Pages

Tuesday, March 12, 2019

KUNCI DIKOTOMI TANAMAN HIAS PAKIS HAJI ( Cycadaceae )



KUNCI DIKOTOMI TANAMAN HIAS PAKIS HAJI ( Cycadaceae )
Nurin Mahfudah, Dwiana Rizky Amalia, Samik

ABSTRAK
            Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan kunci dikotomi dari tanaman pakis haji (Cycadaceae) yang tergolong dalam tanaman berbiji terbuka. Dengan adanya kunci dikotomi dapat mempermudah untuk mengelompokkan spesies pakis haji karena banyak jenis-jenis yang sama dengan pakis haji. Hasil penulisan ini dapat menunjukkan ciri-ciri umum sampai dengan ciri khusus yang tidak dimiliki oleh tanaman lain.
Kata Kunci : Kunci Dikotomi, Klasifikasi, Pakis Haji.

ISI
            Kunci dikotomi merupakan cara atau langkah-langkah yang dapat mengidentifikasi suatu makhluk hidup untuk menentukan klasifikasi seperti filum, kelas, famili, genus atau spesies sehingga dapat diketahui termasuk dalam kelompok manakah makhluk hidup tersebut. Dengan adanya kunci dikotomi maka dapat diketahui nama ilmiah dari makhluk hidup tersebut. Nama ilmiah akan membantu para ilmuwan untuk menghindari adanya kesalahan dalam komunikasi dan untuk mengelompokkan organisme yang memiliki kesamaan sejarah evolusi serta fungsi lain adalah untuk mengetahui ciri-ciri spesies tersebut. Dalam menggunakan kunci dikotomi yang tepat harus selalu diawali dengan pilihan dari pasangan deskripsi pertama dan harus selalu memperhatikan setiap akhir dari deskripsi karena setiap akhir deskripsi tersebut dapat menunjukkan nama spesies yang sedang diidentifikasi.
            Pakis Haji ( Cycadaceae ) merupakan salah satu tanaman biji terbuka yang bisa dikenal dengan tanaman sikas. Masyarakat luas mengenal tanaman pakis haji dari beberapa spesies yang bisa dijadikan tanaman hias untuk ditanam di taman-taman yang menyerupai palem, yaitu C. Rumphii, C. Javana, Serta C. Revoluta ( Sikas Jepang ).

Tabel 1.
Klasifikasi Tanaman Pakis Haji Berdasarkan Cronquist
Kingdom
Plantae
Divisi
Pinophyta
Sub Divisi
Cycadophytina
Kelas
Cycadopsida
Ordo
Cycadales
Familia
Cycadaceae
Genus
Cycas
Spesies
Cycas Rumphii Miq


Kunci Dikotomi Tanaman Pakis Haji : 1b-2b-3b-4b-6b-7a-8a……..14 ( Cycadaceae )

Kunci Dikotomi Tanaman Pakis Haji
1b : Tumbuh-tumbuhan dengan bunga sejati, sedikitnya dengan benang sari dan putik. Tumbuh tumbuhan berbunga…………....(Lanjut Tahap 2)
2b : Tiada alat pembelit. Tumbuh-tumbuhan dapat juga memanjat atau membelit (Dengan batang, poros daun atau tangkai)……………….. (Lanjut Tahap 3)
3b : Daun tidak berbentuk jarum ataupun tidak terdapat dalam berkas tersebut diatas……………….(Lanjut Tahap 4)
4b : Tumbuh-tumbuhan tidak menyerupai bangsa rumput. Daun dan bunga berlainan dengan yang dijelaskan diatas……………………( Lanjut Tahap 6)
6b : Dengan daun yang jelas…………………(Lanjut Tahap 7)
7b : Tumbuh-tumbuhan semacam palem, kerap kali batangnya tidak bercabang dan mempunyai berkas daun yang berupa lingkaran, kadang-kadang tidak berbatang. Daun besar, menyirip atau berbentuk seperti kipas…………………(Lanjut Tahap 8)
8a : Bunga telanjang, terkumpul menjadi kerucut bunga jantan atau betina berada di ujung. Karangan bunga, juga di waktu mudanya, tidak pernah diselubungi oleh seludang bunga. Tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan gom……………………14 ( Cycadaceae )
 
Pembahasan Kunci Dikotomi Tanaman Pakis Haji ( Cycadaceae )
            Berdasarkan kunci dikotomi tanaman pakis haji diatas yang telah diidentifikasi maka diketahui kunci dikotomi Tanaman Pakis Haji : 1b-2b-3b-4b-6b-7a-8a……..14 ( Cycadaceae ) dan dapat dijelaskan bahwa tanaman pakis haji merupakan tanaman yang menyerupai palem yang sebenarnya sangat jauh kekerabatannya dengan tanaman palem. Pakis Haji dianggap mirip dengan palem karena bentuk daunnya yang tersusun secara berpasangan. Pakis haji dapat dijumpai di daerah-daerah yang umumnya beriklim tropis yang terpapar sinar matahari secara langsung dan bersuhu panas. Pakis haji dapat tumbuh di tanah yang bertekstur kering dan gembur karena pakis haji tidak dapat tumbuh jika dalam kepungan air.
          Tanaman mirip palem ini mempunyai batang tegak lurus dengan pola percabangan monopodinal yang memiliki tinggi kurang lebih sekitar 4 meter maka dari itu tanaman ini sering dijadikan hiasan di taman rumah karena dapat menjadi tempat berteduh. Daun pakis haji termasuk dalam kategori daun majemuk menyirip atau yang biasa dikenal dengan sebutan paripinnatus. Daun pakis haji yang masih muda biasanya terlihat menggulung seperti daun pada tanaman paku.  Akarnya termasuk dalam sistem akar tunggang. Akar tunggang memiliki fungsi untuk penyanggah batang besar agak tidak mudah roboh. Pada umumnya setiap tumbuhan yang tumbuh dari biji pasti memiliki akar tunggang. Biji tanaman pakis haji biasanya berwarna hijau dan coklat dengan bentuk bulat. Sama halnya dengan biji, bunga pakis haji juga berwarna kecoklatan.

Perkembangbiakan Pakis Haji
            Tanaman ini merupakan tanaman yang berumah dua artinya memiliki dua daun sporofil yakni mikrosporofil dan makrosporofil. Dalam mikrosporofil atau strobilus jantan berupa ruang besar yang tumbuh pada ujung batang pakis haji yang tersusun rapat terdapat mikrospongarium dan mikrospora. Sedangkan pada makrosporofil atau strobilus betina terdapat biji-biji yang tumbuh disampingnya, terdiri dari dua ovulum lebih tepatnya terdapat pada tepi permukaan carpellum. Kedua macam spora ini dihasilkan didalam spongaria yang terdapat pada sporofil yang tersusun pada aksis strobili.
         Pada golongan Cycadophyta, mikreogametofit mempunyai sel protalus jantan yang akan menghasilkan sel steril yang besar atau sel tangkai yang diikuti oleh sel tubuh dan uatu inti buluh. Sel-sel tersebut tersusun secara linier. Sel tubuh membelah menjadi 2 sel gamet yag berflagela banyak. Ovulum terdiri dari masa sel yang parenkimatis disebut nuselus atau megaspongarium. Nuselus ini dapat melindungi sel induk megaspore yang diploid. Diploid merupakan sebutan bagi sel atau individu yang memiliki sel dengan dua set genom. Dengan adanya pembelahan meiosis (Proses pembelahan sel), maka sel induk dari megaspore yang tunggal akan membentuk tetrad linear, terdiri dari 4 sel megaspore yang haploid. Haploid merupakan separuh dari jumlah set normal kromosom. Inti dari megaspore yang paling bawah memiliki fungsi sedangkan 3 lainnya berdegenerasu. Integument membentuk suatu struktur yang merupakan lubang kecil yang disebut dengan mikrofil. Di bawah mikrofil terdapat ovulum yang berkembang 2 atau lebih arkegonia. Arkegonia merupakan struktur multiseluler atau organ reproduksi betina pada tumbuhan dalam fase gametofit yang mengandung sel telur atau sel gamet betina. Arkegonia sendiri memiliki leher yang pendek dengan jumlah sel 2. Polinasi dilakukan oleh angin yang dapat mengantarkan endospora pada mikrofil. Polen akan melekat pada lem yang dikeluarkan oleh ujung dari mikrofil. Dengan adanya lem ini maka polen bisa masuk ke dalam ovulum untuk menuju ke leher arkegonium dan salah satunya mengadakan fusi dengan telur yang kemudian akan membentuk zigot diploid.
           Sebagai tanaman yang termasuk dalam tanaman hias, tanaman ini mampu bertahan selama kurang lebih sepuluh tahun. Tanaman pakis memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah menjadi karbohidrat utama dan menjaga kecerdasan otak karena pakis memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan maka dari itu mengkonsumsi pakis haji sangat disarankan. 
Jenis Jenisnya sangat banyak diantaranya adalah : 
  1. Cycas aculeate
      2.  Cycas angulata
      3.  Cycas annaikalensis
      4.  Cycas apoa
      5.  Cycas arenicola
      6.  Cycas armstrongii
      7.  Cycas arnhemica
      8.  Cycas badensis
      9.  Cycas balansae
      10.  Cycas basaltica
      11.  Cycas beddomei
      12.  Cycas bifida
      13.  Cycas calcicota
      14.  Cycas candida
      15.  Cycas canalis
Dan masih banyak lagi jenisnya yang lain.

KESIMPULAN
            Pakis haji merupakan salah satu tanaman berbiji terbuka menyerupai tumbuhan palem. Pakis haji dapat tinggal di daerah yang beriklim tropis yang terkena sinar matahari secara lansgsung dengan tanah yang kering dan gembur serta tidak dalam kepungan air. Tanaman pakis haji mempunyai ciri-ciri batang tegak lurus yang memiliki tinggi lebih ekitar 4 meter, daunnya termasuk dalam kategori majemuk menyirip atau yang biasa dikenal dengan paripinnatus, akarnya termasuk dalam akar tunggang yang dapat menyanggah batang besar agar tidak mudah roboh, biji tanaman pakis haji berwarna hijau dan coklat dengan bentuk bulat serta bunganya yang berwarna kecoklatan.
         Perkembangbiakan tanaman ini menggunakan spora. Tanaman ini berumah dua artinya memiliki dua daun sporofil yaitu mikrosporofil dan makrosporofil. Mikrosporofil atau strobilus jantan yang berupa ruang besar yang tumbuh pada ujung batang pakis haji yang tersusun rapat terdapat mikrospongarium dan mikrospora. Sedangkan pada makrosporofil atau strobilus betina terdapat biji-biji yang tumbuh disampingnya, terdiri dari dua ovulum lebih tepatnya terdapat pada tepi permukaan carpellum.
            Banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman pakis salah satunya bila dikonsumsi dapat menjaga kecerdasan otak karena pakis memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.   

REFERENSI
TIM FMIPA UNESA.2012.Sains Dasar.Surabaya:Unesa Press.

Ngarbingan, John Elton.2016.Analisis Kadar Karbohidrat Pada Biji Tumbuhan Pakis Haji (Cycas Rumphii Miq). Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan.Vol.4 Hal 65.

Pudjoarinto, Agus.2010.Praktikum Taksonomi Tumbuhan Tinggi.Jakarta : Universitas Terbuka. Praba UT.

Wikipedia.2017. Pakis Haji Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Pakis_haji.05 Maret 2019.

Natalia,digna.2017.Tumbuhan:Pakis Haji. https://sumber.com/edukasi/pengetahuan-umum/sumber/pakis-haji.html.05 Maret 2019.

Purnono,Sigit.2011.Kunci Determinasi Pakis Haji (Cycas Rumphii Miq). http://ins-think.blogspot.com/2012/01/kunci-determinasi-pakis-haji-cycas.html. 05 Maret 2019.
 




0 comments:

Post a Comment