Pages

Tuesday, March 20, 2018

FAKTA – FAKTA MENARIK TENTANG VENUS,PLANET YANG DISEBUT SEBAGAI BINTANG KEJORA

FAKTA – FAKTA MENARIK TENTANG VENUS,PLANET YANG DISEBUT SEBAGAI BINTANG KEJORA

Rahayu Anggraeni Budi Utami, Rizki Nur Safitri, Samik,S.Si.,M.Si

Abstrak
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui fakta- fakta terkait dengan Planet Venus dan alasan mengapa Planet Venus ini dijuluki sebagai bintang kejora. Adapaun latar belakang penulisan ini dibuat karena banyak hal – hal menarik yang bisa diungkap pada pembahasan Planet Venus ini. Fakta – fakta Planet Venus antara lain 1) Venus planet terbandel 2) Venus mempunyai gunung api terbanyak 3)Venus kembar dengan bumi 4) Gunung tertinggi di Venus. Kesimpulan dari penulisan ini adalah bahwa dengan kandungan yang terdapat pada Planet Venus menunjukkan wilayah tersebut tidak dapat dijadikan sebagai tempat alternatif selain di bumi dan apabila memaksa untuk hidup diwilayah tersebut kemungkinan besar akan meninggal dunia. 

Kata Kunci : Venus, Fakta-fakta,Bintang Kejora

Abstract
This writing aims to know the facts related to Planet Venus and the reason why the planet Venus is dubbed as a star kejora. Adapaun background writing is made because of many interesting things that can be revealed in the discussion of Planet Venus this. The facts of Planet Venus are among others 1) Venus the planet is stubborn 2) Venus has the most volcanoes 3) Venus twins with the earth 4) The highest mountain on Venus. The conclusion of this writing is that with the content contained in Planet Venus shows the region can not be used as an alternative place other than on earth and if forced to live in the region most likely will die. 

Keywords: Venus, Facts, Morning Star

ISI
         Wikipedia.com mengatakan Venus  adalah  planet  terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Planet ini mengorbit Matahari selama 224,7 hari Bumi. Venus tidak memiliki satelit alami dan dinamai dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi Romawi.  Planet Venus memiliki kandungan atmosfer yang pekat dan banyak dan mengandung Karbondioksiada (CO2) sebesar 97% sebesar 3% nitrogen yang menyebabkan suhu pada permukaan Planet Venus sangat tinggi akibat efek rumah kaca, efek tersebut yaitu berkisar 480 – 500°C, sehingga pada Planet Venus tidak ada sama sekali air yang mengalir yang berasal dari dalam perut Venus, padahal air merupakan penentu dari suatu kehidupan baik makhluk sebagai manusia maupun hewan dan tumbuhan, apabila suatu wilayah tidak ada air sama sekali dapat dipastikan wilayah tersebut tidak ada kehidupan dan apabila memaksa untuk hidup diwilayah tersebut kemungkinan besar akan meninggal dunia. Atmosfer Planet Venus sangat tebal dan diselubungi oleh awan yang gelap.

Gambar 1 Bentuk Planet Venus
Sumber: https://www.esa.int/Our_Activities/Space_Science/Venus_Express/Acid_clouds_and_lightning

           Venus menempati urutan kedua terdekat dengan Matahari. Planet ini terkenal dengan nama Bintang Kejora yang bersinar terang pada pagi hari, pada sore hari maupun pada malam hari. Biasanya pada pagi hari yang dapat dilihat ketika terbitnya matahari yang terlihat kemilaunya yang ada ditimur, sedangkan Planet Venus yang dapat terlihat pada waktu sore yang terdapat di bagian barat ketika matahari menjelang terbenam atau tenggelam. Sedangkan pada malam biasanya lebih terang dan sangat berkemilau cahayanya, dibandingkan dengan cahaya bintang lainnya sehingga  diberi nama bintang kejora.

FAKTA – KATA MENARIK PLANET VENUS
1. Venus Planet Terbandel
    Bahwa diketahui penulis Buku Pengayaan Siswa Tingkat Satuan Sekolah Menengah Atas , berusaha     memaparkan informasi bagaimana pergerakan planet yang merupakan Planet Venus bergerak tidak sejalan dengan planet-planet lainnya.Planet venus tersebut memang tidak sesuai dan tidak sejalan dengan planet yang lainnya dalam berotasinya, kalau planet seperti planet Merkurius, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dalam berotasinya sejalan dengan arah yang sama, yaitu berputar berlawanan dengan arah jam, dengan bergerak ke arah kiri, tetapi pada Planet Venus mempunyai pergerakan yang berbeda dengan planet lainnya, kalau Planet Venus bergerak searah dengan jarum jam dengan berotasi kearah kanan, oleh sebab itu mengapa Planet Venus disebut dengan planet terbandel. Yaitu arah rotasinya berbeda dengan planet lainnya.


Gambar 2 Menunjukkan pergerakan rotasi pada planet tata surya 
Sumber : http://alasan-kenapa.blogspot.co.id/2017/04/9-keunikan-planet-venus.html


2. Venus Mempunyai Gunung Api Terbanyak
        Ternyata Planet Venus merupakan planet yang dinobatkan sebagai planet yang memperoleh kategori menjadi planet yang memiliki gunung api terbanyak di antara planet-planet dalam anggota keluarga tata surya yang lain. Menurut para ahli yang meneliti di Planet Venus tersebut telah mendeteksi ada lebih dari 1.600 gunung berapi di permukaan Planet Venus, menurut hasil penelitian tersebut masih ada lagi yang belum terhitung dimungkinkan akan lebih banyak lagi gunung berapi, tetapi gunung api dengan ukuran yang masih kecil dan sulit terlihat. Dan diperkirakan bahwa hanya sebagian gunung saja yang masih aktif dan ada juga sebagian gunung api yang sudah mati atau sudah tidak aktif vulkannya

Gambar 3. Penampakan gunung berapi Idunn Mons di Venus. 
Sumber : http://wisatapriangan.co.id/5360-gunung-berapi-di-venus-masih-aktif.html


3. Venus Kembar Dengan Bumi
           Planet venus merupakan planet ke-2 yang paling dekat dengan matahari setelah planet merkurius dan sebelum planet bumi yang kita hidup dan kita tinggali. Ternyata tidak disangka bahwa planet yang kita duduki dan kita hidupi ini mempunyai kemiripan dengan planet-planet anggota tata surya.

Gambar 4. Perbandingan kemiripan planet venus dan bumi.
Sumber : https://langitselatan.com/2013/10/31/planet-kepler-78b-kembaran-bumi-lainnya/

           Planet venus yang mempunyai kemiripan yang hampir dengan Planet Bumi kita itu disebut planet yang mempunyai julukan bintang kejora. Pada gambar dibawah ini menampilkan kemiripan yang dimiliki dari dua planet tersebut yaitu planet Venus dan Bumi.Alasan Planet Venus dianggap memiliki kemiripan dengan planet Bumi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, mereka milihat bahwa dari segi ukuran planet venus mempunyai ukuran sekitar 95% dengan ukuran yang dimliki oleh Planet Bumi. Selain itu pada Planet Venus dan Planet Bumi juga memiliki banyak komposisi kimia yang hampir sama dan hanya memiliki beberapa kawah yang menunjukkan usia relatif muda sekitar 300 - 600.000.000 tahun. Oleh sebab itu kedua planet tersebut dikategorikan menjadi planet kembar.

4. Gunung Tertinggi Di Venus
Pada Planet Venus ada salah satu gunung tertinggi yang dinamai Maxwell Montes, yang letaknya tepat pada bagian utara yang disebut Ishtar Terra. Puncaknya kira-kira mencapai 11 km di atas ketinggian permukaan Venus. Apabila dibandingkan gunung yang ada dibumi mungkin ketinggiannya mungkin hampir sama jika dirata-rata dibandingkan gunung yang ada di planet venus. Gunung yang ada di Bumi hanya mempunyai tinggi kurang lebih 8.848 meter dari permukaan air laut, sedangkan yang ada di Venus 11 km dari permukaan Venus. Gunung yang ada di bumi sampai sekarang yang tertinggi yaitu gunung Everest yang terletak di Nepal dan China. Gunung Everest dinobatkan sebagai gunung yang paling tinggi yang ada di Planet Bumi.

KESIMPULAN
           Kesimpulan dari penulisan ini adalah Planet Venus memliki kandungan atmosfernya yang pekat dan yang sangat banyak dan kandunganya Karbondioksiada (CO2) sebesar 97% yang terdiri dari CO2 dan sebesar 3% nitrogen yang menyebabkan suhu pada permukaan planet venus sangat tinggi akibat efek rumah kaca, efek tersebut yaitu berkisar 480 – 500°C, sehingga pada planet venus tidak ada sama sekali air yang mengalir yang berasal dari dalam perut venus, padahal air merupakan penentu dari suatu kehidupan baik makhluk sebgai manusia maupun hewan dan tumbuhan, apabila suatu wilayah tidak ada air sama sekali dapat dipastikan ,wilayah tersebut tidak ada kehidupan dan apabila memaksa untuk hidup diwilayah tersebut kemungkinan besar akan meninggal dunia. Meskipun begitu planet ini memiliki beberapa fakta menarik yang dapat diulas yaitu 1) Venus planet terbandel 2) Venus mempunyai gunung api terbanyak 3) Venus kembar dengan Bumi 4) Gunung tertinggi di Venus. Namun dibalik Namun itu  dari masing – masing setiap planet memiliki keunikan sediri satu sama lain yang tidak dimiliki planet lain.

REFERENSI
Kaskus. _____.”Asal Muasal Nama Planet Di Tata Surya”. http://m.kaskus.co.id/theard/51136d804f6ea115600000/a sal-muasal-nama-planet-di-tata-surya.html. Diakses pada tanggal 11 Maret 2018

Khoiriyah, Khilyatul.2016. Volusi Bintang Pada Pembentukan Tata Surya dan Sistem Keplanetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.Vol:5 hal 245  256

Mursyidi,Saiful Qomar.2014. Mempelajari Tata Surya Lebih Dekat: ISTEMEWANYA PLANET VENUS.https://saifullogy.files.wordpress.com/2014/09/saiful-a610110015-kakubutek.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2018

Nasrudin,Harun dkk.2012.Sains Dasar.Surabaya :UNESA University Press

0 comments:

Post a Comment