Pages

Monday, March 26, 2018

DAMPAK PENCEMARAN AIR TERHADAP LINGKUNGAN


DAMPAK PENCEMARAN AIR TERHADAP LINGKUNGAN
Nama : Aisyah Nurfitriana
Abstrak
            Keadaan air saat ini sangat memprihatinkan,masalah yang sering terjadi itu merupakan ulah manusia itu sendiri yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah dan tempat pembungan limbah industri yang tidak bertanggung jawab.Yang awalnya fungsi sungai sebagai pengairan dan jalan menuju laut sebagi resapan.Pencemaran air ini juga menimbulkan beberapa masalah dan mengganggu kehidupan sehari hari manusia.Kondisi air yang sudar tercemar dapat menimbulkan beberapa penyakit atau bakteri karena dalam kehidupan sehari hari manusia tidak lepas dari air yang merupakan kebutuhan utama manusia. . Pencemaran air adalah disebabkan oleh gabungan pelbagai jeniskomponen alam sekitar seperti organisma, bahan organik, bahan bukan organik dan lain-lain.
ISI
Air merupakan salah satu kebutuhan  hidup  yang paling penting. Tanpa adanya air proses kehidupan tidak akan berjalan dengan lancar atau bahkan tidak dapat berlangsung.Di  Indonesia ,akses terhadap air bersih masih menjadi masalah .Sebagian air tawar yang berasar dari sungai ,waduk dan sumur Pentingnya air sungai bagi masyarakat Indonesia dan kuaitas air sungai yang rendah,seharusnya membuat  pemerintah melaksanakan program peningkatan kualitas air sungai sebagai salah satu bagian dalam pembangunan.Ketersediaan air bersih memilki dua factor yaitu factor alam dan factor manusia. Faktor alam yaitu karena wilayah tersebut memang sulit untuk mendapat air.Sedangkan factor manusia yaitu karena terjadinya pencemaran yang disebabkan oleh ulah manusia dengan membuang sampah pada sungai yang sering terjadi pada bantaran sungai yang padat penduduk dan juga industry misalnya pabrik yang membuang limbah sisa produksi ke sungai.Hal ini menimbulkan banyak masalah tidak hanya untuk masyarakat yang tinggal di bantaran namun juga  membawa dampak bagi masyarakat lain.Penyebab lain yang dapat membuat air tercemar adalah :
1)      Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda
2)      .Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
3)      Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan.
4)      Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
5)      Pencemaran air oleh sampahPenggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan Inilah dampak yang ditumbulkan dari pencemaran air

1.                          1.Pencemaran air laut membuat banyak ikan mati karena laut yang tercemar.


            2.Ini merupakan gambar air sungai yang tercemar limbah pabrik
                       
3.Ini adalah kondisi pinggiran dari bantaran sungai yang tercemar karena ulah manusia yang membuang sampah sisa rumah tangga dan sampah lainnya.

Kesimpulan
Penyebab utama terjadinya pencemaran karena ulah manusia.Jika manusia dapat menjaga lingkungan dengan baik maka dapat mengurangi pencemaran lingkungan . dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air lainnya ,misalnya:
*      Dapat menyebabkan banjir
*      Erosi
*      Kekurangan sumber air
*      Dapat membuat sumber penyakit
*      Tanah LongsorDapat merusak Ekosistem sungai
Seharusnya manusia harus menjaga lingkungan agar ait bersih tetap tersedia smapai kapanpun dan tidak kesulitan lagi mencari air bersih karena air merupakan kebutuhan utama makhluk hidup.







Daftar Pustaka
1.FMIPA, Tim. 2017. Sains Dasar. Surabaya. Unesa University Press.
3. ANDRIARTI DESTI, ST.DAMPAK PENCEMARAN AIR SUNGAI TERHADAP KESEHATAN. Jurnal Ilmiah










Reviewer : Meylina Wardana M
Samik,S.Si.,M.Si.


0 comments:

Post a Comment