Pages

Tuesday, March 12, 2019

PROTOBION SEBAGAI AWAL TERBENTUKNYA MAKHLUK HIDUP

PROTOBION SEBAGAI AWAL TERBENTUKNYA MAKHLUK HIDUP
Oleh:
Siska Ulfatin Nada, M. Adib, Samik S.Si, M.Si
ABSTRAK
Makhluk hidup merupakan kumpulan molekul-molekul yang membentuk organisme dan memiliki sifat hidup. Kumpulan molekul-molekul ini dinamakan protobion, yaitu molekul-molekul yang disusun secara abiotik. Protobion dapat juga disebut progenot. Protobion sendiri memiliki tiga tipe, yaitu koaservart,  mikrosfir, liposom, dimana dari ketiga ciri tersebut memiliki ciri yang berbeda-beda.
Kata kunci: Protobion, Makhluk hidup
ISI
Protobion dianggap sebagai bahan dasar pembentuk sel purba atau dapat disebut sel progenot. Progenot merupakan cikal bakal semua jenis sel yang ada sekarang, sedangkam progenot akan membentuk sel prokariot purba.

 Gambar Protobion 

Sel-sel hidup mungkin didahului oleh protobion, yaitu agregat (kumpulan) molekul-molekul yang disusun secara abiotik. Sebuah kehidupan dapat hidup karena memiliki sifat kunci replikasi dan metabolisme. Protobion mempertahankan keturunannya dengan cara tumbuh, membelah, dan mewariskan molekul DNA. Pada awalnya protobion mereplikasi diri, RNA katalitik akan lebih efektif dalam menggunakan sumber daya alam dan akan meningkat jumlahnya melalui seleksi.
Bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun lalu, bersama dengan tata surya. Suasana awal, bumi mungkin mengandung  uap air dan bahan kimia diakibatkan oleh letusan gunung berapi (nitrogen, nitrogen oksida, karbon dioksida, metana, amonia, hidrogen, hidrogen sulfida). Awal Kehidupan diawali dengan adanya protobion yang terbentuk dari molekul asam amino. Keadaan awal bumi Reproduksi dan Metabolisme Protobion Protobion unit kehidupan sederhana yang pertama kali muncul dibumi. adalah hasil agregat dari molekul abiotik yang dikelilingi oleh membran atau struktur seperti membran.
Protobion tidak dapat bereproduksi secara tepat,akan tetapi protobion dapat mempertahankan suatu lingkungan kimia internal yang berbeda dengan sekitarnya dan memperlihatkan beberapa ciri yang berasosiasi dengan kehidupan,meliputi metabolism dan eksitabilitas sifat (dapat dirangsang).
Tipe-tipe Protobion
1.      Koaservat

 Gambar Koaserva
Merupakan tetesan stabil yang cenderung terbentuk pada suspense makromolekul (polimer). Misalnya polipeptida asam nekleat dan polisakarida yang dikocok. Setiap koaservat merupakan agragat makromolekul yang sangat hidrofobik (tidak suka air) dikelilingi dan distabilkan oleh air. Koaservat berasal dari lautan. Apabila koaservat ini ditambahkan enzim, enzim tersebut akan diserap. Selain itu koaservat juga dapat menyerap substrat dari sekelilingnya dan membebaskan produk dari hasil katalitas oleh enzim.
2.     Mikrosfir
 


Merupakan protobion yang terbentuk dengan sendirinya menjadi teles-teles kecil saat didinginkan. Mikrosfir tersusun dari beberapa proteniod (polimer organik) Mikrisfir akan mengalami pembengkalan atau  pencuitan osmotic saat ditempatkan dalam larutan garam dengan konsentrasi yang berbeda. Mikrosfir ini berasal dari atmosfir. Selain itu mikrosfir juga tersusun dari beberapa proteno
3.     Liposom

Merupakan protobion yang langsung terbentuk dengan sendirinya menjadi tetes-tetes kecil apabila kompesisi organiknya mengandung lipid tertentu.. Liposom ini berasal dari gabungan antara lautan dan atmosfir.

KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa makhluk hidup terbentuk karna adanya agregat dari agregat yang terkecil sampai yang terbesar, molekul-molekul yang memiliki sifat hidup dan dihasilkan secara abiotik. Molekul-molekul tersebut dinamai dengan protobion. Dalam tulisaan ini dijelaskan bahwasannya ada tiga jenis PROTOBION yaitu   (1) koaserfat, yang tetesannya bersifat stabil,tidak menyukai air,berasal dari lautan. (2) Mikrosfir, yang memiliki sifat dapat terbentuk sendiri. (3) Liposom, dapat terbentuk sendiri apabila organiknya terbentuk lipid tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
TIM FMIPA UNESA.2012.SAINS DASAR.Surabaya : UNESA UNIVERSITY PRESS            
G.H Mauliana,,S.Pd.2015.TEORI NEO-ABIOGENESIS.https://www.biologimu.com/2015/01/teori-neo-abiogenesis.html.13 Maret 2018
Nicle,  bio.2010. Evolusi. http://biochronica.blogspot.co.id/p/evolusi.html. 12 maret 2018
Ajun,  raizel.2014.Terbentunya Protobion. https://prezi.com/ahwuoykte9vn/terbentuknya-protobion/. 12 maret 2018
Zamroni Muhamad. 2018. http://ia-d.blogspot.com/2018/03/molekul-protobion-pembentuk-mahluk-hidup.html                                                                         

 

0 comments:

Post a Comment