Pages

Wednesday, March 21, 2018

SINTESIS ABIOTIK MONOMER ORGANIK MERUPAKAN HIPOTESIS YANG TERUJI SECARA ILMIAH

Penulis : Isnanda heni arianti, zamroni, samik, S.Si.M.Si
ABSTRAK
Untuk mengetahui asal usul kehidupan dari perubahan kimia di alam yang di lanjutkan dengan evolusi biologi.dimana kehidupan berasal serta bagaimana kehidupan mengalami perubahan atau evolusi hingga terbentuklah kehidupan. Kondisi pada bumi primitive mendukung terjadinya reaksi kimia untuk mensitesis senyawa organic yang berasal dari precursor organic yang terdapat pada atmosfer dan lautan purbakala. Hal ini tidak dapat terjadi dibumi modern , karena atmosfer saat ini banyak mengandung oksigen yang dihasilkan oleh kehidupan fotosintetik. Sistesis abiotik monomer organik merupakan suatu hipotesis yang yang dapat di uji . percobaaan laboratorium yang di lakukan dengan kondisi yang menyerupai lingkungan bumi primitif telah menghasilkan molekul organic yang beragam dari precursor anorganik.simulasi kondisi bumi primitive di laboratorium telah menghasilkan polimer organik . Molekul organic kecil mengalami polimerisasi saat molekul-molekul itu di pekatkan pada pasir, batu atau tanah liat panas.
ISI :
       Menurut A.I Oparin dan J.B.S Haldane (tahun 1920-an) à Kondisi pada bumi primitive mendukung terjadinya reaksi kimia untuk mensitesis senyawa organic yang berasal dari precursor organic yang terdapat pada atmosfer dan lautan purbakala. Hal ini tidak dapat terjadi dibumi modern , karena atmosfer saat ini banyak mengandung oksigen yang dihasilkan oleh kehidupan fotosintetik.
       Atmosfer pengoksidasi yang ada saat ini tidak memungkinkan untuk mesintesis molekul kompleks secara spontan karena oksigen pada atmosfer akan memutuskan ikatan kimia, yang melepaskan electron.
       Atmosfer pereduksi (penambah electron) semacam itu akan meningkatkan penggabungan molekul sederhana untuk membentuk molekul yang lebih kompleks.
       Atmosfer modern memiliki lapisan ozon yang dihasilkan dari oksigen, dan lapisan ozon  yang dihasilkan darioksigen, dan lapisan pelindung ozon ini menyaring sebagian besar radiasi UV.
       Harold Urey dan Stanley Miller (tahun 1953) menguji hipotesis Oparin-Haldane dengan melakukan pecobaan ,  keadaan percobaan dibuat sesuai dengan keadaan bumi purbakala.
       Gambar dibawah ini merupakan Percobaan sintesis molekul organik secara abiotik dalam suatu sistem model stanley miller dan harold urey yang dilakukan untuk menguji hipotesis Oparin-Haldane.

Probotion  dapat terbentuk dengan penggabungan sendiri
       Protobion adalah agregat(kumpulan) molekul-molekul yang dihasilkan secara abiotik. Protobion tidak dapat bereproduksi secara tepat, akan tetapi protobion dapat mempertahankan suatu lingkungan kimia internal yang berbeda dengan lingkungan sekitarnya dan memperlihatkan beberapa ciri yang berasosiasi dengan kehidupan, meliputi metabolisme dan eksitabilitas sifat.
       Salah satu jenis protobion yaitu Koaservat, adalah suatu droplet(butiran) stabil yang cenderung bergabung dengan sendirinya, ketika suatu suspensi makromolekul (popipeptida, asam nukleat, dan polisakarida) dokocok.
Kemungkinan RNA Merupakan Bahan Genetik Yang Pertama
       Pada tahun 1980 Thomas Cech merevolusikan pemikiran mengenai evolusi kehidupan saat menemukan bahwa molekul RNA merupakan kaatalis penting dalam sel-sel modern yang disebut ribozim. Ribozim melakukan berbagai kerja seperti menghilangkan intron dari RNA, membantu mengkatalisis sintesis-sintesis RNA baru khususnya rRNA, tRNA, dan mRNA. RNA bersifat autokatalitik. Pada priode awal dalam evolusi kehidupan ketika molekul RNA berfungsi sebagai gen yang belum sempurna dan sebagai katalis organik.
       Menurut Darwin sesungguhnya reproduksi yang berbeda pada individu yang berbeda agaknya mengumpulkan banyak perbaikan pada metabolisme primitif dan pewarisan. Bila pada awalnya RNA sebagai cetakan tempat perakitan nukleotida DNA. Tapi karena DNA adalah tempat penyimpanan informasi yag lebih stabil dari RNA, maka RNA mempunyai peranan yang baru yaitu sebagai perantara dalam translasi (penerjemahan) kode genetik.
       Keanekaragaman Makhluk Hidup
       A. Sejarah klasifikasi

       Aristoteles seorang filsafat yunani (384-322 sm)




Klasifikasi berdasarkan sifat biokimia dan perkembangannya
       Contoh : embriologi perbandinagn telah memperlihatkan bahwa sebagian besar kelompok vertebrata, termasuk manusia memiliki kekerabatan kelompok yang cukup dekat termasuk bintang laiut dan kerabatnya.
       Klasifikasi tiga kingdom :
1. Kingdom Monera
2. Kingdom Protista
3. Kingdom  plantae

Sistem Penamaan
       Pemberian nama makhluk hidup diatur dengan tata aturan tertentu yang berlaku secara internasional. Pemberian nama ini diatur dengan kode internasional Tata nama hewan dan tumbuhan dengan menggunakan system tata nama dua kata ( binominal nomenklatur )
       Kunci dikotomi  adalah metode yang digunakan untuk  membantu orang  mengidentifikasi organisme.
       Identifikasi ( determinasi ) ciri-ciri khas hewan atau tumbuhan : menentukan nama hewan atau tumbuhan dengan benar dan menempatkannya didalam sistem klasifikasi hewan dan tumbuhan.
       Langkah-langkah :
       Mempelajari tumbuhan atau hewan itu sebaik-baiknya
       Mencoba membandingkan / menyamakan ciri-ciri tumbuhan yang dimaksud dengan ciri-ciri tumbuhan / hewan lain yang sudah dikenal identitasnya.
       Contoh : mencermati kunci dikotomi untuk tungau dan kutu . keduanya memiliki 8 kaki dan ubah yang terbagi menjadi cephalotoraks dan abdomen , seperti halnya pada laba-laba

Pada tahun 1920 an oparin dari Rusia dan J.B.S Haldane dari britania raya secara terpisah membuat postulat bahwa kondisi pada bumi primitive mendukung terjadinya reaksi kimia untuk mensistensis senyawa organic yang berasal dari precursor organic yang terdapat pada atmosferbdan lautan purbakala. Menurut oparin dan Haldane, hal ini tidak dapat terjadi di bumi modern, karena atsmosfer saat ini banyak mengundang oksigen yang di hasilkan oleh kehidupan fotosintetik.
Secara rinci menurut opari dan Haldane, tahapan evolusi biokimiawi sampai terbentuknya organism pertama terjadi melalui empat tahapan yaitu:
a.       Sintesis abiotik (benda tak hidup ) dan akumulasi molekul organik kecil atau monomer seperti asam amino dan nukleotida.
b.      Penyatuan monomer-monomer menjadi polimer, termasuk protein dan asam nukleat.
c.       Agregasi molekul yang di produksi secara abiotik menjadi droplet /tetesan yang di sebut protobion yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan lingkungan sekitarnya.
d.      Munculnya factor hereditas yang di duga telah berlangsung sebelum tahapan droplet atau tetesan.
Sistesis abiotik monomer organik merupakan suatu hipotesis yang yang dapat di uji . percobaaan laboratorium yang di lakukan dengan kondisi yang menyerupai lingkungan bumi primitif telah menghasilkan molekul organic yang beragam dari precursor anorganik.simulasi kondisi bumi primitive di laboratorium telah menghasilkan polimer organik . Molekul organic kecil mengalami polimerisasi saat molekul-molekul itu di pekatkan pada pasir, batu atau tanah liat panas.


Kesimpulan
Kondisi pada bumi primitive mendukung terjadinya reaksi kimia untuk mensitesis senyawa organic yang berasal dari precursor organic yang terdapat pada atmosfer dan lautan purbakala. Hal ini tidak dapat terjadi dibumi modern , karena atmosfer saat ini banyak mengandung oksigen yang dihasilkan oleh kehidupan fotosintetik. Sistesis abiotik monomer organik merupakan suatu hipotesis yang yang dapat di uji . percobaaan laboratorium yang di lakukan dengan kondisi yang menyerupai lingkungan bumi primitif telah menghasilkan molekul organic yang beragam dari precursor anorganik.simulasi kondisi bumi primitive di laboratorium telah menghasilkan polimer organik . Molekul organic kecil mengalami polimerisasi saat molekul-molekul itu di pekatkan pada pasir, batu atau tanah liat panas.

Referensi :
-          Maharani rita okky.pptx sintesis abiotik merupakan hipotesis teruji.https://okkyaritamaharani.files.wordpress.12 maret 2012
-          Dasar sains.2012. keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya , Surabaya. UNESA university press.
-           Indyla,2012.bumi purbakala dan asal mula kehidupan .http.indyla blogspot.co.id.12 maret 2018
-          Tan piruluk. 2017.teori evolusi biokimia .https://ourakunansi2.blogspot.co.id. 12 maret 2018
 Review :
Tanggal Diberikan            : 14 Maret 2018
Tanggal Dikembalikan    : 17 Maret 2018
Saran                                     :  Penambahan pada gambar yang menjelaskan isi dari materi agar lebih jelas dan detail, serta penulisan judul yang harus d revisi kalimatnya agar mudah dipahami.





0 comments:

Post a Comment