Pages

Tuesday, March 12, 2019

Teknologi dan kehidupan manusia, Perkembangan dan dampak teknologi bagi kehidupan


Penemuan Mesin Uap Sebagai Pelopor Pengaruh Perkembangan Tehnologi Terhadap Kehidupan Manusia
Safira indhana zulfani, Selvi putri cornivia, Samik, S.Si , M.Si
Abstrak
Dewasa ini kemajuan perubahan terjadi begitu cepat yang diikuti oleh perubahan teknologi yang sangat cepat pula.Perkembangan teKnologi tidak lepas dari perkembangan dalam bidang sains yang berkembang pesat terutama sejak abad 19.perkembangan teknologi tidak berlangsung dalam waktu pendek tetapi hakekatnya sudah dilakukan sejak ratusan ribu tahun lalu. Perkembangan teknologi pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia .Penemuan mesin uap oleh James E. Watt telah memberi pengaruh terhadap perkembangan industri .Berawal Dari mesin uap lahirlah industrialisasi dengan menggunakan mesin.Revolusi industri menandai terjadinya titik besar dalam sejarah dunia , hampir setiap aspek kehidupan sehari –hari dipengaruhi oleh revolusi industri . Dimana terjadi perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian ,manufaktur ,pertambangan transporstasi dan tehnologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial , ekonomi dan budaya di dunia .
Kata kunci : Perkembangan, Tehnologi ,Revolusi ,Industri

Gambar 1.1 James E. Watt dan Mesin Uap
Perkembangan Revolusi Industri di Inggris ditandai dengan penemuan mesin-mesin yang berguna bagi dunia industri. James Watt pada tahun 1763 menemukan mesin uap. Hasil temuannya itu lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan hasil penemuan Thomas Newcomen. Temuan Newcomen, hanya berupa mesin yang dapat memompa air yang menggenang di tambang-tambang batu bara dan masih menggunakan tenaga manusia.Dengan demikian, temuan James Watt dapat digunakan di pabrik-pabrik. Awalnya pabrik-pabrik sangat bergantung pada tenaga air. Oleh karena itu, pabrik harus didirikan di dekat sungai. Dengan menggunakan bahan bakar batu bara, mesin uap temuan Watt, menyebabkan pabrik-pabrik tidak bergantung lagi pada tenaga air dan dapat didirikan dimana saja.
Penemuan lainnya yang menunjang kemajuan industri adalah penemuan mesin-mesin pertekstilan. penemuan dibidang tekstil ini didasarkan pada keinginan untuk memproses bahan tekstil secara cepat. Pada tahu 1768, ilmuwan Richard Arkwright dan John Kay menemukan alat tenun yang dapat memproduksi cepat (flying shuttle dan water frame). Temuan ini lebih maju dibandingkan temuan John Hargreaves, yaitu mesin pemintal yang dapat menghasilkan beberapa benang (spinning jenny). Mesin tersebut masih digerakkan oleh tenaga kuda dan tenaga air. Tahun 1785, penemuan mesin tenun yang lebih otomatis (power loom) dibuat oleh Edmund Cartwright. Dia menggabungkan penemuan Arkwirght, Kay, Hargreaves, dan James Watt. Mesin tenun dan puntal temuan Edmund Cartwright menggunakan mesin uap.Hasil temuan James Watt ternyata menjadi inspirasi bagi penemuan teknologi lainnya dalam bidang industri ataupun alat transportasi. Diantaranya adalah Henry Cort, menemukan mesin pelebur bijih besi dengan bahan bakar batu bara. Penemuan ini melahirkan temuan lain dalam bidang transportasi seperti kapal uap oleh Robert Fulton dan kereta api uap oleh George Stephenson.Pada akhirnya, penemuan di bidang teknologi memiliki dampak yang luas di bidang industri. Sehingga, produksi barang dapat diproses dengan cepat. Proses didistribusikan dan pemasaran barang-barang industri pun semakin lancar, ketika berkembangnya sarana jalan dan alat trnsportasi yang digerakan oleh mesin.
Gambar 1.2 Revolusi Industri

Kesimpulan
            Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahawa pada dasarnya manusia punya akal yang digunakan untuk berfikir guna menciptakan atau memperbarui sesuatu yang telah ada. Manusia adalah makhluk sempurna dengan pola pikir serta akal yang baik. Perkembangan teknologi pada mesin uap ternyata membawa dampak pada industri yaitu lahirnya industrialisasi dengan menggunakan mesin .Kemudian dengan terciptanyanya mesin-mesin yang terbuat dari besi di Inggris pada tahu  1780,telah terjadi suatu fenomena yang disebut “ revolusi industri” didunia pertekstilan . Teknologi berkembang dengan pesat seiring bertambahnya jaman . Banyak hal-hal yang sebelumnya tidak bisa diakse kini sudah mudah dapat diakses seperti komunikasi yang mulanya lewat surat menyurat kini cukup melalui e-mail ataupun messegger menggunakan handphone . Selain itu setiap pengguna produk teknologi harus memiliki kesiapan pengetahuan, tentang produk-produk teknologi mengenai kesiapan pengetahuan mengenai produk dan kesiapan mental untuk tidak mengunakan produk untuk hal yang merugikan orang lain.Penyalahgunaan suatu produk tentu memilikin dampak negatif baik bagi penguna maupun orang lain .Maka penggunaan suatu produk tergantung pada moral penggunanya atau manusianya.jika sains dan teknologi diabdikan bagi kesejahteraan umat manusia , teknologi amat tinggi nilai dan mamfaatnya .
 Komentar : Menurut saya artikel diatas berisi sangat banyak manfaat misalnya dengan membaca artikel ini pengetahuan kita menjadi bertambah tentang penemuan mesin uap penulis juga menjelaskan secara detaildi artikel ini, dan artikel ini juga penulis mendapatkan dari sumber-sumber yang jelas hingga kebenaran dalam penulisannya dapat di lihat dari sumber-sumber yang di gunakan oleh penulis.


Daftar Pustaka
Tim Fmipa –Unesa . 2012 . Sains Dasar  .
Septianingrum , Anisa . 2018  . Revolusi Industri : Sebab Dan Dampaknya . Yogyakarta  : Anak Hebat Indonesia .
Baiquni . M . 2009.  Revolusi Industri, Ledakan Penduduk Dan Masalah  Lingkungan . Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan : Volume 1 No. 1,

Prasetyo, Hoedi . Wahyudi Sutopo .  2018 . Industri 4.0: Telaahklasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Vol. 13, No. 1.

Wahyudi , Hendro Setyo . Mita Puspita Sukmasari. 2014 .  Teknologi Dan Kehidupan
Masyarakat .  Jurnal Analisa Sosiologi  . Vol 3(1): 13 – 24

0 comments:

Post a Comment