alam.


KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sumber daya alam memiliki banyak manfaat dan juga jenisnya. Kita harus menggunakannya secara baik dan benar agar tidak terjadi kekurangan sumber daya alam pada bumi dan Negara kita. Dalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar kepada prinsip ekoefisiensi, artinya dalam memanfaatkan sumber daya alam tidak boleh merusak ekosistem yang ada, selain itu pengambilan sumber daya alam juga harus dilakukan secara efisien untuk kelanjutan hidup sumber daya manusia.

DAFTAR PUSTAKA
Nasrudin, Harun, dkk. 2021. SAINS DASAR. Surabaya: Unesa University Press
Eulis N, dkk. 2008. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN. Jakarta
Wulan Tresnasari G. 2008. Pengelompokan Tumbuhan. Jakarta
Wijaya Agung, Sudjoko, dkk. 2008. Pokok Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka


Dosen: Samik S.Si.,M.Si.
Reviewer: Siti Bidayatul Nikmah
Tanggal diberikah: 20 Maret 2018
Tanggal Dikembalikan: 23 Maret 2018
Saran: penulisan harus rata kanan kiri, daftar pustaka judulnya menggunakan italic, penulisan abstrak menggunakan italic, mengganti kata 'inilah' menjadi 'berikut', menghapus beberapa kata yang kurang efektif.


0 comments:

Post a Comment