Pages

Tuesday, March 20, 2018

Logika Masyarakat Yunani Kuno dalam Bidang Pengobatan



Logika Masyarakat Yunani Kuno dalam Bidang Pengobatan
Yanwar, Rachma, Samik
Abstrak
Masyarakat Yunani kuno memiliki perkembangan yang cukup signifikan dalam hal perdagangan,pertanian, kelautan dan juga pengobatan. Bahkan dari bangsa ini muncul seorang dokter yang cukup dikenal dalam dunia pengobatan pada masa itu. Dalam bidang pengobatan, Masyarakat Yunani kuno selalu mencari hal yang sesuai dengan logika dan bisa dijelaskan meskipun dalam kehidupan sehari-harinya mereka percaya bahwa segala sesuatu ditentukan oleh kehendak dewa-dewa mereka. Masyarakat Yunani kuno melakukan kegiatan pengobatan dalam kondisi berperang. Sehingga dalam peperangan, tentara yang terluka selalu dirawat oleh dokter-dokter mereka. Namun, tidak semua orang yang sakit langsung pergi kepada dokter. Banyak masyarakat Yunani kuno yang masih percaya kepada dewa dan langsung berdoa kepada dewa mereka untuk meminta kesembuhan. Dewa seperti Apollo dan Asclepios merupakan dewa yang sering didatangi oleh masyarakat Yunani untuk meminta kesembuhan penyakit yang mereka derita.
Kata Kunci      : Pengobatan, Masyarakat Yunani kuno


            Negara Yunani terletak di Eropa Tenggara, di titik pertemuan antara tiga laut: Laut Ionia di barat, Laut Mediterania di Selatan dan Laut Aegea di sebelah Timur. Archipelago Yunani berkontribusi sebesar kurang lebih 7.500 Km dari total 16.000 km garis pantai. Yunani memiliki luas wilayah sekitar 131.957 km2, terbagi menjadi beberapa kota seperti Athena, Thessaloniki, Piraeus, Patras, Iraklion, dan Larissa. Ibukota negara Yunani sendiri terletak di kota Athena
            Negara ini dibagi menjadi tiga wilayah geografis: daratan, pulau-pulau, dan Peloponnese, semenanjung selatan dari daratan. The Pindus pegunungan di daratan berisi salah satu ngarai terdalam di dunia, Vikos Gorge, yang memiliki kedalaman 3.600 kaki (1.100 meter). Gunung Olympus adalah gunung tertinggi Yunani dengan tinggi 9570 kaki (2.917 meter) di atas permukaan laut. Penduduk Yunani kuno percaya bahwa Gunung Olympus itu adalah rumah para dewa. Gunung Olympus menjadi taman Nasional pertama di Yunani.
            Yunani adalah negara yang memiliki peradaban tertua dikawasan benua Eropa. Nama resmi negara Yunani adalah Republik Hellenik atau Ellinki Dimokratia bila diucapkan dengan bahasa yang digunakan masyarakat Yunani. Sedangkan di kawasan Eropa dan bagian bumi barat lainnya, Yunani disebut sebagai Greece. Kemungkinan besar Greece di ambil dari sebuah nama latin yaitu Graeco yang dikaitkan dengan daerah di semenanjung Apenina yang menjadi koloni bangsa Yunani yang disebut dengan Magna Graecia.
            Di bidang pengetahuan dan teknologi, bangsa ini telah dapat membuat perahu layar yang ramping untuk menghubungkan laut tengah, dan daratan Yunani serta pantai timur pulau sicilia, barang-barang tanah liat dan logam, arsitektur yang megah seperti kuil zues, kuil parthenon dan teater raksasa
            Yunani sering dikenal dengan sebutan negeri para dewa, sering juga disebut negeri para filsuf karena banyak melahirkan tokoh-tokoh dunia dibidang filsafat dan ilmu pengetahuan. Beberapa tokoh ilmu pengetahuan dan filsafat yang terkenal adalah Phytagoras yang ahli dalam ilmu pasti, Socrates, Aristotels, Archimedes, dan Plato.
            Filsafat yunani yang terkenal yaitu menggunakan metode berpikir logis atau rasional dan sistematis. Cara penyelidikan terhadap gejala alam sampai sekecil-kecilnya dengan menggunakan metode ilmiah. Filsafat ini memberikan pengaruh  dalam bidang sains dan kedokteran.
            Hidup pada masa lampau penuh akan bahaya terutama kondisi kesehatan. Perang, penyakit, kelaparan, dan melahirkan merupakan beberapa contoh sulitnya kehidupan pada zaman dulu. Akibatnya rata-rata usia kehidupan orang-orang pada masa itu lebih rendah dari masa sekarang. Kepedulian masyarakat terhadap penyakit masih sangat rendah pada masa itu. Apabila ada yang sakit, mereka pergi ke tempat-tempat yang dianggal suci untuk melakukan upacara penyembuhan. Demikian pula upaya penyembuhan yang dilakukan para tabib juga dihiasi hal spiritual.

Sumber gambar :www.sejarahdk.com
            Masyarakat Yunani dalam bidang pengobatan selalu mendahulukan logika karena Yunani dikenal dengan negeri para filsuf yang membuat masyarakatnya mengedepankan akal sehat dalam berbagai aspek kehidupan. Perkembangan ilmu pengetahuan Yunani menjadi acuan bangsa-bangsa lain. Yunani kunomemainkan peran penting dalam sejarah medis. Yang paling terkenal dari semua dokter Yunani Kuno adalah Hippocrates. Pada 1200 SM, Yunani Kuno berkembang di segala bidang baik perdagangan, pertanian, militer, pelayaran. Pengetahuan mereka tentang obat dikembangkan sesuai kondisi tersebut.
            Dewa mendominasi kehidupan orang-orang Yunani. Kejadian alam dijelaskan karena kekuatan dewa. Meskipun demikian dunia media Yunani Kuno tidak sepenuhnya didasarkan pada dewa, mereka mulai mencoba mencari penjelasan alami mengapa seseorang mendapat sakit dan meninggal.
            Namun, tidak semua orang Yunani Kuno pergi ke dokter ketika sakit. Masih banyak dari mereka yang percaya akan para dewa. Kuil Dewa Apollo yang dianggap sebagai penyembuh berada di Delphi dibangun pada abad ke 6 SM. Kemudian banyak mayarakat Yunani kuno beralih ke Dewa Asclepios untuk meminta bantuan penyembuhan. Tempat yang disebut Asclepeia dibangun bagi mereka dalam kesehatan yang buruk. Tempat ini seperti kuli dan di sini orang datang untuk mandi, tidur dan bermeditasi. Kaum miskin juga diizinkan untuk mengemis uang di bangunan ini. Mereka yang pergi ke asclepeias diharapkan untuk meninggalkan persembahan kepada Asclepios. Sistem kuil ini dijalankan oleh para imam. Pasien di Asclepeias didorong untuk tidur karena diyakini bahwa selama tidur mereka akan dikunjungi oleh Dewa Asclepios dan dua putrinya, Panacea dan Hygeia. Kunjungan ketiganya ini diharapkan untuk menyembuhkan semua penyakit.
Sumber gambar : www.sejarahdk.com

Kesimpulan
            Masyarakat Yunani Kuno selalu menggunakan hal-hal yang bisa dijangkau dengan akal pikiran manusia dalam semua bidang kehidupannya, hal ini membuat masyarakat Yunani Kuno tidak mudah percaya dengan takhayul walaupun mereka mempercayai segala sesuatu yang terjadi selalu berhubungan dengan dewa-dewa mereka. Pemikiran yang logis pada masa itu membuat Yunani maju dalam bidang medis dan kedokteran karena selalu menyelediki gejala-gejala yang terjadi secara detail.

Daftar Pustaka

Siswanto, Hadi. 2015. Sejarah Pengobatan Herbal di Cina, Mesir, Yunani, Eropa dan Indonesia. http://obatherbalmedikal.com/wp/sejarah-pengobatan-herbal-islam/. 11 Maret 2018
Sudrajat. 2010. ISTORIA. Vol 7 hal :11-29
Syukur, Abdul. 2007. Jurnal Sejarah Lontar. Vol 4 hal : 57-62.
TIM FMIPA UNESA. 2012. Sains Dasar. Surabaya: Unesa University Press


Nama reviewer : Rahma
Tanggal diberikan : 16 Maret 2018
Tanggal dikembalikan : 19 Maret 2018
Saran : Terlalu banyak paragraf, padahal pokok bahasan masih sama dgn paragraf sebelumnya.
Margin rapi tp sedikit monoton. Mungkin dapat ditambahkan bold italic untuk beberapa kata yg dirasa cukup penting. Kemudian gambar tidak harus berada dibawah paragraf, mungkin bs diletakan berdampingan (disamping) text.
Untuk menghindari penggunaan paragraf yg trllu banyak atau terlalu panjang untuk satu pokok bahasan bisa diganti dengan menggunakan point2.

0 comments:

Post a Comment