Pages

Friday, March 23, 2018

MENELAAH LEBIH DALAM TENTANG ROTASI BUMI


MENELAAH LEBIH DALAM TENTANG ROTASI BUMI
Puspitasari W, Dewi M, Samik, S. Si. M. Si.



Abstrak

Tata Surya merupakan sebuah sistem yang terdiri dari matahari, delapan planet, planet kerdil, komet, asteroid dan benda-benda angkasa kecil lainnya. Matahari merupakan pusat dari Tata Surya di mana anggota Tata Surya yang lain beredar mengelilingi matahari. Planet adalah benda langit yang mengorbit atau mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu, contohnya adalah bumi yang mengelilingi matahari. Tidak hanya matahari, planet-planet juga dikitari oleh benda lain yaitu satelit. Seperti bumi kita ini yang juga mempunyai satelit alam yaitu bulan. Selain bumi berputar mengelilingi matahari (revolusi), bumi juga melakukan perputaran tersendiri terhadap porosnya atau yang biasa dikenal dengan Rotasi Bumi. Apakah itu rotasi bumi? Apa akibat dari rotasi bumi? Mari kita lakukan pembahasan mengenai rotasi bumi ! (Tim FMIPA UNESA, 2012 : 92)



ISI
A. PENGERTIAN ROTASI BUMI
            Rotasi bumi yaitu proses pergerakan bumi berputar pada porosnya. Ketika bumi berevolusi, bumi juga melakukan gerak rotasi dengan berputar pada porosnya. Arah rotasi sama dengan arah revolusi yakni dari barat ke timur. Dengan pergerakan pada sumbunya atau porosnya, maka setiap daerah pada bumi mengalami siang dan malam yang dapat terjadi secara berbeda-beda. Masa rotasi bumi pada porosnya dalam hubungan dengan bintang adalah 23 jam, 56 menit, dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam hubungannya dengan matahri adalah 24 jam.
            Namun, perederan bumi mengelilingi sumbunya tidak akan terasa karena adanya gravitasi. Jadi, gravitasi bumi dapat menarik semua benda ke arah pusat gravitasi bumi itu sendiri. Walaupun bumi itu berputar, kita tidak akan merasakan pergerakan rotasi bumi atau jatuh saat posisi kita ada di bawah bumi.

                                                           gambar 1.1. bumi berotasi 


B. PROSES TERJADINYA ROTASI BUMI

            Proses terjadinya rotasi bumi dengan arti umum yaitu perputaran bumi yang menuju pada porosnya. Rotasi bumi pada dasarnya berputar berlawanan dengan arah jarum jam yaitu berputar dari arah barat menuju arah timur. Dengan adanya arah rotasi bumi inilah yang menyebabkan adanya berbagai dampak dari rotasi bumi yang akan bisa kita rasakan secara langsung di bumi, bukti adanya dampak rotasi bumi yaitu kita dapat merasakan atau menjumpai adanya siang dan malam, meskipun waktu siang lebih panjang dibandingkan waktu malam hari yang akan berbeda pula di tempat yang lain. Dengan adanya gaya gravitasi bulan dapat memperlambat perputaran rotasi bumi. Perlambatan gerak gravitasi pada bulan ini kita lihat dari beberapa melambatnya satu hari yang sebanyak 1,7 milidetik yang dibandingkan dengan seabad yang sudah lalu.

C. AKIBAT TERJADINYA ROTASI BUMI
            Rotasi bumi bisa mengakibatkan gejala alam yang terjadi antara lain sebagai berikut :
      1)Terjadinya siang dan malam
Perputaran bumi pada porosnya mengakibatkan sebagian bumi ada yang menghadap matahari dan ada pula yang membelakangi matahari. Bagian bumi yang menghadap matahari akan mengalami waktu siang, hal ini dikarenakan bagian tersebut mendapatkan cahaya dari matahari. Sedangkan bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami waktu malam,karena tidak mendapatkan cahaya dari matahari.

      2)Terjadinya gerak semu harian matahari
Gerak semu matahari ialah seolah-olah matahari bergerak mengelilingi bumi. Pada pagi hari matahari tampak terbit disebelah timur, pada siang hari matahari tampak berada tepat diatas kepala, dan pada sore hari matahari tampak tenggelam disebelah barat. Namun sesungguhnya bumi lah yang mengelilingi matahari.Tidak hanya bumi ataupun planet-planet dan benda angkasa yang lain saja yang melakukan perputaran terhadap matahari, matahari sendiri sebenanrnya juga bergerak mengelilingi sebuah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti.

      3)Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat di bumi
Bagian gelap terang di bumi selain mengakibatkan terjadinya siang dan malam juga mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu di bumi. Bumi terbagi menjadi 24 jam daerah waktu. Kota Greenwich di Inggris dilalui garis bujur 0⁰ dan ditetapkan sebagai pusat daerah waktu di dunia. Setiap selisih 15⁰ menyebabkan selisih perbedaan waktu 1jam. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat dari Greenwich. Hal ini disebabkan arah rotasi bumi dari barat ke timur sehingga bagian bumi sebelah timur akan lebih dulu menghadap ke matahari.  
      
      4) Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi bumi
Rotasi bumi mengakibatkan gerakan yang arahnya menjauhi pusat atau gaya sentrifugal. Akibatnya, bumi menjadi tidak bulat sempurna. Ada bentuk tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa, sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.   
              
      5) Terjadinya pembelokan arah angin
Angin adalah udara yang bergerak atau berpindah tempat karena perbedaan tekanan. Menurut Hukum Buys Ballot angin bertiup dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan lebih rendah. Pada belahan bumi Selatan angin berbelok ke arah kiri dan Pada belahan bumi utara angin berbelok ke arah kanan.

      6) Terjadinya pembelokan arah arus laut
Angin mengakibatkan terjadinya arus laut. Pada belahan bumi selatan arus laut berbelok berlawanan denga arah jarum jam, sedangkan pada belahan bumi bagian utara arah arus laut dan pembelokan arah angin berlawanan dengan arah jarum jam. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut sebagai akibat dari rotasi bumi disebut efek Coriolis.


Kesimpulan

            Rotasi bumi adalah proses dimana bumi melakukan perputaran terhadap porosnya.Peristiwa tersebut mengakibatkan terjadinya perbedaan siang dan malam hari di berbagai belahan dunia, perbedaan iklim atau cuaca, perbedaan waktu, perbedaan arah arah angin dan juga terjadinya arah arus laut.

 Referensi

UNESA,TIM FMIPA.2012. Sains Dasar. Jilid 2. Surabaya. Unesa University Press.



http://www.spengetahuan.com/2017/11/pengertian-rotasi-bumi-dan-akibat-terjadinya.html , 13 Maret 2018

http://www.informasi-pendidikan.com/2015/03/pengertian-rotasi-bumi-dan-akibat.html?m=1 , 13 Maret 2018.

http://infopengertian.biz/pengertian-rotasi-bumi-proses-serta-akibat-dari-rotasi-bumi.html, 13 Maret 2017.


Reviewer : Dewi Masitha
tanggal diberikan :15 maret 2018
tanggal dikembalikan :16 maret 2018
saran : dikoreksi lagi setelah menulis karena masih terdapat banyak typo, sebaiknya lebih diperbanyak referensi buku atau jurnalnya agar pembahasan tentang rotasi bumi lebih lengkap. tetapi terlepas dari semua itu, altikel ini tata bahasa dan susunan kata nya sudah bagus, isi didalamya juga mudah dimengerti dan dipahami.
   


0 comments:

Post a Comment